Review

Review OnePlus 5T: Tipis, Kencang, & Kamera Mantap!

OnePlus 5T seolah mendorong perusahaan China memasuki era baru smartphone cerdas layar penuh, dengan layar bezel minimal 6 inch yang baru terbenam ke dalam tubuh perangkat 5.5 inch. Perangkat ini adalah ponsel generasi keempat OnePlus dalam dua tahun terakhir. Berbeda dengan upgrade OnePlus 3 sampai 3T di tahun 2016, komponen internal untuk 5T sebagian besar tetap sama dengan model OnePlus 5, dengan layar dan kamera yang menjadi perbedaan terbesar. Berikut ini review OnePlus 5T dmulai dari desain hingga kapasitas baterai yang digunakannya.

Desain dan Layar
Layar full HD yang dipadukan dengan teknologi AMOLED seluas 6in diprioritaskan untuk membentang untuk mengisi bagian depan perangkat OnePlus 5T, mengusung bezel tipis di sisi dan panel atas dan bawah yang relatif kecil. Desain ini tidak terlihat seperti mengesankan “layar penuh” seperti Apple iPhone X atau Samsung Galaxy S8, namun OnePlus 5T memiliki bezel yang tampak lebih tipis dari kebanyakan, termasuk Google Pixel 2 XL.

Layarnya tidak setinggi resolusi seperti beberapa pesaing, bertahan dengan full HD+ seperti yang Huawei lakukan untuk Mate 10 Pro-nya, namun sebagian besar konsumen tidak akan peduli karena ini jelas memberi manfaat pada masa pakai baterai. Apalagi tampilannya terlihat bagus dengan kontras yang tajam, sudut pandang yang padat dan pilihan warna kalibrasi termasuk sRGB dan DCI-P3. Secara keseluruhan, dari segi desain, OnePlus 5T tidak akan mengecewakan Anda .

Pada bagian belakang perangkat memiliki lengkungan yang lembut, membuatnya terasa enak untuk dipegang, dan estetika minimalis dengan warna hitam. Covernya bersih, mungkin hanya terdapat logo OnePlus yang khas, pemindai sidik jari, kamera ganda dan flash disampingnya. Garis antena membungkuk di sepanjang tepi atas dan bawah dengan cara yang sama seperti pada OnePlus 5. Pemindai sidik jari di bagian belakangnya benar-benar hebat dalam faktor kecepatan dan ketepatan.OnePlus 5T juga terasa kokoh di tangan, namun beratnya hanya 162g, ini relatif ringan untuk smartphone seluas 6 inci. Sebagian besar perangkat dengan berat di atas 170g, termasuk 174g pada iPhone X, Samsung Galaxy S8+ seberat 173g, 175g untuk Google Pixel 2 XL dan 178g di Huawei Mate 10 Pro.

Perangkat tersebut juga lebih tipis dengan ketebalan hanya 7,3mm, dan 1,7 mm lebih sempit dari pada Pixel 2 XL, yang berarti Anda kehilangan apa pun dalam desainnya meskipun harganya berkurang. Anda bahkan mendapatkan soket headphone di bagian bawah, yang menjadikan OnePlus sebagai salah satu smartphone high-end masih memilikinya. Satu-satunya fitur yang kurang adalah tahan air, dimana kebanyakan smartphone flagship memiliki sertifikasi tahan air IP67 atau lebih.

Spesifikasi lengkap OnePlus 5T:
– Layar: 6 inch full HD AMOLED (401ppi)
– Prosesor: Qualcomm Snapdragon 835 inti
– RAM: 6 atau 8GB RAM
– Penyimpanan internal: 64 atau 128GB
– Sistem operasi: Oxygen OS berbasis Android 7.1.1
– Kamera: 16MP + 20MP dual camera belakang, kamera depan 16MP
– Konektivitas: LTE, dual sim, Wi-Fiac, NFC, Bluetooth 5 dan GPS
– Dimensi: 156,1 x 75 x 7.3mm
– Berat: 162g

Artikel menarik:  Review Wiko View: Ponsel Layar 18:9 Termurah?

Performa dan Baterai
OnePlus 5T memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan OnePlus 5 dan oleh karena itu prosesor Qualcomm Snapdragon 835 yang sama seperti yang digunakan di sebagian besar smartphone kelas atas, namun dengan RAM lebih besar daripada kebanyakan, yaitu pilihan 6GB atau 8GB.

Performanya sangat bagus secara keseluruhan, dengan tingkat kinerja yang tinggi seperti terlihat di Android dengan Pixel 2 XL dan Mate 10 Pro baru dengan OS Android Oreo. Ini adalah bukti betapa banyak optimasi yang dilakukan OnePlus dengan perangkat lunaknya, yang berarti sangat mengharapkan hal-hal hebat begitu 5T diperbarui ke Oreo pada kuartal pertama tahun 2018. Jika Anda menginginkan kehalusan Pixel level, ponsel ini bisa Anda beli tanpa membeli ponsel Google yang berharga sangat tinggi.

Satu hal yang telah membaik sejak OnePlus 5 adalah masa pakai baterai. Meskipun layar yang lebih besar, OnePlus 5T bertahan lebih dari 34 jam dalam satu kali charger, yang berarti Anda bisa mulai menggunakannya pada jam 7 pagi dan akan membuat semuanya berjalan sampai jam 5 sore keesokan harinya.

Saat menggunakan OnePlus 5T sebagai perangkat utama dengan dua SIM yang dimuat di dalamnya, browsing dan menggunakan aplikasi selama enam jam dengan ratusan email dan pesan, menonton 90 menit Netflix, mengambil sekitar 30 foto dan mendengarkan sekitar enam jam musik melalui headphone Bluetooth. Sebagian besar pengguna dengan mudah dapat melakukan dua hari tanpa perlu charge berkali-kali.

OnePlus 5T juga mengenakan baterai yang sangat cepat dalam pengisiannya karena menggunakan sistem Dash Charge milik perusahaan. Daya dari nol sampai 70% hanya mengambil lebih dari 33 menit, yang berarti Anda akan mendapatkan sekitar satu hari charge di bawah 30 menit.

Kelebihan OnePlus 5T:
– Daya tahan baterai awet
– Desain dan bentuk yang elegan
– Performa handal dan kencang
– Dukung dual SIM
– Kamera mumpuni

Kekurangan OnePlus 5T:
– Tidak anti air
– Tidak ada microSD

Harga OnePlus 5T
Cek harga terbaik OnePlus 5T disini.