Review

Review Xiaomi Redmi Note 5A: Slot microSD Card Terpisah

Pada akhir bulan Agustus 2017 kami telah mengabarkan berita bocoran spesifikasi Note 5A dan akhirnya di bulan November 2017 lalu, Xiaomi akhirnya benar meluncurkannya. Sedikit perbedaan dengan Redmi Note lainnya, Redmi Note 5A ini justru akan lebih tertuju kepada smartphone untuk pasar entry level ketimbang middle range seperti seri sebelumnya, tetapi masih tetap mengunggulkan layar dan kapasitas baterai yang besar. Redmi Note Series telah dikenal sebagai smartphone mid range dengan kualitas dan harga yang sangat bersaing dengan produk smartphone lainnya.

Desain
Untuk desain, Xiaomi Redmi Note 5A tidak memiliki adanya sensor Fingerprint pada bodi belakang. Redmi Note 5A memiliki dimensi 153 x 76.2 x 7.55 mm dengan bobot sebesar 150g. Pada bagian layarnya ukuran 5,5 inch IPS dengan resolusi 1280 x 720 pixel HD yang sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass untuk melindungi layar dari debu, ataupun goresan saat digunakan.

Pada sisi kanan smartphone merupakan tombol operasi utama, yaitu tombol Volume dan tombol Power. Sementara pada sisi kiri smartphone merupakan ruang tempat di mana slot SIM1/SIM2 + microSD card berada. Hal yang membuat Redmi Note 5A ini menarik adalah fakta bahwa slot dual SIM dan microSD card terpisah menjadi 3 tray, sehingga pengguna bisa dengan nyaman menaruh dua buah SIM card dan sekaligus dengan microSD card sebagai tambahan storage-nya.

Pada bagian bawah smartphone merupakan posisi port microUSB, speaker utama dan mic. Dan untuk bagian atas merupakan posisi port jack audio 3.5mm, mic untuk noise reduction, sekaligus sensor Infrared. Tombol pengoperasian untuk UI sendiri berada di bezel permukaan bawah smartphone, yang sayangnya mungkin akan kurang terlihat dengan jelas jika varian warna yang dimiliki adalah varian warna abu-abu/hitam, terlebih tombol ini tidak memiliki fitur backlight yang dapat mempermudah pengguna untuk bisa melihat posisinya dengan jelas. Posisi kamera depan, berada di bagian permukaan atas yang berdampingan bersama dengan speaker receiver. Untuk kamera belakang atau kamera utama berada di pojok kiri atas di bodi belakang kamera, bersama dengan LED flash.

Baterai
Dengan baterai yang berkapasitas besar 3080 mAh beserta kontrol daya yang disempurnakan, Anda dapat melewati hari yang paling lama sekalipun dengan aman tanpa khawatir baterai. Dan dipercaya bahwa Xiaomi Redmi Note 5A Dual SIM akan mampu melalui 11 jam pemutaran video tanpa henti, 16 jam bermain game, dan waktu panggilan 35 jam.

Spesifikasi Lain
Sebelumnya Redmi Note 4 hadir dengan SoC Qualcomm Snapdragon 425 quad core Cortex-A53 dengan GPU Adreno 308, yang dilengkapi dengan RAM 2GB dan kapasitas internal 16GB yang bisa ditambahkan hingga 128GB dengan microSD eksternal. Yang akhirnya membuat Xiaomi Redmi Note 5A memiliki spesifikasi yang lebih rendah untuk masalah RAM dan kapasitas internalnya, karena pada bagian storage Redmi Note 5A hanya dapat menampung 16GB saja, belum lagi sisa storage yang dibutuhkan untuk menyimpan data sistem. Namun, meskipun begitu smartphone ini ditambahkan adanya tray khusus untuk microSD card yang terpisah dengan dual SIM card.

Artikel menarik:  Review Sony Xperia XA1: Kamera 23 MP, Harga Terjangkau

Kamera utamanya menggunakan sensor dengan resolusi 13 megapixel dengan bukaan f/2.2 serta didukung teknologi Phase Detection Auto Focus yang juga telah dilengkapi beragam fitur lainnya seperti HDR, Panorama, Low Light hingga beragam Filters dan pula. Dan untuk kamera depan atau selfie memiliki sensor resolusi 5 megapixel dengan bukaan f/2.0, yang dilengkapi beragam fitur Beautify, seperti Face Recognition dan beauty profiles sebanyak 36 buah agar mampu mendeteksi umur serta gender dari si penggunanya dengan lebih akurat lagi.

Konektivitas internet 4G LTE pun turut menjadi pendukung pada perangkat satu ini, tapi meskipun memiliki dual SIM dan keduanya memiliki konektivitas 4G LTE tetapi tidak bisa digunakan sekaligus. Sehingga saat digunakan, hanya salah satu slot yang mendukung konektivitas 4G LTE tersebut dan satunya hanya bisa 3G/2G.

Redmi Note 5A juga didukung WiFi 801.11 b/g/n, WiFi Direct, dan Bluetooth 4.2 HID. Sayangnya, tidak ditemukan adanya fungsi WiFi dual-band atau NFC pada perangkat yang satu ini. Xiaomi Redmi Note 5A berjalan dengan MIUI 9 yang berbasis Android 7.0 Nougat. Untuk saat ini, belum ada kepastian resmi apakah versi ini akan diupdate untuk Android O di masa yang akan datang.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 5A:
– Kapasitas baterai 3080 mAh
– Memiliki mana slot SIM1/SIM2 + microSD card yang terpisah
– Konektivitas internet 4G LTE
– Dilapisi Corning Gorilla Glass untuk melindungi layar dari debu, ataupun goresan
– WiFi 801.11 b/g/n, WiFi Direct, dan Bluetooth 4.2 HID
– Sistem Operasi MIUI 9 yang berbasis Android 7.0 Nougat

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 5A:
– Kapasitas internal hanya 16GB
– Tidak ada fitur Fingerprint Sensor
– Menggunakan baterai bertipe non–removable/menyatu dengan bodi

Harga Xiaomi Redmi Note 5A
Cek harga terbaik Xiaomi Redmi Note 5A disini.