Review

Review JBL Flip 4: Bluetooth Speaker Mutakhir!

Seri JBL Flip adalah salah satu lini speaker Bluetooth yang paling populer saat ini karena beberapa alasan. Pertama, biasanya bluetooth speaker tidak semahal itu, namun JBL berani mengambil tindakan dengan menawarkan perangkat yang cukup tinggi dari brand lainnya. Tapi jika dilihat dari spesifikasi yang diusungnya, harga Rp 2 jutaan tampaknya tidak buruk sama sekali. Bluetooth speaker dari JBL juga benar-benar tahan air dan bisa Anda bawa saat berenang sekalipun. Jadi jika Anda penasaran dan ingin membelinya, mari simak review JBL Flip 4 yang akan kami ulas di bawah ini.

Penampilan & Desain
Di dalam kotak, Anda akan mendapatkan speaker Flip 4, kabel pengisian, dan informasi instruksi dan garansi. Dari segi desain, sekilas tidak banyak yang membedakannya dari JBL Flip 3 generasi sebelumnya. Namun ada beberapa perubahan desain kecil seperti tombol telepon yang berubah menjadi segitiga yang lebih pas untuk pause atau play. Selain itu, JBL Flip 4 masih berbentuk silinder dengan bass radiator pasif di kedua ujungnya. Satu lagi perbedaan utama yang membuat Flip 4 layak upgrade ke model sebelumnya yaitu waterproof alias tahan air.

Bahan kain yang membungkus speaker mungkin terlihat cukup mirip dengan model sebelumnya, tapi sebenarnya bahan ini benar-benar tahan air. Sertifikasi IPX7 tepatnya, yang mana bisa direndam selama 30 menit sampai kedalaman air satu meter, dan juga berarti disegel terhadap debu, kotoran, dan pasir. Jadi membawa ini ke pantai tidak masalah. Anda bisa menaruhnya di pasir dan di air dan kemudian mengelapnya seperti biasa, lalu memasukkannya ke dalam tas.

Hanya perlu dicatat bahwa JBL Flip 4 tetap tidak mengapung jika Anda menaruhnya di air, jadi jika Anda sengaja menjatuhkannya ke kolam, benda itu akan langsung tenggelam ke bawah. Oleh karena itu, jika Anda berada di laut dan tak sengaja menjatuhkannya, maka ucapkanlah selamat tinggal.

Namun di samping itu, Anda masih akan mendapatkan empat tombol kontrol pemutaran di sepanjang sisi speaker, tombol daya dan JBL Connect+ di sepanjang bagian belakang. Itu juga di mana Anda akan mendapatkan lima lampu indikator yang menunjukkan berapa banyak masa pakai baterai tersisa bersamaan dengan flap kecil untuk menahan air dari input pengisian daya USB mikro dan jack audio 3.5mm yang tersembunyi di bawahnya. Kemudian, String juga masih ada sehingga Anda bisa menggantungnya dari hook atau mengikatnya ke tas jika Anda mau.

Artikel menarik:  Review Asus Zenbook Flip UX360UA: Elegan dan Kencang

Koneksi
Beralih ke tombol JBL Connect+ yang berada pada body JBL Flip 4. Jika Anda ingat bahwa Flip 3 juga memiliki tombol JBL Connect, tapi yang disini adalah Connect+ dan tanda ekstra plus itu membuat perbedaan besar. Sementara yang lama hanya bisa menghubungkan dua speaker JBL bersamaan, tombol Connect+ di Flip 4 bisa terhubung hingga 100. Cukup hebat, sampai Anda sadar bahwa Anda tidak dapat terhubung ke speaker sebelumnya yang tidak memiliki Connect+.

Anda dapat mengontrol volume dengan tombol tanda plus (-) dan minus (-), pause/play musik atau akses asisten pribadi ponsel Anda dengan tombol putar, lompat ke lagu berikutnya dengan menekan tombol play segitiga dua kali, dan dengan mudah memasukkan mode pasangan Bluetooth dengan tombol khusus.

Daya tahan baterai
JBL mengklaim masa pakai baterai mampu bertahan sekitar 12 jam. Hal tersebut benar adanya jika Anda mendengarkan musik dengan volume antara 50-75%. Namun apabila volume maksimal, mungkin Anda hanya mendapatkan 4 jam maksimal. Ya, beda besar. Tapi alasannya karena kebanyakan orang menggunakan Bluetooth speaker tahan air di luar rumah, di mana mungkin volumenya akan dibuat maksimal.

Spesifikasi JBL Flip 4:
– Versi bluetooth 4.2
– Tanggapan Frekuensi 70 Hz ~ 20 K Hz
– Total Daya 2 x 8 W
– Jangkauan operasi sekitar 33 kaki atau 10 meter
– Frekuensi FM 80 dB
– Kapasitas baterai 3000 mAh, Li-Ion
– Waktu Bermain Musik 12 jam
– Transducer 2 x 40 mm
– Berat speaker 500 gram

Kelebihan JBL Flip 4:
– Teknologi JBL untuk hasil suara jernih tanpa noise
– Disokong baterai 3000 mAh Li-Ion untuk 12 jam waktu bermain
– Anti air atau Waterproof berkat IPX7
– Bisa dihubungkan hingga 2 smartphone atau tablet
– JBL Bass Radiator untuk sensasi bass powerful
– Terbuat dari bahan yang sangat awet
– Hanya dengan satu sentuhan, dapat mengakses Siri

Harga JBL Flip 4
Cek harga terbaik JBL Flip 4 disini.