Review

Review BlackBerry KEYone: Layar Lebar Dengan QWERTY Utuh

Setelah resmi diumumkan pada awal tahun ini, lebih tepatnya pada ajang MWC 2017 yang digelar di Barcelona, akhirnya BlackBerry KEYone menyambangi pasar Indonesia. Penjualan dengan sistem Pre Order pun dibuka di beberapa situs resmi e-commerce di Tanah Air, salah satunya adalah Lazada. Bagi Sobat Gaptex yang penasaran dengan smartphone dengan layar lebar, namun memiliki tombol Qwerty utuh, mari simak review BlackBerry KEYone di bawah ini.

Keyboard
BlackBerry KEYone menjadi populer berkat keyboard fisiknya, dimana saat ini hampir semua smartphone didominasi oleh iPhone dan Android touchscreen. Bisa dikatakan BlackBerry KEYone ialah kebalikan dari semua tren layar seperti Samsung Galaxy S8 dan LG G6 atau smartphone flagship lainnya.

Keyboard fisik pada BlackBerry KEYone merupakan perubahan yang disambut baik oleh masyarakat dunia yang mungkin sudah bosan dengan layar touchscreen. Ada tombol bergaya 35-chiclet, dan masing-masing memiliki latar belakang yang tepat dengan keyboard di layar.

Namun mungkin perlu beberapa jam mengetik untuk belajar kembali bagaimana menggunakannya. Awalnya, bisa saja bermasalah, misalnya huruf B berbagi kunci dengan tanda “!”.

Ada beberapa twist untuk membuat pengoperasiannya lebih mudah. Keyboard ini memiliki 52 cara pintas yang dapat disesuaikan. Misalnya Anda menahan tombol ‘I’ saat berada di layar awal dan secepat kilat akan langsung masuk Instagram.

BlackBerry KEYone juga memiliki saran tiga kata di bagian bawah touchscreen sebagai bagian dari mesin prediksi kata berikutnya. Fitur ini pintar, tapi tidak memiliki prediksi tanda baca atau prediksi emoji seperti iOS 10. Itu terlalu asyik buat BlackBerry. Anda bisa memilih kata yang disarankan tanpa pernah mengangkat ibu jari dari keyboard. Seluruh keyboard juga berfungsi sebagai trackpad, sehingga Anda dapat menggulir menu dan halaman web saat Anda memberi sedikit arahan pada tombolnya. Jadi, Anda lagi tidak perlu meletakkan jari Anda di layar.

Desain
Kombinasi layar dan keyboard BlackBerry KEYone didesain dalam bingkai aluminium anodized perak dan didukung oleh casing belakang bertekstur lembut dan lembut. Tampilan dua gaya yang stylish ini memiliki karakter yang nyata, sedangkan warna Edisi Hitam yang lebih gelap terlihat sangat premium. Meskipun casing belakangnya tidak benar-benar berbahan kulit, tapi BlackBerry KeyOne memberi kesan itu.

Artikel menarik:  Review JBL Flip 4: Bluetooth Speaker Mutakhir!

Hal yang paling cerdas tentang desain BlackBerry baru ini adalah perangkat menyembunyikan sensor sidik jari di dalam ruang kecil di bagian bawah telepon. Bisa dikatakan hal ini adalah bentuk aneh dari pemindai biometrik. Kabar baiknya adalah bahwa sensor sidik jari tersebut mampu bekerja sangat baik dengan tingkat kegagalan mendekati 0% (dengan asumsi jari Anda tidak basah).

Layar Full HD berukuran 4,5 inci pada BlackBerry KEYone, dengan sepertiga dari smartphone diambil oleh bagian non-layar seperti keyboard, tombol kapasitif dan kamera depan.

Meskipun begitu, layarnya yang terang dan penuh warna akan memberi Anda ruang yang lebih bermanfaat berkat scrollboard keyboard dan trackpad. Sayangnya, tidak semua aplikasi dapat menyesuaikan resolusi 1.620 x 1.080.

Spesifikasi lainnya
Dari segi dapur pacu, tampaknya BlackBerry KEYone dibekali dengan spesifikasi kelas menengah dengan prosesor Qualcomm 8953 Snapdragon 625 dengan Octa Core 2.0 GHz 64 Bit. Kinerja chipset tersebut dibantu oleh RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Selain itu, terdapat pula setup kamera rear facing 12 MP dan 8 MP yang dilengkapi fitur Dual Tone LED Flash, 4K video recording 30 fps, dan HDR.

Kelebihan BlackBerry KEYone:
· Tersedia keyboard fisik Qwerty
· Layar ideal 4.5 inch IPS LCD Full HD
· Support jaringan koneksi internet 4G LTE
· Desain menarik dan unik
· Didukung sensor fingerprint scanner untuk menjamin keamanan
· OS Android Nougat
· Tersedia slot micro SD
· Kinerja chipset tangguh

Kekurangan BlackBerry KEYone:
· Harga cukup tinggi
· Baterai Non removable

Harga BlackBerry KEYone
Cek harga terbaik BlackBerry KEYone disini.