Review

Review JBL Clip 2: Anti Air dan Hemat Baterai

Speaker portabel yang dilengkapi koneksi bluetooth memang selalu menjadi perangkat yang dicari, terutama bagi Sobat yang hobi melakukan kegiatan outdoor. Bentuknya yang mini dan mudah dibawa kemanapun menjadi alasan tersendiri kenapa speaker jenis ini memiliki pasar yang lumayan ramai. Salah satu speaker portabel yang banyak digandrungi kawala muda adalah JBL Clip 2. Penasaran seperti apa keunggulannya? Simak ulasan review JBL Clip 2 berikut ini.

Desain Mungil dan Anti Air
Clip 2 mempertahankan bentuknya yang seperti keping hoki mirip JBL Clip+. Kain mesh menutupi bagian speaker grill keras di bagian depan, memberikan tampilan yang lebih modern. JBL Clip 2 tersedia dalam pilihan warna hitam, biru, merah, hijau dan abu-abu, dimana pilihan warnanya lebih sedikit daripada yang ditawarkan Clip+.

Carabiner terintegrasi pada JBL Clip 2 sekarang jauh lebih fleksibel. Alih-alih menjadi kait tetap yang merupakan bagian dari casing speaker, ini adalah carabiner biasa yang dapat Anda pindahkan dan sesuaikan sesuka hati, sungguh sebuah perbaikan besar dari pendahulunya.

Pada dimensi 5,5 x 3,7 x 1,7 inci, unit ini berukuran lebih besar dari Clip pendahuluya. JBL Clip 2 juga menjadi lebih berat, dari 5,3 menjadi 6,5 ons. Namun, tidak ada perubahan yang membatasi portabilitasnya, dan bahkan peningkatannya lebih besar daripada jumlah tambahan lainnya.

Untuk perangkat kecil seperti itu, JBL benar-benar mengemas fitur. Di sisi kiri, Anda akan menemukan tombol volume dan tombol yang ditandai dengan ikon telepon. Anda dapat menggunakan yang kedua untuk menjawab panggilan, tapi ada kemampuan tersembunyi lainnya yakni Anda juga dapat menekannya untuk menjeda atau memutar lagu, atau, jika Anda menekannya dua kali dengan cepat, maka langsung ke lagu berikutnya.

Sisi kiri dilengkapi tombol power dan Bluetooth pairing, bersama dengan port micro USB untuk pengisian ulang baterai. Kabel yang dirancang untuk disambungkan ke soket headphone diikat di sepanjang bagian luar kotak, dan terkunci di bagian belakang speaker sehingga Anda tidak perlu membawa kabel terpisah jika Anda lebih memilih koneksi kabel. Ini adalah carryover yang berguna dari desain Clip yang asli.

Performa
Bagi banyak orang, upgrade terbesar mungkin karena JBL Clip 2 memiliki rating tahan air IPX7, yang berarti dapat terendam air hingga 1 meter selama 30 menit. Sedangkan, Clip+ hanya splash-proof. Clip 2 meningkatkan kualitas audio yang lebih mengesankan dari Clip sebelumnya, memberikan treble mengesankan, midrange dan bass untuk speaker berukuran kecil.

JBL dikenal memiliki lini produk audio dengan kualitas suara yang cukup bagus. Karena itu, tak heran bila Clip 2 juga bisa diandalkan untuk menikmati berbagai jenis musik. Kualitas suaranya jelas, kaya, dan cukup keras. Saat volume diupgrade, audio yang dihasilkan masih terdengar detail tanpa adanya distorsi yang mengganggu. Namun sayangnya, jika Anda pecinta musik dengan hentakan bass yang kuat, Clip 2 mungkin terasa kurang memuaskan, karena perangkat ini lebih cocok untuk mendengarkan lagu akustik dan jazz. Secara keseluruhan, bagi speaker berukuran mini seperti ini, JBL Clip 2 mampu menghadirkan performa treble, midrange, dan bass yang luar biasa di kelasnya.

Artikel menarik:  Review LG V10: Smartphone Tangguh Kelas Premium

Nirkabel dan Perangkat Lunak
JBL Clip 2 dipasangkan dengan mudah dengan perangkat iOS dan Android. Meskipun JBL tidak menyebutkan jangkauan nirkabel, tapi suaranya mulai putus-putus setelah Anda menjauhkan speaker dalam jarak 50 kaki dari sumbernya, yang merupakan peningkatan dari generasi sebelumnya. Clip 2 juga tidak menawarkan penyesuaian nada atau aplikasi untuk fitur tambahan. Tapi untungnya, Anda bisa memasangkan dua buah speaker Clip 2 dengan menekan tombol Bluetooth selama 5 detik pada setiap unit.

Masa pakai baterai yang lama
Saat memilih speaker portabel, daya tahan baterai harus menjadi fitur yang harus menjadi pertimbangan utama. JBL juga memahami hal ini dan memastikan bahwa Clip 2 memiliki baterai dengan ketahanan jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya. Saat diuji menggunakan volume dalam medium setting, JBL Clip 2 berlangsung hampir 8 jam. Hasil angka ini pasti sangat menarik bagi Anda, terutama jika Anda berencana membeli speaker ini untuk sebuah petualangan.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh speaker Bluetooth JBL Clip 2. Desain tahan air, kualitas suara yang tak diragukan lagi dan daya tahan baterai yang lama merupakan daya tarik tersendiri. Anda juga hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp 500 ribuan saja untuk membelinya. JBL Clip 2 ini cocok untuk Anda yang sedang mencari speaker bluetooth tahan air berkualitas untuk menemani aktivitas outdoor Sobat.

Kelebihan JBL Clip 2:
– Desain anti air berkat sertifikasi IPX7
– Ada fitur untuk menjawab panggilan telepon
– Carabiner kokoh untuk menggantung speaker dimana saja
– Kualitas luar biasa dikelasnya
– Baterai tahan lama

Kekurangan JBL Clip 2:
– Tidak punya fungsi skip backward (mundur ke lagu sebelumnya)
– Kurang memuaskan untuk lagu dentuman bass bertenaga

Harga JBL Clip 2
Cek harga terbaik JBL Clip 2 disini.