Salah Kaprah Ponsel Made in China

Penggunaan produk-produk made in China secara global memang tak lagi bisa dihindari, terlebih pada perangkat gadget, tablet dan smartphone beberapa tahun belakangan. Di tanah air, bahkan ponsel-ponsel ‘cina’ cukup merajai pasar. Berbagai merek lokal yang ada pun sesungguhnya merupakan ‘bungkus ulang’ dari produk masal (generik) yang diimpor dari negeri tirai bambu tersebut. Kebanyakan pengguna ‘hp cina’ disinyalir berasal dari kalangan menengah dan menengah kebawah.iphone made in china

Namun jangan buru-buru melakukan generalisasi sebab pernyataan terakhir diatas bisa jadi tidak sepenuhnya tepat. Faktanya, iPhone yang masuk smartphone kelas premium dan high-end sesungguhnya juga produk made in china. Jika tidak percaya silahkan cek tulisan ‘assembled in china‘ yang ada di sebagian besar iPhone yang beredar di seluruh dunia. Kebanyakan pengguna iPhone pemula bisa jadi tidak mengetahui hal ini.

Selain iPhone, ternyata hampir seluruh ponsel premium lain juga merupakan produk buatan china, dibuat sebagian atau seluruhnya, dirakit atau memiliki mayoritas komponen yang made in china. Sebut saja Lenovo, Samsung, Huawei, HTC dan lain sebagainya.

Tentu saja ada banyak alasan mengapa hal tersebut terjadi. Sama seperti alasan dibalik fakta bahwa hampir seluruh pabrikan besar produk lain juga rata-rata dibangun di China. Upah buruh yang murah, etos kerja yang tinggi dan dukungan pemerintah setempat terhadap industrialisasi merupakan faktor yang paling dominan.

Artikel menarik:  5 Smartphone Android Murah dengan Layar Anti Pecah

Di sisi lain, berbagai produk abal-abal hingga replika juga diproduksi dan dibuat di cina. Disinilah salah kaprah terjadi karena sebagian besar orang menganggap seluruh hape cina itu jelek meski besar kemungkinan hape milik orang yang sedang mengejek itu juga merupakan produk buatan China.

Kesimpulan
Lebih bijak dan akurat apabila sebuah produk smartphone & tablet dianalisa berdasarkan merek dan bukan berdasarkan negara pembuatnya karena harus diakui lebih dari 75% ponsel yang beredar ya buatan china. Tidak ada yang keliru juga dengan kondisi tersebut.

Semoga posting singkat ini membebaskan Anda dari salah kaprah.