Review

Review Xiaomi Mi A1:Android One & Dual Kamera

Saat muncul bocoran mengenai Xiaomi yang akan meluncurkan smartphone tanpa bloatware, pastinya akan membuat para pecinta Vanilla Android merasa sangat antusias. Bagi yang belum tahu, Vanilla Android ialah sebutan untuk OS Android yang belum diubah tampilannya oleh pembuat device. Salah satu pembuat device yang mencoba membuat perangkat Vanilla Android ialah Xiaomi dengan produknya Mi A1. Lantas bagaimana perangkat anyar tersebut? Mari simak Review Xiaomi Mi A1 di bawah ini.

Desain
Bagi Sobat yang belum tahu, pada dasarnya Xiaomi Mi A1 adalah smartphone yang memiliki spesifikasi sama dari Xiaomi Mi 5X. Meskipun belum resmi dijual di Indonesia, namun sudah banyak sekali bocoran spesifikasi dari Xiaomi Mi 5X tersebut, sehingga kita bisa lihat spesifikasi apa yang berada di dalam Xiaomi Mi A1.

Dari segi desain, Xiaomi Mi A1 memang dikemas sama persis dengan Xiaomi Mi 5X. Namun jika dilihat lebih jauh, desain perangkat ini terbilang mirip dengan OnePlus 5, Oppo R11 dan iPhone 7 Plus. Xiaomi juga membalut Mi A1 dengan dukungan layar yang berkelas karena memiliki ukuran 5,5 inch dengan resolusi Full HD. Untuk melindungi dari goresan, layarnya juga telah dibekali dengan Corning Gorilla Glass.

Xiaomi juga tidak melupakan soal keamanan saat menciptakan Mi A1. Hal ini terbukti dari adanya sensor fingerprint yang mampu membuat pengguna bisa lebih cepat membuka kunci smartphone dengan cara memindai ujung jari saja.

Android One
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Xiaomi Mi A1 merupakan smartphone Android One, hasil kolaborasi dari Xiaomi dan Google. Kilas balik ke belakang, proyek pembuatan Android One sendiri menjadi buah pemikiran Google untuk membuat smartphone dengan harga murah. Bukan hanya sekedar menyajikan smartphone dengan harga terjangkau, Google juga berjanji untuk menyematkan hardware yang bagus.

Lantas apa daya tarik dari perangkat Android One? Salah satu layanan yang dijanjikan oleh Google ialah pengawasan langsung, yang berarti Google akan serius untuk terus memonitor, apalagi terkait dengan kualitas perangkat yang dihasilkan. Kemudian, Google juga menjanjikan update sistem operasi Android paling terbaru selama dua tahun sejak Xiaomi Mi A1 diluncurkan, alias smartphone ini akan mendapat update Android paling anyar lebih cepat karena diutamakan.

Artikel menarik:  Review Google Pixel 2 XL: Smartphone Flagship Tercanggih dari Google!

Dual Kamera 12 MP
Dari segi kamera, Xiaomi Mi A1 benar-benar dikemas serupa dengan Mi 5X. Smartphone ini dibekali dengan dual kamera beresolusi 12 MP wide angle dan 12 MP telephoto, sehingga bisa dikatakan bahwa smartphone ini menjadi perangkat Android  One pertama yang mengusung dual kamera. Tidak berbeda dengan kebanyakan smartphone lainnya yang turut mengusung dual kamera, Xiaomi Mi A1 juga bisa menghasilkan foto bokeh secara instan.

Untuk menambah kemampuan fotografinya, dual kamera utama ini juga didukung dengan fitur PDAF dan pastinya dual tone LED Flash, tapi minus OIS. Sedangkan untuk kamera depannya hanya mempunyai resolusi 5 MP yang dilengkapi fitur aperture f/2.0  dan dukungan fitur Beautify.

Dapur Pacu Mumpuni
Xiaomi Mi A1 semakin menarik karena akhirnya Google mampu menciptakan Android One dengan dapur pacu menggiurkan. Bukan tanpa alasan, smartphone ini sudah dibekali dengan chipset legendaris dari Qualcomm Snapdragon 625 yang dipadukan dengan prosesor Octa Core dengan clockspeed 2.0 GHz.

Dari pilihan chipset yang menarik, Xiaomi dan Google juga membuat smartphone ini dengan dukungan RAM yang besar yaitu 64 GB. Tidak berhenti sampai disana, Xiaomi Mi A1 juga dibekali dengan memori internal berkapasitas 64 GB. Selain itu, smartphone ini disokong dengan kapasitas baterai cukup besar yaitu 3.080 mAh.

Kelebihan Xiaomi Mi A1:
– Hasil kolaborasi dengan Google
– Harga cukup terjangkau
– Kamera ganda dengan optical zoom
– Desain elegan dan berkelas dengan layar lebar dan resolusi super jernih
– Support Dual SIM dan koneksi jaringan 4G LTE
– Didukung RAM 4 GB dan ROM 64 GB
– Dual kamera 12 MP + 12 MP
– Body full metal, anti bekas sidik jari
– Audio kualitas tinggi

Kekurangan Xiaomi Mi A1:
– Baterai non-removable
– Kamera depan minus LED flash

Harga Xiaomi Mi A1

Cek harga terbaik Xiaomi Mi A1 disini.