Review

Review Wiko View: Ponsel Layar 18:9 Termurah?

Apakah Anda tertarik dengan desain smartphone trendi berlayar penuh dengan aspek rasio 18:9? Namun sayangnya, kebanyakan ponsel yang mengusung desain itu dibanderol dengan harga cukup mahal, karena termasuk perangkat kelas atas. Jangan khawatir! Karena sekarang hadir Wiko View yang ramah kantong, tapi sudah punya layar 18:9. Bisa dikatakan, Wiko View ialah smartphone bergaransi resmi dengan layar 18:9 yang paling murah saat ini. Tertarik? Mari simak review Wiko View sebagai berikut.

Desain
Agak mengherankan karena gerakan Wiko tahun ini cukup gesit. Setelah merilis Harry dan Upulse, Wiko menutup tahun 2017 dengan memperkenalkan smartphone bernama View. Dibanderol Rp 2,7 jutaan, desain Wiko View bisa diadu dengan smartphone yang lebih mahal, seperti LG Q6.

Body Wiko View terasa kokoh di tangan dan juga nyaman dipegang. Ukuran layarnya yang besar, yakni 5,7 inci, namun bodi masih bagus memegang satu tangan. Karena body terbuat dari logam alias metal, jadi permukaannya bisa kotor akibat sidik jari kotor, namun tidak terlalu buruk.

Selain itu, Wiko menggunakan layout desain yang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan smartphone China entry level dan level menengah lainnya. Dimana ada kamera dan sensor sidik jari yang sejajar vertikal. Tapi ada yang sedikit berbeda yakni posisi speaker grill yang ada di belakang, bukan di bawah. Lalu, bukan seperti ponsel zaman sekarang, Wiko View memiliki cover belakang yang bisa dilepas, alhasil baterai juga bisa dilepas.

Di balik penutup belakangnya, ada tiga slot yang disediakan, dua untuk microSIM dan satu lagi untuk microSD. Kedua slot SIM sudah mendukung 4G, namun tidak bisa aktif bersama. Sedangkan slot microSD, kapasitas maksimal bisa sampai 128 GB. Jika untuk tata letak tombol dan portnya kurang lebih sama dengan kebanyakan smartphone Android. Ada jack audio di bagian atas, tombol power dan volume di kanan, dan port microUSB di bawahnya.

Di bagian depan ini, Anda tidak akan menemukan tombol home, recent apps, dan back karena semua itu berada di dalam layar. Jadi bagian bawahnya tampak kecil dan polos tanpa tombol. Sementara di atas, samping kamera depan, terdapat LED flash, dan LED notifikasi.

Perangkat lunak
Karakteristik khas yang diusung oleh smartphone Wiko adalah UI minimalis. Wiko View menggunakan Android 7.1.2 murni yang mendapat sedikit polesan. Praktis tampilannya terlihat sederhana seperti stock Android dan juga tidak ada pilihan tema macam-macam.

UI dalam Wiko View menggunakan sistem app drawer jika kita ingin mengakses aplikasi yang telah terinstal. Saat di homescreen, kita bisa meluncur ke halaman paling kiri dimana ada beberapa kartu aplikasi yang sering kita gunakan, berita, cuaca, kalender, dan lain-lain. Salah satu fitur sederhana favorit pengguna ialah tap to lock dan tap to wake. Jika Anda termasuk yang suka menggunakan fitur gesture, Wiko juga menyediakan shortcut gesture custom.

Dan untuk melindungi data atau aplikasi yang dipasang agar tidak dikepoin teman, ada aplikasi File and Apps Lock yang juga dapat diakses dengan menggunakan sidik jari. Intinya, UI dalam Wiko View lebih atau kurang seperti UI Android One.

Artikel menarik:  Review Sony Xperia C3: Cocok Bagi Pencinta Selfie

Perangkat keras
Spesifikasi yang diusung oleh Wiko View masuk dalam jajaran entry level. Quad-core CPU Snapdragon 425 ditandemkan bersama 3 GB RAM dan storage 32 GB. Dengan spesifikasi ini, banyak orang mungkin ragu dengan kemampuan mereka.

Selain bisa digunakan sehari-hari, spesifikasi tersebut tetap terasa berkualitas. Bahkan kinerjanya pun bisa diandalkan untuk menjalankan game baru seperti Shadow Fight 3 atau Point Blank Strike yang memiliki grafis kompleks. Sangat cocok untuk Anda yang biasa bermain game berat namun kenyamanan minimal lag.

Layarnya yang memiliki resolusi HD+ pada Wiko View adalah suatu keharusan untuk mengimbangi spesifikasi perangkat kerasnya. Dengan demikian, Anda tetap bisa menjalankan game baru dengan nyaman dan juga konsumsi baterai yang tidak terlalu boros. Dengan baterai yang hanya 2.900 mAh, ketahanannya bisa ditolerir. Memiliki layar FullView, Wiko View tidak memberikan pilihan untuk mengubah rasio layar saat menjalankan aplikasi atau game. Jadi secara default aplikasi atau game yang belum mendukung rasio 18: 9 akan tampil fullscreen secara otomatis.

Kamera
Wiko View lebih mengandalkan kamera depan dibanding kamera utama. Resolusinya 16 MP, jadi bisa dikatakan cukup bisa bersaing dengan smartphone selfie yang ada sekarang. Wiko juga menyediakan fitur mempercantik (Beautify) dimana ada pilihan untuk memperbesar kelopak mata dan mengecilkan dagu. Untuk memudahkan selfie, kita bisa menggunakan mode smile shot, sentuh layar, atau gunakan sensor sidik jari. Dan buat selfie saat kurang cahaya, ada LED flash yang bisa menyala secara otomatis.

Hasil fotonya pun bisa memenuhi ekspektasi, dalam arti terlihat tajam. Tapi ada sedikit catatan, jika Anda selfie saat cahaya minim dan tidak menggunakan lampu flash, tangan kita harus benar-benar stabil agar hasilnya tetap sempurna. Jika ingin lebih lancar, kita bisa menggunakan mode portrait sehingga ada efek blur yang diolah dari perangkat lunak.

Sementara untuk kamera utama, resolusi sebesar 13 MP dengan fitur Ultra HD dan juga ada mode manual standar saja. Setup ini dapat mengatur ISO ke 1600, bisa mengatur fokus manual, tapi tidak ada pengaturan kecepatan rana.

Kelebihan Wiko View:
– Layar penuh dengan rasio 18:9
– Harga murah dengan desain kekinian
– Casing belakang bisa dilepas
– Performa lancar
– Baterai tahan lama
– Didukung sensor fingerprint
– Kemampuan kamera mumpuni

Kekurangan Wiko View:
– Mudah kotor karena body terbuat dari metal
– Chipset masih tergolong rendah

Harga Wiko View
Cek harga terbaik Wiko View disini.