Review

Review Samsung Gear Fit2: Tambil Bergaya sekaligus Canggih

Perangkat wearable seperti gelang kebugaran dan smartwatch sedang membanjiri pasar Indonesia beberapa tahun terakhir. Hingga saat ini sudah banyak sekali berbagai produsen yang membawa produknya ke Indonesia demi menarik minat masyarakat yang ingin tampil bergaya sekaligus canggih. Jika Sobat termasuk, maka kami merekomendasikan Samsung Gear Fit2 yang memiliki spesifikasi mumpuni, serta desain yang menarik. Langsung saja, mari simak review Samsung Gear Fit2 di bawah ini.

Desain khas gelang kebugaran
Dari segi desain dan tampilan, Samsung Gear Fit2 memiliki desain khas gelang kebugaran seperti Acer Liquid Leap Active. Masih membawa DNA dari band fitness, Gear Fit 2 memiliki bodi dan layar melengkung mengikuti pergelangan tangan. Bedanya, tidak ada lagi pinggiran bernuansa metal di sekeliling layar seperti generasi sebelumnya.

Samsung Gear Fit 2 terlihat sporty dengan bodi yang didominasi bahan plastik. Ada dua tombol yang disediakan oleh Samsung, satu sebagai tombol Back untuk kembali ke halaman sebelumnya, dan tombol Power/Home yang juga berfungsi untuk mengakses menu.

Tali pada Gear Fit 2 terbuat dari karet elastis atau silikon dengan sedikit corak agar terlihat tidk terlalu polos. Tali ini sangat nyaman saat bersentuhan dengan kulit, mudah saat dipasang di pergelangan tangan, dan tidak mudah lepas meski ‘sistem penguncian’ cukup sederhana. Seperti halnya Samsung S2 Gear, Anda juga bisa mengganti tali dengan mudah dan cepat.

Adapun varian warna, Samsung menyediakan warna dark grey dan biru. Ukurannya bisa dipilih antara S dan L agar pas dengan pergelangan tangan Anda. Meski ukuran tali berbeda, ukuran layar pada ukuran S dan L tetap sama. Lebih hebatnya lagi, Gear Fit 2 sudah memiliki sertifikasi IP68 yang tahan air sedalam 1,5 meter selama 30 menit. Namun, kami tidak menyarankan Anda untuk memakai Gear Fit 2 saat berenang.

Layar menawan, kinerja mulus
Dibandingkan dengan kebanyakan gelang kebugaran, layar sentuh pada Gear Fit 2 menjadi kelebihan yang membuatnya terlihat lebih menggoda. Berbekal teknologi Super AMOLED, Samsung menyematkan layar melengkung berukuran 1,58 inci dengan resolusi 432 x 216 piksel yang bakal memanjakan mata.

Ukurannya itu sedikit lebih kecil dari Gear Fit pertama yang menawarkan 1,84 inci. Meskipun demikian, dengan 322 piksel per inci, layar Gear Fit 2 terlihat lebih tajam dan output warnanya lebih kaya. Tak mau ketinggalan, Samsung melapisi layar ini dengan Corning Gorilla Glass 3 yang secara teoritis mampu melindungi dari goresan dan tidak mudah pecah.

Layar ini juga telah mendukung gerakan bangun atau wake up gesture. Artinya, layar akan menyala saat Anda menggerakkan tangan Anda ke posisi seperti orang yang ingin melihat jam tangan. Saat tangan Anda turun, layar otomatis mati lagi. Tentu saja, Anda tetap bisa mengatur apakah fitur ini ingin tetap aktif atau tidak.

Penggunaan di bawah sinar matahari masih cukup nyaman karena Anda bisa mengatur tingkat kecerahan seperlunya dan pengaturannya bisa diakses dengan mudah melalui jendela yang Anda tarik dari atas ke bawah seperti membuka jendela pemberitahuan pada smartphone Android. Sayangnya, Gear Fit 2 belum memiliki pengaturan kecerahan otomatis sehingga Anda harus menyesuaikannya sendiri secara manual.

Untuk performa bisnis, prosesor dual core 1GHz dan RAM 512MB mampu menghadirkan kinerja yang mulus dan gesit. Anda bisa log in dan beralih ke berbagai aplikasi dengan cepat tanpa kendala yang berarti. Selain itu, Gear Fit 2 juga menggunakan sistem operasi yang sama dengan S2 Gear, yaitu Tizen.

Artikel menarik:  Review Sony Xperia XA1: Kamera 23 MP, Harga Terjangkau

Anda bisa menghubungkan Gear Fit 2 dengan smartphone berbasis Android 4.4 yang memiliki RAM minimal 1,5 GB. Namun sayangnya, Samsung belum memberikan akses kepada mereka yang menggunakan perangkat iOS seperti iPhone.

Fitur Fitness Tracker cukup lengkap
Seperti disebutkan di atas, Gear Fit 2 nampaknya ingin menjadi perantara jarak koneksi antara gelang kebugaran dengan smartwatch. Karena itu, Anda bisa menemukan berbagai fitur detektor aktivitas tubuh yang biasa ditemui di gelang kebugaran.

Disebut sebagai GPS Sport Band, Samsung Gear Fit2 dilengkapi dengan sensor lengkap mulai dari built-in GPS, monitor Heart Rate (detak jantung), Accelerometer, Gyro, dan Barometer. Alhasil, Gear Fit 2 bisa mendeteksi jejak kaki Anda. Anda juga bisa mencari informasi seperti detak jantung saat istirahat atau berolahraga, berapa kalori yang terbakar, dan waktu tidur.

Perangkat ini juga bisa digunakan untuk menunjang kegiatan lain seperti berlari, bersepeda, hiking, pilates, yoga, dan sebagainya. Karena memiliki built-in GPS, Anda tidak perlu selalu membawa smartphone Anda saat melakukan aktivitas ini. Anda juga bisa mengatur target aktivitas yang sedang dilakukan. Misalnya berapa lama durasi, berapa target kalori yang dibakar, atau berapa jarak yang ingin Anda jalani. Saat Anda tidak berolahraga, Gear Fit 2 akan bergetar sebagai peringatan jika Anda duduk terlalu lama atau bergerak sedikit.

Baterai awet selama 3 hari
Samsung Gear Fit2 mungkin bukan band fitness dengan daya tahan baterai terbaik di pasaran. Tak heran karena perangkat ini memiliki banyak fungsi seperti smartwatch. Layar tajam juga berperan dalam menguras baterai. Namun, dengan baterai 200 mAh, Samsung Gear Fit 2 bisa digunakan selama kurang lebih 3 hari dengan kondisi selalu terhubung ke smartphone, semua notifikasi aktif, dan tingkat kecerahan layar pada level 4. Sedangkan jika GPS selalu aktif, daya tahannya hanya mencapai 9 jam. Waktu untuk mengisi ulang baterai hingga 100 persen membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam (kita menggunakan charger 1A). Bila dibandingkan dengan kebanyakan smartwatch, Gear Fit 2 tergolong memiliki masa pakai baterai yang baik. Tapi jika diadu dengan sesama band fitness, sektor baterai di Gear Fit 2 bisa dibilang bukan daya tarik tersendiri.

Kelebihan Samsung Gear Fit2:
– Desain sporty dan elegan
– Nyaman dipakai dipergelangan tangan
– Built-in GPS
– Layar Super AMOLED yang menawan
– Anti air berkat sertifikasi IP69
– Mampu menampilkan notifikasi dari aplikasi pihak ketiga
– Pilihan watch face yang bervariasi
– Fitur fitness tracking lengkap

Kekurangan Samsung Gear Fit2:
– Ketersediaan apliksi masih sangat terbatas
– Belum mendukung perangkat iOS

Harga Samsung Gear Fit2
Cek harga terbaik Samsung Gear Fit2 disini.