Saatnya Untuk 4G LTE …

Revolusi internet kecepatan tinggi sudah terjadi di Indonesia. Meski tertinggal jauh dibandingkan banyak negara yang sudah memiliki teknologi 4G Long Term Evolution (LTE) jauh-jauh hari sebelumnya, akhirnya secara resmi medio November 2013 layanan serupa muncul di Jabodetabek. Bukan oleh operator selluler yang biasanya selalu berlomba dengan teknologi terbaru, melainkan oleh Internux, pemilik lisensi broadband wireless access (BWA) di spektrum 2,3 GHz.

Saatnya Untuk 4G LTE

Negara kita memang sudah seharusnya memiliki 4G pada 2013 ini. Sebabnya tak lain karena teknologi 5G pun sudah mulai dikembangkan. Kita akan tertinggal semakin jauh apabila terlalu lamban mengapplikasikan teknologi tersebut karena permasalahan regulasi yang merepotkan. Sudah seharusnya negara kita yang memiliki jumlah pengguna internet yang tinggi (kuantiti & bukan presentasi jumlah penduduk) memiliki akses internet yang cepat, handal dan murah. LTE merupakan salah satu solusi.

Pengertian 4G LTE
4G merupakan generasi akses internet yang berada diatas 3G dan 3.5G yang selama ini dikenal. Tidak tanggung-tanggung, 4G memiliki kecepatan 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan 3G yang umum digunakan saat ini. Teknologi LTE berbasis GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. 4G LTE pertama kali dilaunching pada akhir 2009 di Stockholm and Oslo. Diikuti oleh network CDMA Verizon Amerika Serikat, Jepang, India dan negara lainnya.

Kecepatan LTE adalah 300 Mbit/s untuk download dan 75 Mbit/s untuk upload. 10x lebih cepat dibandingkan dengan 3G. Untuk mendapatkan akses 4G, tentu saja kita harus memiliki device yang mendukung. Beruntung saat ini ponsel pintar 4G sudah banyak sekali beredar dengan harga yang masih bisa dijangkau masyarakat. Bahkan, modem 4G LTE untuk pengguna PC pun dijual dengan harga 2 sampai tigaratus ribu saja.

Baca Juga :  Cara Membuat Website Gratis (Non Blogspot)

Tariff 4G LTE
Ongkos koneksi internet 4G diklaim lebih murah dibandingkan dengan 3G maupun 3.5G. Dengan biaya sekitar 25 ribu rupiah, kita sudah bisa memperoleh kuota data hingga 8 GB. Bandingkan dengan 3G dimana kuota yang didapat hanya separuhnya dengan tarif yang sama. Kecepatan yang bisa dinikmati pun hanya sepersepuluhnya saja.

4G LTE di Indonesia
Pada tahun 2014, dipercaya teknologi 4G LTE akan semakin ramai di Indonesia. Alasannya adalah karena kita memang sudah siap dari sisi infrastruktur. Janji pemerintah untuk menyelesaikan regulasi 4G pada akhir 2013 diharapkan terealisasi tepat waktu. Setelah Jabodetabek, wilayah lain di Indonesia seharusnya juga akan segera menikmati kecepatan 4G.

So, sudah siap dengan internet hebat?

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part