Review

Review Nokia 5: Menengah, Namun Premium!

Untuk smartphone kelas menengah, Nokia 5 lebih terlihat dan terasa seperti ponsel premium. Namun bagi banyak orang, itulah yang menjadi alasan untuk diperhitungkan, karena dengan harga yang terjangkau, kita juga akan mendapatkan perangkat. Salah satu keunggulannya terletak pad bodi yang berkelas dengan bahan aluminium seri 6000, dimana telah dikenal kuat dan tangguh. Berikut review Nokia 5 yang bisa Anda jadikan acuan ketika ingin membeli ‘adik’ dari Nokia 6 ini.

Desain
Nokia 5 memiliki bodi yang ramping dan tidak terasa ‘murah’ sama sekali di tangan. Seperti kebanyakan model premium lainnya, seluruh body terbuat dari logam dan memiliki sudut yang membulat untuk nuansa yang sangat ergonomis. Body perangkat juga cukup berbobot, memberi kesan berkualitas sebagai hasilnya.

Tampilan Nokia 5 pun berbeda dengan bahasa desain perangkat Lumia. Material logam dan metal memberikannya semacam ‘jaket’ yang mengelilingi panel depan. Smartphone ini memiliki finishing krom matte yang terlihat sangat indah di belakang. Nokia 5juga tersedia dalam warna hitam, biru tua, dan emas mawar bergambar.

Speaker terletak di bagian bawah perangkat dan cukup keras, meski tidak tanpa distorsi sesekali saat memutar. Komponen ini juga berada di tempat di mana Anda tidak menginginkannya saat bermain game. Terdapat pula sensor sidik jari pada tombol home (yang merupakan indent bukan tombol) dan cukup cepat. Selain itu, ponsel ini tahan terhadap percikan air karena memilki sertifikasi IP52, namun Anda tidak akan bisa membawanya untuk berenang.

Display
Nokia 5 menampilkan layar IPS 720p yang cukup mendasar. Menonton media cukup baik dengan resolusi ini, tapi bukan pengalaman terbaik untuk bermain game atau menonton YouTube. Pada layar seluas 5,2 inci, Anda secara teoritis mendapatkan banyak layar real estate tapi ini agak kurang memuaskan oleh resolusi yang lebih rendah.

Layar Nokia 5 juga sudah dilengkapi dengan pelindung Corning Gorilla Glass sehingga membuat layarnya tahan terhadap goresan. Selain itu, perangkat ini memiliki fitur Polarized yang membuatnya mampu membaca text dengan jelas walaupun berada di bawah sinar matahari terik.

Kinerja dan Hardware
Dapur pacu yang menggerakkan Nokia 5 adalah prosesor Qualcomm Snapdragon 430 okta-core yang dilengkapi dengan 1,4 GHz dengan GPU Adreno 505. Chipse Snapdragon 430 diklaim mampu dengan baik pada handset berbiaya rendah lainnya, meskipun kinerja Nokia 5 sangat bergantung pada tugas yang ingin Anda capai. Misalnya, kita jarang mengalami masalah saat melakukan multitasking, meski RAM perangkatnya cukup rendah yaitu hanya 2 GB. Namun, lag atau hang mulai terjadi ketika kita juga menjelajah halaman web dan game, dan frame menjadi agak normal.

Artikel menarik:  Review Genpro Z: Android Dual Camera Murah

Apa yang mungkin menjadi masalah bagi pengguna rata-rata adalah jumlah kecilnya penyimpanan internal. Anda hanya mendapatkan ROM sebesar 16 GB, yang akan mengisi dengan cepat jika Anda menyimpan beberapa foto dan menginstal beberapa aplikasi, terutama karena hanya setengah dari yang akan tersedia saat Anda pertama kali boot up perangkat. Untungnya, ada penyimpanan yang dapat diupgrade berupa microSD sampai dengan 128 GB.

Kemudian, Nokia 5 memiliki baterai 3.000 mAh, jadi umur panjang apa pun kemungkinan datang dari pengoptimalan perangkat lunak bawaan yang ada di Android. Quick Charge 3.0 adalah fitur tambahan yang bagus untuk budget phone, yang mampu mencharging baterai kosong sekitar 50% dalam satu jam. Smartphone ini juga menjalankan salah satu versi Android terbaru, 7.1.1 Nougat, yang berarti Anda akan mendapatkan akses ke fitur terbaru dari Google, seperti Asisten Google.

Kamera
Seperti yang sudah dikutip di atas, Nokia 5 merupakan adik dari sang kakak yaitu Nokia 6 sehingga memiliki spesifikasi yang lebih rendah, termasuk dari faktor kamera. Kamera pada perangkat ini ialah 13 MP sedangkan kamera depannya beresolusi 5 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Kamera utama Nokia 5 telah dilengkapi dengan LED Flash, Panorama, mode HDR dan PDAF.

Kelebihan Nokia 5:
– Desain premium dengan bodi metal
– Layar seluas 5.2 inch yang nyaman dioperasikan dengan satu tangan
– Layar sudah dilindungi Corning Gorilla Glass sehingga tahan goresan
– Internet kencang dengan 4G LTE
– Konektifitas lengkap
– Baterai 3000 mAh yang dilengkapi fitur fast charging
– Chipset tangguh dari Qualcomm 430
– Tersedia microSD

Kekurangan Nokia 5:
– RAM masih 2 GB
– Baterai non removable

Harga Nokia 5
Cek harga terbaik Nokia 5 disini.