Review

Review Lenovo A7700: Phablet 4G Murah!

Salah satu pabrikan smartphone yang telah mengikuti peraturan TKDN dalam negeri ialah Lenovo untuk smartphone 4G mereka. Bekerja sama dengan PT. Tri Dharma Kencana yang bertempat di Serang Banten, Lenovo meluncurkan produk terbaru mereka yang bertajuk A7700 sebagai perangkat entry-level mereka. Lenovo A7700 juga menjadi penerus dari seri sebelumnya yakni Lenovo A7000 yang sempat beredar tahun 2015 lalu. Berikut ini review Lenovo A7700 dari segi desain hingga hardware.

Desain
Desain yang diusung oleh Lenovo A7700 bisa dibilang tidak terlalu banyak untuk membawa perubahan dari generasi pertama. Awalnya, A7000 mengusung desain dengan bahan polikarbonat, namun kini A7700 hadir dengan rangka logam yang membuatnya terlihat lebih solid. Perangkat ini turut menggunakan baterai removable sehingga pengguna tidak dapat melepas casing belakang untuk mengganti baterai.

Dibanding A7000, Lenovo A7700 terlihat lebih lebar namun memiliki dimensi yang lebih tipis. Secara rinci, perangkat ini memiliki ukuran dimensi 152 × 76,2 × 8,5 mm dengan berat sekitar 155g. Bobotnya cukup ringan untuk perangkat 5,5 inci ini. Bezel yang membingkai layar nampaknya terlalu besar, sehingga rasio body-to-screen masih kurang optimal. Meski tidak disebutkan memiliki pelindung layar tertentu seperti Gorrila Glass atau Dragontrail, namun resistansinya diklaim cukup aman dari goresan. Jadi Anda tidak perlu khawatir tergores layar jika menaruhnya di sembarang tempat. Begitu pula kaca pengaman sensor kamera, di bagian belakang. Meski terlihat menonjol dan rawan tergores, ternyata aman terlindungi.

Meski terasa grip lebar dengan bahan polikarbonat, untungnya body Lenovo A7700 tidak begitu licin. Bahan polikarbonat yang digunakan dengan finsihing Terdapat lubang-lubang speaker yang membentang di bagian belakang, dimana ada dua komponen speaker yang cukup untuk kebutuhan multimedia. Seperti perangkat-perangkat besutannya, Lenovo menempatkan tombol power dan volume di sisi kanan. Slot microUSB terletak di bagian atas, seperti halnya lubang jack 3,5 mm untuk headset. Secara keseluruhan tidak ada yang terlalu menonjol dari desain yang dibawa oleh A7700.

UI tanpa App Drawer, khas Lenovo
Lenovo A7700 telah menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Perangkat entry level ini juga belum mendapatkan informasi mengenai akan ada update OS ke Android 7.0 Nougat atau tidak. User Interface di dalamnya sangat khas dari Lenovo, tanpa App Drawer.

Beberapa aplikasi bawaan (bloatware) yang bisa Anda temukan, seperti SHAREit, SYNCit, UC Browser, BaBe, dan McAfee Security. Jika ada aplikasi yang tidak Anda butuhkan, Anda dapat menghapusnya.

Lenovo juga menyematkan beberapa fitur yang cukup berguna seperti Mercury Keyboard yang akan membuat posisi keyboard miring sesuai dengan kemiringan smartphone, sehingga cocok untuk operasi satu tangan dan fitur Gesture seperti Shake Lock Screen untuk mengunci layar dengan menggoyang-goyangkan body A7700.

Artikel menarik:  Review Novo Borneo Pro: Smartphone Tangguh Cocok Untuk Travelers!

Kamera
Dengan harga yang cukup kompetitif pada tingkatan entry level sekaligus konsep memprioritaskan sektor multimedia, masuk akal jika kamera pada A7700 bukan fitur utama yang ditawarkan oleh Lenovo.

Anda akan menemukan sensor 8 MP dibelakang lengkap dengan autofocus dan LED flash. Kamera UI sederahana dan tidak ada mode menarik yang biasa ditemukan pada smartphone mid-up. Sementara di bagian depannya terdapat sensor 2 megapiksel.

Secara keseluruhan, ketajaman gambar lumayan bagus untuk smartphone dibawah 2 juta rupiah, terutama saat memotret outdoor dengan cahaya yang cukup. Lebih jelasnya, Anda masih bisa menggunakan ponsel ini untuk menangkap momen sehari-hari dan pantas diupload ke media sosial.

Performa
Sama seperti sektor kamera, perangkat keras pendukung kinerja yang disematkan di A7700 juga tidak terlihat di atas rata-rata pesaingnya di kelas yang sama. Bahkan, bisa dibilang, chipset tersebut sesuai dengan harganya yang cukup murah.

Smartphone 4G LTE ini didukung oleh SoC MediaTek MT6735P dengan prosesor quad core 1GHz yang disertai RAM 2 GB. Built-in memori internal berkapasitas 16 GB plus slot microSD karena membutuhkan ruang penyimpanan data tambahan.

Walaupun tampaknya SoC kurang bertenaga, namun performa Lenovo A7700 masih cukup untuk kebutuhan sehari-hari seperti chatting, browsing, social media, dan standar kerja lainnya mulus. Bermain game juga lumayan lancar, asalkan bukan game 3D yang menuntut performa tinggi.

Karena dirancang sebagai smartphone multimedia yang kemungkinan akan digunakan oleh pengguna yang suka menonton film di perangkat mobile, Lenovo A7700 dilengkapi dengan baterai dengan kapasitas yang layak di kelasnya, yaitu 2.900 mAh. Hal ini cukup untuk penggunaan normal dari pagi sampai sore atau malam hari. Sedangkan untuk menonton film, Anda dapat memutar video dari kondisi baterai penuh hingga habis, karena Lenovo A7700 mampu menyala selama sekitar 8 jam.

Kelebihan Lenovo A7700:
– Telah disokong koneksi 4G LTE
– Harga murah
– Baterai bisa dilepas
– Layar lebar, cocok untuk nonton video atau bermain game
– UI menarik tanpa App Drawer
– Terdapat slot microSD
– Kapasitas baterai cukup besar

Kekurangan Lenovo A7700:
– Performa kurang cepat
– Resolusi kamera masih rendah

Harga Lenovo A7700
Cek harga terbaik Lenovo A7700 disini.