Samsung Rilis Chipset Tangguh Exynos 9810

Menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, sudah sewajarnya jika Samsung telah mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi. Sebelumnya Samsung sudah memenangkan tiga puluh enam penghargaan untuk perangkatnya di ajang CES 2018 Innovation Awards, diantaranya untuk chipset tangguh terbarunya yang bertajuk Exynos 9810. Walaupun demikian, belum diketahui detail dari chipset tersebut, namun bisa dipastikan jika Samsung Galaxy S9 untuk tahun depan akan didukung oleh Exynos 9810, selain menggunakan varian Snapdragon 845.

Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini resmi merilis chipset terbarunya yang diberi nama Exynos 9810. Bisa dikatakan ini ialah varian sesungguhnya dari Exynos seri 9. Pasalnya di perangkat Galaxy Note 8, Samsung pernah menyebut Exynos 8895 sebagai seri 9. Tetapi edisi pertama prosesor Exynos seri 9 tersebut masih mengandalkan pabrikasi 10 nm, yang berarti sama seperti Exynos 8895.

Meskipun dalam segi pabrikasi sama dengan generasi sebelumnya, namun Samsung mengklaim jika performa Exynos 9810 lebih baik dan daya semakin efisien. Selain itu, walau saat ini belum ada informasi lengkap mengenai konfigurasi yang berada di dalam Exynos 9810, tapi Samsung sudah menyatakan bahwa chipset tersebut masuk dalam kategori chipset Exynos 9 series dan mengusung CPU custom generasi ketiga dan GPU Mali-G71.

Untuk grafis, Samsung masih memasang chip Mali G71 yang mampu menyuguhkan resolusi layar hingga 3840 x 2400 hingga 4K UHD 4096 x 2160 pixel. Selain itu, perekaman video telah mendukung resolusi 4K berkecepatan 120 fps. Lebih hebatnya lagi, chip grafis ini memungkinkan penggunaan kamera hingga 28 MP, termasuk dalam penggunaan dual kamera di depan dan belakang dengan dua sensor sekaligus. Jangan lupakan juga mengenai solusi keamanan canggih seperti iris mata dan pengenalan sidik jari.

Artikel menarik:  Spesifikasi Samsung Galaxy S9 Plus Muncul di Geekbench

Chipset Exynos 9810 memiliki modem Cat.18 gigabit 6CA LTE yang mampu mencapai kecepatan download maksimal 1.3 Gbps. Menjadikan Exynos 9810 sebagai chipset yang siap mengantisipasi era 5G. Sementara itu, modem 5CA yang terdapat pada chipset Exynos 8895 menyediakan modem 5 CA yang mampu mencapai kecepatan download maksimal 1 Gbps. Oleh karena itu, Samsung diharapkan untuk dapat mengungkapkan secara pasti spesifikasi dan fitur Exynos 9810 dalam waktu dekat.

Sebuah kabar yang beredar di bulan sebelumnya juga mengatakan bahwa Samsung sedang tertarik untuk mengembangkan chipset yang mempunyai syaraf kecerdasan buatan atau neural Al untuk pemrosesan bahasa saraf, pengenalan suara, dan lain hal. Maka dari itu, sangat diharapkan jika chip neural AI akan hadir pada Exynos 9810. Seiring dengan kemunculannya, isu penggunaannya di Galaxy S9 dan S9 Plus pun mencuat. Berbagai spekulasi beredar jika chipset tersebut pasti akan jadi otak penerus Galaxy S8 tersebut.