Review

Review Xiaomi Mi Notebook Air: Pesaing MacBook!

Xiaomi meluncurkan laptop terbaru yang secara tak langsung menandai bahwa perusahaan asal China itu mulai memasuk bidang yang belum pernah disentuhnya sama sekali. Laptop yang dimaksud adalah Mi Notebook Air, dimana perangkat ini disebut-sebut sebagai pesaing berat MacBook karena mampu memunculkan antusiasme di berbagai kalangan. Penasaran dengan produk ini? Mari simak review Xiaomi Mi Notebook Air di bawah ini.

Beberapa waktu lalu, kami telah memberikan informasi mengenai Xiaomi Mi Notebook Vs Macbook Air yang pastinya membuat Anda penasaran kenapa produk dari Xiaomi bisa dibandingkan dengan laptop canggih buatan Apple.

Bagaimana tidak jika Mi Notebook Air memiliki spesifikasi mumpuni, desain cantik, namun tetap memperhatikan keinginan konsumen yang menginginkan notebook ramah dikantong. Memang tak bisa dibohongi jika Xiaomi merupakan brand terbaik yang selalu menghadirkan berbagai produk dengan harga terjangkau dan berkualitas tinggi.

1. Desain dan Body
Mi Notebook Air, begitu Xiaomi menamainya, perangkat ini mampu menarik perhatian banyak konsumen sejak pertama kali diluncurkan. Desainnya hampir menyerupai produk Macbook besutan Apple, terlebih lagi kata ‘Air’ yang turut disematkan oleh Xiaomi. Bukan tanpa alasan kenapa masyarakat menyukai desain Mi Notebook Air.

Pasalnya notebook ini termasuk dalam laptop ultrabook yang berdesain sangat indah dengan seluruh body dibalut bahan besi dan perpaduan warna futuristik. Oleh karena itulah, Mi Notebook Air tampak sangat elegan dan berkelas.

Bagian belakang polos tanpa logo pun menjadi nilai plus tersendiri. Xiaomi tidak menampilkan logo di bagian belakang layar seperti kebanyakan produsen Notebook. Logo kecil dengan tulisan MI hanya ada di bagian depan layar. Dengan begitu siapapun pengguna Mi Notebook bebas mengekspresikan diri untuk menempelkan stiker penuh di bagian belakang layar.

2. Hardware dan Baterai Mi Notebook Air
Memori, RAM, Prosesor dan baterai merupakan referensi yang selalu sering digunakan banyak orang saat Anda ingin membeli Notebook baru. Notebook Mi memiliki spesifikasi berupa layar 12,5 inci dengan RAM DDR3 4GB, Memori SSD 128GB serta prosesor Intel core m3. RAM dan penyimpanan ini bergantung pada kebutuhan masing-masing, jadi jika Sobat merasa kurang, mungkin Anda perlu membeli harddisk eksternal. Oleh karena itu, mari kita lebih fokus pada prosesor yang digunakan karena nampaknya cukup baru di telinga banyak orang.

Prosesor Core M adalah prosesor generasi keenam dari prosesor Intel Core. Prosesor ini menggunakan arsitektur Skylake dengan kode nama 6Y dan menambahkan lebih banyak angka untuk mengklarifikasi klasifikasi, mulai dari M3, M5 dan M7 sehingga sejajar dengan klasifikasi Core i3, i5, dan i7.

Yang membedakan prosesor Core M dari generasi sebelumnya adalah teknologi fabrikasi semakin kecil, dari 22 nanometer menjadi 14 nanometer. Dampak reduksi litografi adalah pengeluaran panas yang kurang daripada arsitektur sebelumnya. Oleh karena itu, Mi Notebook tidak terlalu panas meski tidak dilengkapi dengan kipas pendingin. Prosesor Core M ini adalah alasan mengapa desain Notebook Mi sangat tipis. Desain tipisnya mengindikasikan tidak ada kipas pendingin internal pada ultrabook ini.

Artikel menarik:  Review Genpro Z: Android Dual Camera Murah

Bukan hanya itu, prosesor Core M dirancang khusus supaya hemat daya untuk keperluan mobile. Dukungan prosesor ini membuat Mi Notebook Air yang dilengkapi dengan 2 buah baterai lithium ion polymer bisa dinyalakan hingga 11 jam.

3. Keyboard dan Layar Mi Notebook Air
Mengetik selembut pipi bayi bisa Anda rasakan saat menggunakan Mi Notebook Air. Hal ini dikarenakan oleh keyboard yang tertanam di notebook ini sangat lembut dan nyaman digunakan. Ditambah lagi lampu backlit yang kontras membuat mengetik dalam kondisi gelap lebih keren.

Untuk ukuran layar itu sendiri, meski hanya berukuran 12,5 inci namun layar Mi Notebook Air ini telah mengusung layar full HD. Resolusi layar mencapai 1920 x 1080 pixel dengan reproduksi warna yang sangat kontras berkat teknologi panel IPS. Layar Ultrabook juga dilapisi dengan bahan khusus untuk mengurangi cahaya silau. Layarnya juga dilapisi sepenuhnya dengan kaca tahan lama yang dikeraskan hingga skala 7 mohs. Kaca ini menutupi layar laptop dari ujung ke ujung.

4. Audio dan Port Mi Notebook Air
Dari segi audio, Mi Notebook Air sudah pasti tidak diragukan lagi. Jika di laptop lama harus mengatur volume hingga 50% untuk mendapatkan suara yang pas, notebook ini hanya perlu bervolume 30% saja sudah terdengar di ruangan sebelahnya. Xiaomi Mi Notebook Air menggunakan speaker AKG dengan Dolby Audio Premium Surround Sound. Bermain game, mendengarkan musik dan menonton film menjadi lebih seru dengan bass menggelegar.

Untuk port USB, Xiaomi sepertinya cukup pelit. Mi Notebook Air hanya dilengkapi dengan 1 buah USB 3.0, 1 buah USB Type-C, 1 buah HDMI dan Jack Headphone 3.5mm. Kemudian hanya ada satu port USB, bayangkan jika ingin share file dari satu USB flashdisk ke USB lain akan terganggu untuk memindahkan file ke notebook terlebih dahulu.

Kelebihan Xiaomi Mi Notebook Air:
– Memiliki slot SSD yang dapat di ekspansi
– Notebook lebih ramping
– Terbuat dari kontruksi logam
– Proteksi kaca edge-to-edge
– Layar Full HD
– Harga cukup terjangkau di kelasnya
– Plus Windows 10 Home

Kekurangan Xiaomi Mi Notebook Air:
– Port USB yang tersedia hanya 1 buah

Harga Xiaomi Mi Notebook Air
Cek harga terbaik Xiaomi Mi Notebook Air disini.