Review Infinix Android One X510 Hot 2

Infinix Android One X510 Hot 2 merupakan generasi kedua dari proyek Google Android One – proyek desain smartphone yang dilakukan sendiri oleh Google melalui kerja sama dengan vendor-vendor lokal sebagai produsennya. Dengan rentang harganya yang sekitar 1,3 jutaan, smartphone ini ditargetkan untuk kelas low-end. Spesifikasinya mungkin agak standar, tetapi cukup untuk penggunaan ringan-sedang. Bagaimana pun, desain trendi Infinix Android One X510 Hot 2 membuatnya cocok untuk gaya hidup pribadi yang stylish.

Review Infinix Android One X510 Hot 2

Spesifikasi Infinix Android One X510 Hot 2
GSM: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G: HSDPA 900 /1900/ 2100
Tipe SIM: Micro SIM (Dual SIM, Dual Standby)
OS: Android 5.1.1 Lollipop (upgradeable to Android M)
Layar: 5-inch, 720 x 1280 pixels (320 PPI), LCD touchscreen dengan Glass Protection
Sensor: Accelerometer, Proximity dan Ambient light
Prosessor: Mediatek MT6580 Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53
GPU: Mali-T400MP
RAM: 1 GB / 2 GB
Internal Storage: 16 GB
External Storage: microSD, up to 64 GB
Kamera utama: 8 MP, 3840 x 2160 pixels, autofocus, LED flash
Kamera depan: 2 MP
Video recording: 1080p @ 30fps
Music Support: AAC, AMR, MP2, MP3, M4A, MKA,
Video Support: MP4/MPEG4/H.263/H.264 player
FM Radio
Loudspeaker
Konektivitas : Bluetooth v4.1, Wi-Fi 802.11, Wi-Fi Direct, hotspot, GPS, microUSB v2.0
Baterai: 2200 mAh

Desain
Infinix Hot 2 tampil trendi dan menarik meskipun casing-nya terbuat dari plastik. Punggungnya licin dan mengkilap, sangat glossy, sehingga tampak elegan. Smartphone ini memakai tombol on-screen sehingga sisi depan tampak lapang. Di bagian atas layar terdapat lampu LED yang akan berkedip warna merah ketika ada notifikasi masuk, sekaligus sebagai indikator charging. Saat proses charging masih berjalan, lampu LED akan menyala merah, sedangkan ketika baterai sudah full, LED akan berubah warna hijau.

Sangat jarang ada smartphone Android low-end yang disertai fitur ini. Adapun speaker berada di sebelah bawah, sementara charging port dan earphone jack tersemat di sebelah atas. Di sisi kanan terdapat tombol power dan tombol volume.

Layar
Layar Infinix Hot 2 berukuran cukup besar, 5-inci, tetapi mampu menghadirkan tampilan yang cukup tajam dengan 320 PPI. Warna-warna dapat ditampilkan dengan sangat baik. Yang sangat disayangkan, tingkat kecerahan layar Infinix Hot 2 tidak begitu baik. Bahkan pada level brightness tertinggi, masih agak sulit melihat layarnya saat berada di luar ruangan.

User-Interface
Infinix Hot 2 menggunakan user-interface Android murni, namun terdapat beberapa kelemahan yang hadir pada smartphone ini. Pertama, tidak ada fitur Galeri sehingga pengguna harus mendownload aplikasi Galeri sendiri. Kedua, tidak ada File Manager, suatu fitur yang seharusnya hadir dalam setiap produk gadget, sehingga pengguna juga harus mendownload sendiri. Ketiga, tidak ada shortcut untuk melakukan restart dan mengubah Sound Profile. Apabila kita menekan tombol power beberapa saat, hanya muncul satu pilihan, yakni pilihan shut-down.

Untungnya, Infinix Hot 2 memberikan kemudahan restore dan back-up. Saat menyalakan smartphone ini untuk pertama kali, pengguna dapat memilih untuk mengatur Infinix Hot 2 sebagai gadget baru atau melakukan restore dari gadget lama. Dengan demikian, bila Anda melakukan back-up secara teratur pada gadget ,  pengaturan-pengaturan dan aplikasi dapat dipindahkan dengan segera. Pastikan Anda melakukannya melalui Wi-Fi karena proses restore back-up pasti membutuhkan kuota data yang besar.

Artikel berhubungan:  Review Infinix Zero 3 : Smartphone 4G dengan Kamera 20.7 MP!

Selain Anda dapat membuat lebih dari satu ID User, Infinix Hot 2 juga menyediakan guest mode. Sehingga, Anda dapat berbagi penggunaan smartphone ini dengan anggota keluarga, dan tidak perlu lagi khawatir ketika meminjamkan smartphone pada teman.

Kamera
Satu-satunya aplikasi kamera dalam Infinix Hot 2 adalah Google Camera. Jika diperhatikan, hasil jepretan dengan aplikasi ini tidak begitu memuaskan, meskipun menggunakan kamera utama yang 8.0 MP – seharusnya cukup besar untuk mendapatkan gambar yang tajam. Dengan menggunakan aplikasi lain, kualitas gambar dapat menjadi jauh lebih baik.

Performa
Performa Infinix Hot 2 terbilang sangat bagus untuk kelasnya. Mengganti tampilan aplikasi yang aktif dapat dilakukan dengan lancar tanpa lag. Hal ini tidak mengherankan, sebab Infinix Hot 2 dilengkapi dengan prosesor quad-core 1.3GHz. Tersedia dua pilihan model, yang satu dengan RAM 1 GB dan yang lainnya dengan RAM 2 GB. Kapasitas RAM yang demikian memastikan bahwa Infinix Hot 2 cukup mumpuni untuk meng-handle kebanyakan aplikasi. Namun, untuk aplikasi yang berat dan graphic intensive, mungkin Infinix Hot 2 akan mengalami sedikit masalah.

Kapasitas penyimpanan smartphone ini sangat memuaskan. 16 GB internal storage adalah kapasitas yang sangat besar untuk rentang harganya. Bahkan tersedia slot memory card yang dapat menerima hingga 64 GB kapasitas tambahan.

Baterai
Dengan kapasitas 2200mAh, Infinix Hot 2 dapat digunakan untuk beberapa jam, bahkan hingga setengah hari untuk penggunaan normal. Tetapi bisa dipastikan, baterai Infinix Hot 2 tidak akan tahan lama untuk penggunaan yang intensif. Pastikan Anda memiliki sumber daya yang siap digunakan ketika Anda membawa Infinix Hot 2 untuk aktivitas seharian penuh. Tidak ada fitur power saving, dan proses charging tergolong agak lambat. Baterai Infinix Hot 2 removable alias bisa dicabut dan diganti.

Kesimpulan
Infinix Android One X510 Hot 2 termasuk smartphone unggulan untuk kelas low-end. Layarnya tajam, performanya memuaskan, dan kapasitas penyimpanannya cukup lapang, meski terdapat beberapa kelemahan. Kemudahan memperoleh update Android menjadi kelebihan tersendiri dari Infinix Android One X510 Hot 2. Anda bahkan bisa mengupgrade-nya ke Android Marshmallow.

Harga Infinix Android One X510 Hot 2
Untuk mengecek harga terkini dan terbaik dari Infinix Android One X510 Hot 2, silahkan menuju link ini.