Review

Review Asus ZenBook 3: Desain Tipis nan Elegan

Siapa yang tidak menginginkan komputer yang lebih portabel yang cukup ampuh untuk menangani sebagian besar tugas komputasi sehari-hari? Sebagai Ultrabook yang terus berkembang menjadi lebih tipis dan tangguh, tentunya Sobat akan melihat ZenBook dari Asus menjadi laptop yang lebih menarik. Desainnya tipis nan elegan bak Apple untuk MacBook-nya, atau Dell dengan Dell XPS 13. Ingin tahu laptop mumpuni dari vendor asal Taiwan tersebut? Mari simak review Asus ZenBook 3 di bawah ini.

Setelah meluncurkan ZenBook Flip S, Notebook 2in1 Tertipis di Dunia, pastinya kita tahu bila Asus menyiapkan laptop lainnya yang tak kalah menariknya. Ialah Asus ZenBook 3 yang memiliki desain serupa dengan ketipisan luar biasa yang sangat mewah.

Desain dan Penampilan
Dalam hal ini, Asus ZenBook 3 sangat mirip dengan MacBook Apple. Bentuknya sangat tipis, memiliki balutan logam penuh, dan di sisi kanan bingkai terdapat satu port USB-C. Port yang sama digunakan untuk pengisian daya, menghubungkan aksesori eksternal dan hal lainnya yang memerlukan port. Di sisi kiri terdapat jack audio 3,5 mm combo.

Di sudut kanan atas touchpad adalah di mana Anda akan menemukan sensor sidik jari untuk masuk ke ZenBook 3 menggunakan Windows Hello. Penempatannya cukup unik dan bisa menghalangi jalan saat Anda menyeret jari untuk melintasi pad. Meskipun tidak memiliki dampak langsung pada fungsionalitas touchpad, namun hal itu juga membuat permukaan yang tidak mulus dan hanya terasa tidak pada tempatnya.

Dengan tipis hanya 11.7mm, Anda sama sekali tidak merasakan jika sedang membawa ZenBook 3 . Melihat ukurannya, dan mempertimbangkan balutan logamnya, mungkin Anda mengharapkannya memiliki bobot yang cukup berat. Namun ketika Anda mengambilnya, dan menyadari bahwa, hanya dengan 2 pound, laptop ini adalah salah satu laptop paling ringan di luar sana.

Dongle
Dengan port USB-C soliter di ZenBook 3, melakukan sesuatu seperti menyinkronkan foto dan mengisi daya perangkat pada saat bersamaan tidak memungkinkan tanpa hub USB-C. Asus menawarkan serangkaian aksesoris yang memungkinkan Anda mengisi dan menghubungkan beberapa perangkat ke komputer secara bersamaan. Tapi, itu menjadi satu hal lagi yang harus Anda beli dan dibawa kemana-mana.

Kinerja Laptop
Bisa dikatakan kinerja ASUS Zenbook 3 mampu mengalahkan saingannya. Tidak percaya? Mari kita lihat saja spesifikasi jeroannya. Perlu kalian ketahui bahwa ASUS Zenbook 3 diluncurkan dalam 3 varian yakni dua versi Core i5 dan satu versi Core i7. Pada model Core i5 adalah satu-satunya perbedaan dalam penyimpanan. Ia memiliki penyimpanan SSD 256 GB, dan SSD 512 GB. Kemudian pada kapasitas RAM, dua varian ASUS Zenbook 3 Core i5 ini sama-sama memiliki kapasitas RAM 4GB tipe LPDDR3 yang memiliki kecepatan 1866 MHz.

Artikel menarik:  Review Nokia 3: Budget Smartphone dengan Kualitas Premium

Sedangkan pada ASUS Zenbook 3 Core i7 memiliki storage SSD 1TB dan memiliki kapasitas RAM sebesar 16GB dari tipe yang sama dengan LPDDR3 yang memiliki kecepatan 2133 MHz. Keunikan ketiga varian ASUS Zenbook 3 itu adalah mengandalkan penyimpanan SSD yang terbilang sangat cepat saat melakukan pekerjaan.

Contohnya untuk urusan booting, pencarian file lebih cepat, transfer cepat dan aplikasi yang berjalan cepat. Selain multitasking yang lebih baik, tahan lama baterai, lebih dingin dan ringan, dan masih banyak lagi kelebihan SSD ini. Jadi bagaimana? Apakah Anda ingin membeli ASUS Zenbook 3? Jika iya, mari kita lihat dulu kelebihan dan kekurangannya.

Spesifikasi Asus ZenBook 3:
– Dimensi 296 x 191.2 x 11.9 mm
– Warna rose gold, quarzt gray, dan royal blue
– Bobot 910 gram
– Ukuran layar 12.5 inch Full HD
– Tipe layar IPS LCD dengan LED backlight
– OS Windows 10 Home x64
– Chipset Intel Core i5 6200U
– RAM 4 GB LODDR3
– Storage SSD 256 GB dan 512 GB
– Speaker Asus SonicMaster Technology dan Quad Stereo Harman Kardon
– VGA Web Camera
– Konektivitas WiFi dan Bluetooth
– Baterai 6 cells 40 Whrs

Kelebihan Asus ZenBook 3:
– Desain premium khas Asus
– Berat sangat ringan dan body slim
– Layar super jernih dengan perlindungan Gorilla Glass 4
– Intel HD Graphic 520 untuk urusan grafis
– Performa lebih bertenaga dibanding pesaingnya
– Kualitas audio bening dan memanjakan telinga
– Adanya fitur Quick Charge 3 untuk pengisian daya lebih cepat
– Terdapat fitur fingerprint scanner

Kekurangan Asus ZenBook 3:
– Hanya terdapat 1 port USB
– Harga cukup tinggi

Harga Asus ZenBook 3
Cek harga terbaik Asus ZenBook 3 disini.