Review BOLT 4G LTE : Beneran Bagus & Kencang?

Sebagai pengusung teknologi ‘anyar’ 4G LTE di Indonesia, BOLT menjanjikan komunikasi data yang luar biasa hebat khususnya bagi para pengguna mobile yang bosan dengan kecepatan yang rendah. Meski baru di tanah air, teknologi 4G sejatinya sudah ada di beberapa negara maju sejak beberapa tahun lalu.

Review BOLT 4G LTE

Coverage Area
Sayangnya, saat ini Bolt hanya bisa digunakan di area yang sangat sempit, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi (jabodetabek). Pada area tersebut pun, tak semua tercover oleh sinyal 4G LTE. Beberapa wilayah masih dalam tahap pengembangan hingga tulisan ini dibuat.

Kecepatan?
Meski menampilkan kecepatan hingga 100mbps, faktanya kecepatan yang diberikan BOLT jauh lebih rendah. Kecepatan maksimum sangat bergantung dari kekuatan sinyal dan tarffic jaringan pada saat akses berlangsung. Terakhir, BOLT memberikan pernyataan dengan menjanjikan kecepatan akses yang stabil di 20-30 mbps.

Harga
Salah satu hal yang cukup menarik dari BOLT adalah harga akses yang lumayan murah jika dibandingkan dengan mobile broadband kelas 3.5G atau yang berada di bawahnya. Lupakan wimax yang mahal! Untuk kuota sebesar 8GB, harga perdana yang dipatok sekitar Rp. 65ribu.

Sementara itu, untuk akses 3G, kuota sekitar 8GB akan berharga diatas 100ribu (bahkan bisa jauh lebih itu). Dengan kombinasi harga dan kecepatan, Bolt dapat menjadi salah satu pertimbangan yang cukup layak untuk memenuhi kebutuhan akses internet Anda.

Artikel menarik:  Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Access versi Terbaru

Perangkat
Saat ini, BOLT menjual beberapa jenis modem dan router yang bisa digunakan untuk mengakses jaringannya. Yang paling banyak bermerek ZTE yang dijual bundling dengan paket datanya.

Berikut beberapa perangkat yang bisa Anda miliki :
1. ZTE Mf90 Modem Bolt Unlock + Internet 9GB = harga sekitar Rp. 450.000,-
2. Bolt Modem Mifi ZTE MF90 Unlock All GSM = harga sekitar Rp. 380.000,-
3. ZTE Modem Bolt MF825A Unlock + Internet 9GB = harga sekitar Rp. 300.000,-

Untuk melihat list modem dan membelinya secara online, silahkan menuju kesini.

Kesimpulan
Tak ada gading yang tak retak. Bolt sebagai pengusung 4G pun memiliki segudang kekurangan. Namun demikian, kita harus menghargai usaha mereka yang terus memperbaiki kualitas layanannya ke level yang lebih tinggi.

BOLT layak dipertimbangkan jika Anda berada di coverage area dan membutuhkan akses internet alternatif.

Semoga bermanfaat!