Review

Review Asus ZenFone 4 Selfie: Bukan Ponsel Selfie Biasa!

Aktivitas selfie memang menjadi trend yang masih digandrungi oleh masyarakat Indonesia saat ini. Jadi tidak heran jika berbagai produsen smartphone berlomba-lomba untuk menghadirkan smartphone khusus selfie, termasuk ASUS yang secara khusus meluncurkan ZenFone 4 Selfie untuk memanjakan konsumen dalam hal memotret dengan memakai kamera depan. Langsung saja, mari simak review Asus ZenFone 4 Selfie di bawah ini.

Setelah meluncurkan Asus ZenFone 4 Max Pro pada September 2017 lalu, pabrikan asal Taiwan ini melengkapi jajaran ZenFone 4-nya dengan menghadirkan dua model lagi yakni Asus ZenFone 4 Selfie dan versi Pro.

Dengan kemampuan selfie yang tak biasa, ASUS melengkapi ZenFone 4 Selfie dengan kamera depan ganda beresolusi 20MP dan 8MP. Bukan hanya soal kamera, perangkat ini juga menghadirkan sejumlah fitur canggih lainnya. Lalu bagaimana perihal kinerjanya? Mari kita cari tahu di bawah ini.

Desain
Sebagai salah satu perangkat yang menargetkan konsumen kelas menengah, ASUS membungkus bodi ZenFone 4 Selfie dengan bahan alumunium. Selain itu, perusahaan juga menghadirkan kesan elegan pada perangkat, pembungkus bahan ini mampu menghadirkan kenyamanan pada penggunanya saat memegang ponsel, karena bobot bodi yang cukup ringan dan bertekstur mengurangi kesan licin dan kekhawatiran terjatuh saat digenggam.

Layar seluas 5,5 inci pada ASUS ZenFone 4 Selfie juga mendukung kenyamanan saat menggunakan ponsel, karena tidak hanya mampu menyajikan tampilan gambar yang cukup tajam dan detil, namun ia juga menghadirkan kenyamanan yang cukup saat menggunakan perangkat dengan satu tangan karena ukurannya yang pas.

Sementara di bagian atas layar perangkat, Anda bisa menemukan kamera depan ganda yang mendukung ponsel ini, berdampingan dengan speaker untuk fungsi telepon dan lampu kilat LED khusus. Sementara di bagian bawah layar, ada tombol menu utama, dengan tombol Home yang juga berfungsi terintegrasi pemindai sidik jari.

Untuk bagian belakang, Anda bisa menemukan garis antena di bagian atas dan bawah, serta logo ASUS yang disematkan di bawah kamera belakang, dimana juga disertai dengan lampu kilat LED. Sementara di sisi kanan, disematkan tombol volume dan power.

Yang menarik, posisi jack audio menjadi perbedaan dari ASUS ZenFone 4 Selfie dan saudaranya, ZenFone 4 Selfie Pro, yang mengusung desain serupa. Untuk ZenFone 4 Selfie, ASUS menyematkan jack audio 3.5mm di sisi atas perangkat, sementara ZenFone 4 Selfie Pro terletak di bagian bawah perangkat.

Baik ZenFone 4 Selfie maupun versi Pro-nya, dilengkapi dengan port microUSB untuk mengisi dan mentransfer file via kabel, serta speaker dan mikrofon yang berbentuk seperti lubang di kanan dan kiri port, tertanam di sisi bawah ponsel pintar ini. Sementara itu, slot kartu SIM nano dan microSD bisa ditemukan di sisi kiri perangkat.

Perangkat Lunak dan Antarmuka
Dengan menggunakan sistem operasi Android 7.1 Nougat, ASUS masih melengkapi ZenFone 4 Selfie dengan sentuhan khasnya melalui ZenUI. Penggunaan ZenUI juga membawa kesan yang tidak asing lagi jika Anda pernah menggunakan produk ASUS lainnya sebelum ZenFone 4 Selfie, meski dengan fitur baru. Salah satu fitur baru adalah Page Marker di browser, yang memungkinkan Anda menandai halaman situs yang menarik agar mudah diakses ulang di masa depan.

Artikel menarik:  Review Fujifilm X-A3: Retro Styling dengan Fitur Mumpuni

Untuk menggunakannya, Anda perlu menghubungkan browser dengan akun Google Drive Anda. Karena fitur ini akan menyimpan halaman-halaman situs yang Anda tandai di Google Drive, sehingga bisa diakses melalui sejumlah perangkat lain yang juga terhubung dengan layanan cloud dari Google. Page Marker hadir dalam bentuk menu melayang semi transparan di halaman browser, yang bisa dipindahkan atau dilepas dan disematkan pada bilah atas layar.

Kemudian, juga didukung oleh fitur multi-windows, yang mana mampu menghadirkan pengalaman multitasking yang menyenangkan, berkat tidak adanya lag saat memanfaatkan fitur ini untuk membuka aplikasi secara bersamaan dan bergerak dengan menggunakan aplikasi ini.

Kamera dan video
Serupa dengan namanya, ASUS ZenFone 4 Selfie memiliki kemampuan kamera depan dengan dukungan resolusi 24 MP lensa aperture f/2.0 dan lensa sekunder 5MP dengan sudut pandang 120 derajat. Kemudian, demi mendukung hasrat konsumen untuk berfoto bersama rekan menggunakan kamera depan, ASUS juga melengkapi mode ZenFone 4 Selfie dengan Wide Angle, yang memungkinkan kamera untuk mencakup ruang yang lebih luas bila dibandingkan dengan mode selfie standar.

ASUS juga melengkapi fitur Beautification pada kamera depan ponsel ini yang tergolong agresif, sehingga membuat wajah Anda terlihat sangat halus pada foto yang diambil. Menariknya, fitur ini hadir dalam aplikasi ASUS terpisah, bernama Selfie Master, memungkinkan Anda menikmati fitur ini tidak hanya di foto, begitu juga di video, baik di perangkat, maupun fungsionalitas kamera di media sosial.

Dalam mode Wide Angle, mungkin Anda akan menemukan sedikit distorsi yang menyebabkan garis difoto di background gambar tampak tidak lurus dan cembung. Namun, ZenFone 4 Selfie bukan hanya tentang kamera depan, karena ASUS juga melengkapi perangkat dengan kamera belakang 16MP, yang juga mampu menghasilkan gambar baik dalam kondisi cahaya minim.

Kelebihan Asus ZenFone 4 Selfie:
– Performa tangguh berkat Qualcomm Snapdragon 430
– Kualitas grafis terjamin oleh GPU Adreno 505
– RAM 4 GB membuat multasking tanpa lagging
– Kapasitas baterai cukup tahan lama
– Dilengkapi fitur fingerprint scanner dan fast charging
– Pengalaman selfie yang menyenangkan berkat dual kamera
– Bodi tipis, namun tetap nyaman digenggam

Kekurangan Asus ZenFone 4 Selfie:
– Hasil foto sedikit terganggu noise pada mode wide angle

Harga Asus ZenFone 4 Selfie
Cek harga terbaik Asus ZenFone 4 Selfie disini.