Review DJI Mavic Pro: Terbang Sejauh 7 km!

Di tahun 2017 ini, banyak orang yang mengasumsikan jika GoPro Karma menjadi drone tercanggih yang pernah dibuat sebelumnya. Namun sepertinya asumsi tersebut segera dipatahkan oleh perusahaan DJI, karena dalam waktu kurang dari seminggu setelah diumumkannya Go Pro Karma, raksasa drone dari China mengeluarkan produk drone canggih mereka yaitu Mavic Pro. Untuk lebih jelasnya, mari simak Review DJI Mavic Pro di bawah ini.

DJI Mavic Pro menjadi drone DJI terkecil sampai saat ini yang memiliki kemampuan untuk bisa menghasilkan video dengan kualitas 4K. Drone ini muncul 5 bulan setelah pendahulunya yaitu DJI Phantom 4. Mavic Pro juga menjadi drone terlaris yang pernah ada, bahkan mengalahkan pangsa pasar dari GoPro Karma. Padahal harga drone ini bisa dibilang cukup tinggi.

Basic
Saat membeli DJI Mavic Pro, Anda akan menemukan dua pilihan yaitu model standar dan yang kedua ialah Mode Combo Bundle. Apabila Anda membeli Mode Combo Bundle, maka Anda akan mendapatkan 2 ekstra baterai dan 2 set props, selain dari bagian utamanya seperti drone dan remote kontrol. Di dalamnya box Combo Bundle, Anda juga akan menemukan Car charger, sebuah adapter untuk mengisi daya serta battery charging hub.

Berat total dari sebuah perangkat DJI Mavic Pro ialah 1.055 gram. Berat ini termasuk berat remote kontrol yakni 316 gram dan drone dengan props terpasang seberat 739 gram. Dari segi beratnya saja, kita sudah tahu jika drone dari DJI ini ialah drone terkecil yang pernah ada, bahkan jauh jika dibandingkan dengan GoPro Karma dan Airdog.

Setelah mengetahui berat dari DJI Mavic Pro, mari kita melihat daya tarik utama dari drone ini yaitu saat sebelum melakukan penerbangan. Bisa dikatakan jika kemampuan untuk melipat keamanan arm nya menjadi titik jual yang mengagumkan. Tentunya setelah melakukan penerbangan, Anda harus membuka keempat arm pada DJI Mavic Pro ini bukan? Oleh karena itu, Anda bisa membuka bagian depannya terlebih dahulu, lalu dilanjutkan ke bagian belakangnya.

Kemudian, Anda juga perlu melepaskan gimbal cover dan gimbal clamp. Kedua benda ini memiliki fungsi masing-masing untuk melindungi gesekan yang terjadi antar kamera dan bagian dalam tas dan menjaga gimbal dari goncangan. Lebih hebatnya lagi, Anda tidak perlu membuka lipatan props karena DJI Mavic Pro akan melakukannya sendiri. Jadi Anda hanya perlu meletakkannya di atas permukaan yang bukan terbuat dari logam lalu nyalakan. Pastikan tidak ada benda-benda yang mengganggu putarannya.

Artikel menarik:  Review Xiaomi Mi 5X: Mi 6 Versi Murah

Remote Control
Untuk menyalakan drone, Anda perlu menekan tombol power secara berulang kali dan menahannya selama beberapa detik. Anda juga perlu melakukan hal yang sama untuk menyalakan remote kontrol. Remote kontrol sendiri dilengkapi dengan kabel penghubung yang berbeda-beda, misalnya lighting untuk Apple, USB-C untuk smartphone keluaran terbaru, dan micro USB untuk smartphone keluaran lama.

Setelah remote kontrolnya terhubung, Anda bisa menggunakan aplikasi DJI GO untuk mengontrol semuanya. Namun perlu diketahui, Anda tetap bisa menerbangkan drone bahkan tanpa smartphone walaupun ada beberapa hal yang mengganggu contohnya tidak bisa memfokuskan gambar objek yang ingin Anda ambil fotonya. Oleh karena itu, 99% pilot DJI Mavic Pro, mereka lebih memilih menggunakan smartphone supaya bisa mengontrol drone dengan mengandalkan aplikasi DJI GO.

Untuk memulai rekaman, Anda bisa menggunakan ikon rekam yang ada pada aplikasi maupun menggunakan tombol rekam pada remote kontrol. Selain itu, ada pula tombol rana atau shutter yang berguna mengambil gambar. Ada pula Gimbal Slider yang membuat Anda tuk bisa memiringkan kamera ke atas atau ke bawah.

Kelebihan DJI Mavic Pro:
· Terdapat 10 pilihan mode penerbangan
· Mampu terbang dengan akurat dengan ketinggian rendah
· Dapat disimpan tanpa melepas props
· Bisa menggunakan ponsel sebagai remote kontrol
· Landing gear dapat dilipat
· Daya tahan baterai lebih lama, sekiar 27 menit
· Kecepatan terbang 64 km/jam
· Jarak terbang maksimal 13.000 meter
· Dapat digunakan dalam ruangan
· Bisa live streaming Youtube dan Facebook Live

Kekurangan DJI Mavic Pro:
· Bisa lepas landas dari permukaan yang tidak jelas, misalnya pasir dan air
· Tidak bisa lepas landas di atas permukaan logam karena akan mengacaukan kompas

Harga DJI Mavic Pro
Cek harga terbaik DJI Mavic Pro disini.