Review

Review Sony Xperia XZ1 Compact: Tahan Air & Triluminos Display

Sebagai smartphone flagship terbaru di Indonesia, pasti Sobat Gaptex penasaran dengan spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan dari Sony Xperia XZ1 Compact bukan? semua informasi mengenai produk anyar Sony tersebut akan kami paparkan secara lengkap di review Sony Xperia XZ1 Compact berikut ini.

Desain dan Penampilan
Dari segi desain layar, Sony Xperia XZ1 Compact mengusung layar berukuran 4,6 inci yang membuat ukuran telepon cukup mungil digenggaman tangan. Terlebih lagi Sony tidak mengikuti trend yang saat ini populer di pasar smartphone yaitu layar bezel-less karena pinggiran di bagian atas dan bawah perangkat cukup tebal dan tidak seperti kebanyakan smartphone lainnya yang dirilis dalam enam bulan terakhir, salah satunya ialah Xiaomi Mi Mix 2.

Layarnya masih beresolusi 720p, yang sebenarnya bukan masalah besar karena ukurannya yang cukup kecil. Masalah utama yang mungkin Anda temukan adalah layarnya yang lebih kecil, karena Anda terbiasa menggunakan smartphone 5 inch atau lebih untuk beberapa waktu.

Namun dari semua itu, kualitas gambar layarnya tetap bagus. Penggunaan LCD di atas AMOLED membuat sudut pandang lebih baik, meski warna tidak terlalu banyak dan juga warna hitam seperti inky. Kecerahannya cukup mumpuni sehingga Anda tidak akan menemui masalah dengan visibilitas luar ruangan. Mode kontrol lampu latar yang cerdas akan menghentikan tampilan peredupan saat Anda memegang telepon dan melihat layar.

Kamera
Seperti Sony Xperia XZ Premium dan Xpera XZ1, model Compact memiliki sensor belakang 19 MP dengan lensa aperture f/2.0. Kamera ini juga menggunakan sensor ‘memori yang ditumpuk’, yang berarti ia menyimpan sejumlah RAM terbatas untuk beberapa trik kamera tambahan serta meningkatkan kinerja kamera secara umum.

Sony Xperia XZ1 Compact juga tidak memiliki rangkaian dual-kamera yang diusung oleh banyak ponsel saat ini sehingga tidak ada tambahan mode telephoto atau bokeh. Sedangkan untuk kamera depannya beresolusi 8 MP yang bisa Anda gunakan selfie bersama keluarga dan teman dekat.

Artikel menarik:  Review JBL Flip 4: Bluetooth Speaker Mutakhir!

Performa
Mengenai performa dan kinerja yang diusung oleh Sony Xperia XZ1 Compact tidak perlu diremehkan. Meskipun ukurannya kecil, namun performanya sangat tangguh karena sudah didukung oleh chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 yang dipadukan dengan prosesor Octa Core dan GPU Adreno 540.

Bagi Sobat yang hobi bermain games HD yang berat maupun menjalankan aplikasi berukuran besar, maka smartphone ini akan bekerja dengan baik berkat RAM berukuran 4 GB. Ruang penyimpanan pada Sony Xperia XZ1 Compact juga berkapasitas 32 GB yang masih dapat diekspansi dengan microSD hingga 256 GB.

Semua aktivitas pengguna akan disokong oleh baterai berkapasitas 2.700 mAh dengan fitur fast charging Quick Charge 3.0. Untuk fitur lainnya yang tersemat pada Sony Xperia XZ1 Compact ialah NFC, fingerprint, accelerometer, proximity, barometer, color spectrum, dan gyro.

Kelebihan Sony Xperia XZ1 Compact:
– Penampilan begitu menggoda dengan material metal dan sisi lengkung 2.5D
– Ukuran ideal 4.6 inch beresolusi HD 720p, Triluminos Display
– Layar dilindungi Corning Gorilla Glass 5
– Sertifikasi IP68, anti debu dan anti air hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit
– Konektivitas lengkap
– Kamera belakang beresolui 19 MP dengan fitur geo-tagging, panorama, HDR, geo-tagging, face/smile detection
– Tersedia slot microSD hingga 256 GB
– OS Android 8.0 Oreo
– RAM 4 GB
– Didukung fitur fingerprint scanner dan NFC

Kekurangan Sony Xperia XZ1 Compact:
– Harga cukup tinggi
– Baterai Non removable

Harga Sony Xperia XZ1 Compact
Cek harga terbaik Sony Xperia XZ1 Compact disini.