Review Samsung Galaxy Note FE: Versi Lain Note 7

Acara teknologi tahunan Indocomtech 2017 tampaknya dimanfaatkan oleh Samsung untuk memperkenalkan produk ‘lawas tapi baru’ mereka yakni Galaxy Note FE (Fan Edition). Perangkat ini merupakan produk daur ulang dari Galaxy Note 7 yang sebelumnya gagal di pasaran karena mudah terbakar. Samsung sendiri mengklaim Galaxy Note FE ialah produk aman karena penggunaan baterainya yang berbeda dari Galaxy Note 7. Jika Sobat Gaptex penasaran dengan smartphone premium ini, mari simak review Samsung Galaxy Note FE sebagai berikut.

Desain
Sama seperti Samsung Galaxy Note 7, Galaxy Note FE mempunyai layar teknologi Dual Edge Super AMOLED berukuran 5,7 inch yang beresolusi Quad HD 2560 x 1440 pixel. Layar ini memiliki kerapatan 515 ppi dan telah dilindungi oleh kaca Corning Gorilla Glass 5 sehingga layarnya tak mudah pecah atau tergores. Selain layarnya yang super jernih, Samsung juga membekalinya dengan fitur HDR10 Compliant sehingga layarnya semakin memukau.

Layar lebar tersebut melengkung di kedua sisinya, sedangkan untuk bodinya sendiri memiliki ukuran 153.5 mm, lebar 73.9 mm, dan ketebalan 7.9 mm. Sementara bobotnya seberat 167 gr. Desain Galaxy Note FE tentunya terlihat premium dan elegan, walaupun sejatinya Samsung sudah merilis Samsung S8 yang memiliki bezel super tipis. Selain itu, tersedia pula sensor pemindai sidik jari yang terintegrasi pada tombol home.

Fitur Canggih
Selain fingerprint scanner, Samsung Galaxy Note FE dilengkapi dengan iris scanner sehingga Anda bisa menjaga keamanan privasi lebih ketat dengan kunci iris mata Anda sendiri. Untuk menggunakannya pun sangat mudah, Anda cukup memposisikan perangkat sejajar dengan mata, maka Galaxy Note FE bisa membuka kunci layar dengan cepat. Bahkan lebih hebatnya lagi, fitur pemindai mata ini juga dapat dipakai untuk mengunci folder rahasia.

Fitur canggih lainnya yang ditandemkan dalam Galaxy Note FE ialah ketahanan air dan debu berkat adanya sertifikasi IP68, sehingga Anda bisa membawanya berenang di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Anda juga tidak perlu risau apabila smartphone ini terkena guyuran hujan atau tercebur ke dalam air, selama airnya ialah air tawar.

Tak ketinggalan terdapat asisten pribadi Bixby yang sebelumnya telah diperkenalkan lebih dulu pada Samsung Galaxy S8 dan versi Plus-nya. Menjadi fitur andalan Galaxy Note FE, pastinya ada Stylus Pen atau S-Pen yang mempermudah akses navigasi dalam membuka aplikasi atau menu. Anda pun dapat memanfaatkannya untuk menulis dan menggambar dengan akurat dan responsif.

Artikel menarik:  5 Smartphone Berukuran Kecil dengan Performa Monster Terbaik

Hardware
Berbicara mengenai spesifikasi di dalamnya, sudah pasti tidak diragukan lagi jika Samsung menyematkan yang terbaik untuk Galaxy Note FE. Perangkat ini dibekali dengan chipset mumpuni yaitu Exynos 8890 yang dipadukan dengan Octa Core 64 Bit dengan konfigurasi Quad Core 2.3 GHz Mangoose dan Quad Core 1.6 GHz Cortex A53.

Untuk performa semakin powerful, Samsung menambahkan pengolahan grafis GPU Mali T880 MP12 dan RAM berkapasitas 4 GB. Terdapat pula memori internal sebesar 64 GB yang masih dapat diperluas dengan microSD hingga 256 GB.

Kemudian dari unit baterai, kapasitas daya pada Galaxy Note FE dikecilkan menjadi 12,32 Wh atau 3.200 mAh lebih kecil dari Galaxy Note 7 yaitu 13,48 Wh atau 3.500 mAh. Selain itu baterai dari Galaxy Note FE memiliki ukuran fisik lebih kecil sehingga bobotnya lebih ringan.

Selanjutnya dari sektor fotografi, Samsung menyematkan kamera belakang beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.7 yang memiliki kemampuan low light sangat baik. Selain itu tersedia pula fitur PDAF dan LED Flash untuk meningkatkan ketajaman foto dan video. Tidak ketinggalan fitur OIS untuk menstabilkan rekaman video. Sedangkan untuk kamera depannya, Galaxy Note FE telah dibekali kamera 5 MP dengan aperture f/1.7 yang mendukung fitur Dual Video Call dan Auto HDR.

Kelebihan Samsung Galaxy Note FE:
· Layar super jernih dan bening dengan panel Super AMOLED
· Layar lebar berukuran 5,7 inch dengan resolusi Quad HD
· Memiliki sistem keamanan yang sangat tangguh
· Dibekali dapur pacu mumpuni
· Sektor fotografi yang sangat lengkap dengan low light sangat baik
· Kapasitas baterai cukup besar dengan fast charging

Kekurangan Samsung Galaxy Note FE:
· Harga cukup tinggi
· Barang rekondisi dari Galaxy Note 7

Harga Samsung Galaxy Note FE
Cek harga terbaik Samsung Galaxy Note FE disini.