Samsung Galaxy S8 Dipastikan Kebagian Daydream

Ketika Google pertama kali mengumumkan mengenai tekologi terbarunya dalam platform Virtual Reality atau VR, mereka mengklaim jika akan banyak smartphone flagship dari banyak vendor yang mendukung platform ini. Namun faktanya, hingga saat ini hanya 8 buah ponsel saja yang mendukung Daydream tersebut. Dan untungnya, Google mengumumkan Galaxy S8 dan S8 Plus akan mendukung platform ini dalam waktu dekat pada pesta developer Google I/O 2017.

Samsung Galaxy S8 Dipastikan Kebagian Daydream

Pembaruan tersebut dijadwalkan akan hadir pada musim panas mendatang yang nantinya akan diberikan secara over-the air atau OTA. Jadi, smartphone andalan Samsung itu bukan hanya kompatibel dengan Gear VR, tapi juga cocok untuk headset Daydream milik Google. Hal ini diumumkan langsung oleh Clay Bavor, selaku VP Virtual Reality Google yang mengatakan Pengguna Galaxy S8 akan segera menikmati Daydream melalui update software.

Namun perlu diketahui jika pemanfaatan Google Daydream tidak cukup dengan seperangkat smartphone saja. Para pengguna Galaxy S8 harus mempunyai headset VR yang dinamai Google Daydream View sebagai penyokong. Pada dasarnya, Google Daydream memang platform untuk VR pada 3 sektor sehingga bukan di smartphone namun juga headset dan controller.

Artikel berhubungan:  Ponsel Kelas Menengah Moto M Resmi Meluncur di Indonesia

Google Daydream dirilis saat ajang Google I/O 2016 sebagai salah satu fitur inti pada sistem operasi Android Nougat. Platform ini mendapatkan respon dan dukugan penuh dari para perakit smartphone, sehingga Google mengatakan bahwa hampir semua vendor ponsel Android akan merilis smartphone yang siap menggunakan Daydream.

Saat ini, baru 8 smartphone saja yang kompatibel dengan Daydream yaitu Moto Z, Moto Z Force, Google Pixel, Google Pixel XL, Huawei Mate 9 Pro, Huawei Mate 9 Porsche Design Edition, Asus Zenfone AR, dan ZTE Axon 7. Namun sepertinya jumlah ini akan bertambah seiring diumumkannya Galaxy S8 dan S8 plus yang bergabung dalam jajaran ponsel “Daydream Ready”.

Dalam acara yang sama pula, Google juga menyebutkan bahwa smartphone flagship dari LG juga akan mendukung Daydream. Perangkat ini kemungkinan besar adalah V30, yang mana sesuai dengan urutan peluncuran ponsel LG setelah meluncurkan G6.