Review Oppo R7S

Menyusul rilisnya R7 Lite dengan layar 5 inci dan R7 Plus dengan layar 6 inci, pada awal Desember 2015 lalu Oppo kembali merilis keluarga baru dalam serial R7 dengan layar 5.5 inci. Produk terbaru mereka ini diberi nama Oppo R7S. Oppo R7S dibanderol dengan harga mencapai lima juta Rupiah sehingga berada di rentang pasar smartphone kelas menengah atas. Apa saja keunggulan Oppo R7S ini?

Review Oppo R7S

Penampilan Oppo R7S bisa dibilang menyerupai smartphone kelas high-end. Dikemas dengan ukuran yang cukup tipis, 7 mm, serta ringan. Warna gold yang meningkatkan gaya premium smartphone ini, serta dilengkapi dengan RAM 4GB, dan kemampuan unggulannya yaitu fast-charging.

Spesifikasi Lengkap Oppo R7S
AMOLED capacitive touchscreen, 16M warna
Ukuran 5.5 inci (rasio screen-to-body 72.9%)
Corning Gorilla Glass 3
HD 1080 x 1920 pixels (kerapatan 401 ppi)
ColorOS 2.1
Android Lollipop 5.1.1
Quad-core Cortex A53 1.5 GHz, quad-core Cortex A53 1.0 GHz
Chipset Qualcomm MSM 8939 Snapdragon 615
GPU Adreno 405
RAM 4 GB
ROM 32 GB
Memori eksternal 128 GB
Baterai berkapasitas 3070 mAh
Kamera utama 13 MP, phase detection autofocus, LED Flash
Kamera depan 8 MP
Dual sim (mikro)

Desain
Menggunakan bahan casing dari metal membuat R7S cukup tangguh dan tampil elegan. Di panel belakang terdapat logo Oppo nan mengkilap, dan kamera beserta lampu flash terpasang di sudut kiri atas. Lengkung sisi body cukup mulus untuk merekat sempurna dalam genggaman, dan sisi depan tampak lapang karena ketiga tombol utama digabungkan dengan layar.

Layar
Teknologi AMOLED capacitive touchscreen dengan tampilan 16M warna membuat layar R7S luar biasa tajam. Dengan ukuran diagonal 5.5 inci serta rasio screen-to-body 72.9%, layarnya lapang. Resolusi tinggi, HD 1080 x 1920, menghasilkan kerapatan sampai dengan 401 ppi. Layar pun lengkap dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3 sehingga aman dari ancaman goresan, gesekan, dan gigitan (eh, gigitan?).

R7S menggunakan user interface buatan Oppo, ColorOS, yang didasarkan atas Android Lollipop 5.1.1. Tampilan atraktif dan kemudahan kustomisasi tema serta lock screen menjadi kelebihan user interface ini bila dibandingkan dengan penggunaan Android murni. Juga, kinerja ColorOS 2.1 pada R7S telah ditingkatkan dari versi-versi sebelumnya, dimana ia didesain lebih ringan sehingga tidak ada jeda saat beralih antara satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Performa
Jeroan Oppo R7S terdiri atas quad-core Cortex A53 1.5 GHz dan quad-core Cortex A53 1.0 GHz yang terintegrasi dalam suatu chipset Qualcomm MSM 8939 Snapdragon 615, serta GPU Adreno 405. Dengan tunjangan RAM jumbo 4 GB, pengguna boleh yakin bahwa Oppo R7S sangat mampu melakukan multi-tasking beragam aplikasi sekaligus. Oppo R7S dapat diandalkan untuk kebutuhan pengolahan grafis taraf tinggi, seperti pengoperasian game dan video editor.

Baca Juga :  Review Xiaomi Mi 4i : Mi 4 Versi Alternatif

Ukuran ROM Oppo R7S juga amat lapang dengan kapasitas 32 GB. Bahkan, kapasitas memori dapat ditambah dengan mencolok kartu microSD sampai dengan 128 GB. Yang sedikit disayangkan hanyalah slot microSD menggunakan salah satu slot kartu SIM dari dua slot yang disediakan, sehingga pengguna tidak dapat memanfaatkan fitur dual SIM mana kala memori eksternal ditancapkan. Adapun fitur dual SIM ini membutuhkan kartu SIM berukuran nano atau mikro, sehingga mungkin pengguna perlu melakukan pemotongan kartu SIM terlebih dahulu.

Baterai dengan kapasitas 3070 mAh, yang terbilang biasa untuk kelasnya, gadget ini cukup tahan untuk penggunaan normal kegiatan seharian. Fitur yang menjadi keunggulan Oppo R7S ialah kemampuan fast-charging. Cukup mengisi ulang selama 30 menit dan pengguna bisa memperoleh 75% kapasitas daya.

Kamera
Kinerja kamera Oppo R7S sangat memuaskan. Dengan kekuatan kamera utama 13.0 MP yang mampu mengambil gambar sampai dengan ketajaman 4128 x 3096 pixel, beserta fitur phase detection autofocus, membuat smartphone ini mampu memberi hasil jepretan yang tajam, jelas, dan jernih, bahkan ketika memotret objek bergerak sekali pun. Kondisi minim cahaya tidak menjadi kendala bagi Oppo R7S berkat ketersediaan LED Flash. Mode HRD dan Panorama juga tersedia, sehingga pencinta fotografi pun bisa jatuh cinta dengan smartphone ini. Kamera depan juga lebih dari cukup untuk memperoleh foto selfie berkualitas berkat ketajaman 8.0 MP.

Kesimpulan
Oppo R7S terbilang sebagai smartphone kelas menengah yang mumpuni. Cocok digunakan mereka yang memiliki jadwal super padat dan membutuhkan perangkat mobile bertenaga. Alasan utama untuk mendapatkan smartphone ini, tentu saja, penampilannya yang berkelas premium, serta performa dan kamera yang memuaskan. Meski baterainya bagi sebagian pihak tampak pas-pasan, sokongan teknologi fast-charging membuatnya layak masuk hitungan smartphone yang dapat diandalkan.

Harga Oppo R7S
Untuk mendapatkan harga terbaik dari Oppo R7S, silahkan kunjungi link ini.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part