Resmi Meluncur, Nokia 2 Usung Baterai Jumbo Harga 1 Jutaan

Setelah banyak rumor beredar, akhirnya HMD Global selaku perusahaan yang mengakuisisi brand Nokia secara resmi meluncurkan smartphone Android termurah besutannya yang diberi nama Nokia 2. Dengan hadirnya smartphone low budget ini membuat Nokia berhasil menyasar semua segmen pasar. Bahkan lebih hebatnya lagi, meskipun Nokia 2 dibanderol dengan harga murah, namun spesifikasi yang diusungnya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Sebelum acara peluncuran Nokia 2, HMD Global telah membawa Nokia 3, 5, dan 6 mendarat di Indonesia pada bulan September lalu. Sekarang Nokia 2 yang duduk di bawah Nokia 3 dalam jajaran ponsel Android besutan Nokia ini menjadi ponsel kategori entry level.

Harganya pun terbilang cukup bersahabat untuk ukuran smartphone Android yang memiliki spesifikasi cukup mumpuni, yaitu 99 euro atau sekitar Rp 1,5 jutaan. Harga ini berarti hanya selisih ratusan ribu dengan Nokia 3 yang dibanderol seharga 149 euro. Salah satu keunggulan utama dari smartphone Nokia 2 ialah baterai berkapasitas 4.100 mAh yang tertanam pada bodi Nokia 2.

Kapasitas baterai yang tergolong ‘jumbo’ untuk ukuran smartphone entry level tersebut memang menjadi nilai jual utama dari Nokia 2. HMD turut mengklaim jika dengan kapasitas baterai ini bisa bertahan sampai 2 hari saat smartphone dalam kebutuhan normal. Bukan hanya baterai saja, Nokia 2 dibekali dengan spesifikasi kamera yang cukup bagus untuk ponsel Android murah.

Di bagian belakangnya, tersemat kamera beresolusi 8 MP dan di depannya tersedia 5 MP untuk aktivitas selfie. Jika Anda ingin menjelajah dunia internet, jaringan 4G LTE sudah mampu berjalan di Nokia 2. Sama seperti Nokia 3, Nokia 2 mengusung layar seluas 5 inch dengan resolusi HD 720 pixel yang dilindungi oleh kaca anti gores Corning Gorilla Glass.

Artikel menarik:  Oppo F5 Rilis, Miliki 3 Varian Harga Mulai Rp 3,9 juta

Tapi bedanya dengan Nokia 3, Nokia 2 menggunakan tombol navigasi di layar sedangkan Nokia 3 memiliki tombol kapasitif. Oleh karena itu, wajar jika smartphone tersebut masuk ke dalam perangkat entry-level dan bodinya tidak terbuat dari bahan metal.

Beralih ke segi dapur pacu, Nokia 2 telah dipersenjatai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 212 yang dipadukan dengan prosesor Quad Core 1.2 GHz Cortex A7 dan GPU Adreno 304. Selain itu, dari segi memori penyimpanan, Nokia 2 mempunyai kapasitas RAM 1 GB dan penyimpanan eksternal 8 GB yang masih dapat diekspansi menggunakan microSD. Untuk sistem operasi yang dijalankan ialah Android 7.1 Nougat yang akan mendapat bagian update Android Oreo.

Sobat Gaptex juga pasti tidak akan menyangka jika Nokia 2 menjadi perangkat smartphone entry level pertama yang yang menyediakan software asisten digital Google Assistant. Selain itu, disediakan pula ruang penyimpanan khusus yang unlimited untuk video dan foto di Google Photos, untuk mengatasi problem keterbatasan memori internal.

Saat ini, Nokia 2 telah diluncurkan untuk pasar India, sedangkan untuk pasar global diharapkan meluncur di pertengahan November nanti. Perangkat low budget ini tersedia dalam pilihan warna cantik yaitu Pewter Black, Pewter White, dan Copper Black. Sebelum hadirnya Nokia 2, HMD Global sudah lebih dulu memperkenalkan Nokia 7 yang dikhususkan untuk menyasar pasar kelas menengah. Nokia 7 memiliki layar seluas 5,2 inch dan dipersenjatai dengan Snapdragon 630, dua pilihan RAM 4 GB dan 6 GB, serta memori internal 64 GB.