Review

Review Xiaomi Yi Dome: Pengawasan Lebih Luas Hingga 360 Derajat!

Brand Xiaomi memang terkesan unik karena menguasai pasar teknologi di semua bidang. Bukan hanya menghadirkan smartphone dan tablet saja, namun Xiaomi juga meluncurkan lampu, powerbank, notebook, aksesoris, CCTV, dan lainnya. Berbicara mengenai CCTV, Sobat Gaptex pasti sudah tak asing lagi dengan Xiaomi Yi Ants Camera bukan? Selain perangkat ini, ada lagi CCTV besutan Xiaomi yang memiliki kelebihan canggih seperti Yi Dome, dan kita akan membahas review Xiaomi Yi Dome, CCTV unik dengan pengawasan lebih luas hingga 360 derajat!

Desain Produk
Kesan pertama yang kita dapatkan dari kamera ini adalah ukurannya yang kecil. Ukuran kamera YI Dome memang tergolong mini untuk ukuran tipe kamera PTZ (Pan-Tilt-Zoom). Namun, YI Dome Camera memiliki bentuk yang mirip dengan kamera dome lainnya. Hal ini justru membuat kamera tetap terlihat “mengintimidasi” jika diletakkan di lokasi yang mudah terlihat oleh orang di dalam ruangan.

Seperti produk Xiaomi lainnya, kamera CCTV YI Dome juga mempunyai karakteristik produk yang solid dan tak terkesan murahan. Bahan plastik yang melapisi body kamera ini lebih tebal dan tidak mengkilap.

Xiaomi Yi Dome terdiri dari bagian dasar dan “kepala” dimana lensa berada. Kepala kamera bisa berputar untuk mencapai arah kamera yang Anda inginkan. Xiaomi turut menyertakan dua sekrup yang bisa digunakan untuk meletakkan kamera agar sesuai dengan posisi yang Anda inginkan di atas meja, di dinding atau di langit-langit.

Bagian depan kamera memiliki lampu indikator dan lensa. Sisi kiri dan kanan hanya lubang yang tampak sebagai lubang speaker. Bagian belakang kamera dilengkapi tombol Reset, lubang power dan lubang kartu MicroSD. Sebagai informasi tambahan, Xiaomi Yi Dome ialah kamera CCTV dalam ruangan. Penggunaan di luar ruangan, meski terlindungi dari hujan, tetap berisiko merusak kamera terutama pada komponen motornya. Oleh karena itu review ini akan difokuskan pada penggunaan di dalam ruangan.

Spesifikasi Lengkap
Xiaomi memang tersohor dalam membuat produk dengan spesifikasi tinggi dengan harga murah. Salah satu contoh produk kamera CCTV yang sudah populer di pasar Indonesia adalah YI Home Camera yang pernah dikaji beberapa waktu lalu.

Sedangkan Xiaomi Yi Dome sendiri merupakan model pertama dari jajaran kamera PTZ 360 yang ditawarkan Xiaomi. Kendati demikian, spesifikasi yang ditawarkan cukup tinggi dan sanggup untuk membantu Anda dalam mengamankan aset yang dimiliki. Fitur utamanya ialah Pan-Tilt-Zoom dengan resolusi HD yang mampu memberikan jangkauan kamera ke seluruh ruangan.

Beberapa fitur unggulan dari Xiaomi Yi Dome adalah:
– Pan-Tilt-Zoom (PTZ) dengan Motion Tracking
– Kompresi video H.264
– Resolusi HD 1280 x 720 piksel dan bidang pandang 112 derajat
– Two Way Audio untuk percakapan dua arah
– Deteksi gerakan
– Rekaman video secara lokal dengan via slot MicroSD
– Night Vision dengan lampu infra merah
– Harga: Range 600 – 800 ribu rupiah
– Pilihan Cloud Storage berlangganan
– Baby Crying Detection
– Dilengkapi microSD hingga 64 GB

Artikel menarik:  Review JBL Flip 4: Bluetooth Speaker Mutakhir!

Pengaturan Kamera
Kamera CCTV Xiaomi Yi Dome yang beredar di Indonesia terdiri dari versi Cina dan versi Internasional. Jika Anda tertarik untuk menggunakan kamera ini, pastikan Anda memilih versi internasional meski harganya sedikit lebih mahal daripada versi China. Kenapa? Karena versi internasional memungkinkan Anda untuk mendownload aplikasi YiHome dengan wilayah di luar China, tidak seperti versi China di mana aplikasi hanya dapat didownload secara manual atau melalui akun berbasis China. Versi internasional juga membuat Sobat dengan bebas mengupgrade firmware kamera tersebut untuk mendapatkan fitur terbaru dari Xiaomi.

Aplikasi YiHome memerlukan izin aplikasi yang cukup rinci seperti identitas pengguna, panggilan telepon, dan modifikasi pengaturan sistem. Bagi Anda yang sensitif terhadap privasi mungkin berpikir dua kali sebelum menginstal aplikasi ini karena selain perizinan rinci, sistem dan server aplikasi ini, notabene tidak memiliki reputasi yang baik untuk privasi penggunanya.

Untungnya Xiaomi adalah salah satu produsen low end yang menunjukkan komitmennya terhadap privasi pengguna. Perusahaan juga semakin agresif memasarkan produknya di Amerika Utara dan Eropa yang memiliki regulasi privasi yang lebih ketat. Hal ini tentunya pertanda positif apalagi jika Anda tertarik menggunakan fitur penyimpanan Cloud.

Setelah aplikasi diinstal pada ponsel cerdas, Anda cukup ikuti petunjuk di layar. Hebatnya, Xiaomi Yi Dome hadir dengan panduan suara yang memberi petunjuk pengaturan setting kamera. Panduan suara ini sangat keren dan pastinya sangat bermanfaat.

Setting kamera ke smartphone pun cukup mudah. Di sisi lain, kesederhanaan pengaturan kamera berarti membatasi akses pengguna ke bagian teknis kamera. Tidak seperti kamera IP buatan D-Link atau TP Link, Xiaomi Yi Dome tidak memberikan akses ke penyetelan manual pada jaringan sistem seperti IP dan firewall. Namun, fitur ini mungkin tidak perlu bagi kebanyakan orang yang tidak ingin rumit menyetel kamera secara manual.

Kelebihan Xiaomi Yi Dome:
– Mampu merekam gambar video dengan gerakan 360 derajat
– Jangkauan kamera yang luas dengan lensa 112 derajat
– Memiliki kecerdasan yang bisa mendeteksi gerakan secara otomatis
– Kualitas lensa mumpuni yang sangat tajam
– Lebih realistik dengan resolusi HD 720P
– Lensa mampu melakukan zooming hingga 4x
– Teknologi Night Vision yang mampu merekam dalam area gelap
– Mampu memfilter udara di video sehingga terdengar lebih jelas
– Terdapat kartu microSD

Kekurangan Xiaomi Yi Dome:
– Tidak terlalu cocok digunakan outdoor

Harga Xiaomi Yi Dome
Cek harga terbaik Xiaomi Yi Dome disini.