Review

Review Huawei Nova 2i: Andalkan 4 Kamera!

Kamera ganda pada spesifikasi smartphone memang menjadi salah satu tren di industri gadget saat ini. Pada awalnya, kamera ganda hanya bisa ditemukan pada smartphone premium saja. Namun lama-kelamaan, fitur ini mulai ditanamkan pada smartphone kelas menengah, diantaranya adalah Huawei Nova 2i, yang menyediakan empat buah sensor kamera di bagian depan dan belakangnya. Penasaran? Mari simak review Huawei Nova 2i di bawah ini.

Desain
Huawei Nova 2i memiliki layar besar bak phablet yaitu 5,9 inci. Saat diluncurkan di Indonesia, Huawei mengatakan, dengan layar yang lebih besar, pengguna akan lebih fleksibel saat menggunakan fitur multitasking. Semakin besar layar, maka saat menggunakan dua aplikasi sekaligus menjadi lebih nyaman.

Menariknya, selain mengusung empat buah kamera, Huawei juga menggunakan bezel-less, dimana menjadi tren lain di industri smartphone tahun ini. Banyak produk smartphone flagship yang memasang layar bezel tipis seperti iPhone X, Samsung Galaxy Note 8, LG Q6, dan masih banyak lagi. Jadi, meskipun layar ponsel ini berukuran 5,9 inci, tampilannya dan layarnya seperti smartphone dengan berukuran 5,5 inci.

Memang, bezel dari Huawei Nova 2i tidak setipis bezel, selayaknya Samsung Galaxy S8. Namun, Huawei telah berhasil memotong kerangka pada Nova 2i sehingga ia tidak terlihat terlalu besar meski dengan layar yang hampir 6 inci.

Untuk meminimalkan bezel, Huawei tidak lagi memasangkan tombol Home fisik pada Nova 2i. Sebagai gantinya, Anda akan menemukan tombol virtual di bagian bawah layar. Sedangkan sensor sidik jari Anda akan temukan di bagian belakang, di bawah kamera dual yang terpasang secara vertikal. Tombol volume dan power akan ditemukan di sebelah kanan. Port charger, yang masih merupakan port USB Tipe-A ada di bagian bawah, diapit oleh speaker dan port audio.

Kinerja & Baterai
Huawei merupakan salah satu vendor smartphone yang membuat prosesor sendiri. Pada Nova 2i, Huawei juga menyematkan prosesor buatan sendiri, yakni Kirin 659. Prosesor ini memiliki 8 core yang terdiri dari 4 Cortex-A53 dengan kecepatan 2.36GHz dan 4 Cortex-A53 dengan kecepatan 1.7GHz.

Dikombinasikan dengan RAM 4GB, Huawei Nova 2i lebih dari cukup untuk melakukan tugas sehari-hari seperti berselancar di internet dan membuka media sosial. Perangkat tersebut juga cukup bagus untuk bisa bermain game berat seperti Asphalt 8: Airborne. Untuk masalah baterai, Huawei Nova 2i juga bisa bertahan cukup lama. Menurut hasil pengujian dengan PCMark, Nova 2i bisa bertahan lebih dari 8 jam berkat daya 3340 mAh yang diusungnya. Saat digunakan pun, ponsel ini diklaim bisa bertahan bila digunakan sepanjang hari dengan pemakaian normal.

Artikel menarik:  Review Himax Xplay: Ponsel Dual Kamera Murah

Konektivitas dan Audio
Huawei Nova 2i memiliki konektivitas seluler 4G LTE seperti kebanyakan smartphone saat ini. Bahkan, perangkat tersebut telah mendukung semua band LTE yang digunakan oleh seluruh operator seluler Indonesia sehingga konsumen tidak perlu khawatir pairing Nova 2i dengan simcard apa saja. Selain 4G LTE, Nova 2i juga didukung dengan konektivitas Bluetooth 4.2. Untuk konektivitas Wi-fi, Nova 2i tetap tidak mendukung dual-band WiFi, hanya WiFi 2,4 GHz dengan standar 802.11 b/g/n saja. Tidak ada fitur NFC di dalamnya.

Dari segi audio, salah satu fitur yang disorot dari Huawei Nova 2i adalah kemampuan konsumen untuk menentukan equalizer dan sound stage yang diinginkan. Sederhananya, saat mendengarkan musik, konsumen bisa menentukan apakah musik akan terdengar seperti dimainkan di studio atau panggung terbuka, apakah tepat di depan konsumen atau jauh di depan konsumen. Pilihannya cukup menentukan karakter suara yang dihasilkan, meski tidak signifikan.

Namun, fitur ini hanya aktif saat konsumen menggunakan earphone. Jika tidak, maka fitur tersebut tidak akan aktif. Disarankan agar konsumen menggunakan earphone sendiri yang terasa nyaman baik jenis earbud maupun di ear monitor.

Kamera
Faktor inilah yang paling disorot dari Huawei Nova 2i. Huawei mengenalkan Nova 2i sebagai smartphone dengan empat kamera dimana kamera utama dilengkapi dengan sensor 16 MP + 2 MP, sedangkan kamera selfie menggunakan sensor 13 MP + 2 MP. Adapun fungsi sensor 2 MP di kedua kamera, menurut Huawei, adalah untuk mengatur kedalaman atau depth of field dari gambar yang diambil. Singkatnya, konsumen bisa berfoto dimana objek di depan terlihat tajam dan objek di bagian belakang terlihat kabur atau bokeh. Sementara itu, fitur tambahan Beautification dalam kamera Huawei Nova 2i membuat kulit menjadi lebih mulus.

Kelebihan Huawei Nova 2i:
– Kemampuan kamera mumpuni
– Bodi kokoh, ergonomis
– Performa memuaskan
– Layar besar bak phablet
– Baterai awet
– Display kekinian dengan bezel tipis

Kekurangan Huawei Nova 2i:
– Baterai Non-removable
– Tidak mendukung NFC

Harga Huawei Nova 2i
Cek harga terbaik Huawei Nova 2i disini.