[Reparasi] Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan SpinRite

Jika selama ini hardisk bad sector selalu Anda kirimkan ke tong sampah terdekat karena berpikir tak ada harapan untuk memperbaikinya, maka mulai sekarang Anda boleh meluangkan sedikit waktu untuk coba melakukan reparasi agar hardisk tersebut sehat kembali. Dalam seri reparasi kali ini, kita akan mengupas-tuntas cara untuk memperbaiki hardisk yang terdiagnosa bad sector menggunakan sebuah program tangguh bernama SpinRite. So, cekidot.

cara memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan SpinRite

Bad Sektor
Salah satu penyakit hardisk, baik HD internal maupun HD external yang paling umum terjadi adalah adanya Bad Sector. Hal tersebut cukup menyebalkan karena tak jarang membuat hardisk tak lagi lancar ketika digunakan. Belum lagi masalah data penting yang berada dalam hardisk tersebut yang tidak terbaca. Ujung-ujungnya, selain data tidak terselamatkan, rata-rata pengguna memutuskan untuk mengganti hardisk tersebut dengan yang baru dan melemparnya ke tong sampah.

HD bad sector bisa disebabkan oleh berbagai masalah. Beberapa yang paling sering menjadi biang kerok adalah tatkala HD terbanting, mati lampu mendadak, listrik tidak stabil atau umur pakai yang sudah cukup lama. Apapun itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba melakukan reparasi menggunakan software guna memperbaiki HD Anda + menyelamatkan data penting di dalamnya.

Langkah Kerja
1. Download program SpinRite versi 6 melalui link berikut :

2. Siapkan Flashdisk kosong. Agar lancar, sebaiknya proses reparasi dilakukan di PC dan bukan laptop. HD yang ingin diperbaiki sebaiknya sudah tersemat dalam PC tersebut.
3. Install SpinRite yang sudah didownload dan jalankan program tersebut seperti gambar dibawah :

Reparasi Hardisk Bad Sector Dengan SpinRite

4. Pilih menu “Install SpinRite on Drive” kemudian tahan tombol huruf di keyboard yang sesuai dengan drive flashdisk yang sudah dicolokkan. Selanjutnya klik Install Bootable SpinRite. Jika sudah selesai, klik close.
5. Masuk ke BIOS dengan melakukan restart dan pencet tombol ‘del’. Pada menu booting device, pilihlah Flashdisk yang sudah berisi SpinRite sebagai priority pertama. Hal ini bertujuan agar booting PC mengarah kepada Flashdisk dan bukan Hardisk. Jika sudah pilih save dan restart.
6. Jika proses no (4) dan setting no (5) diatas sudah benar, Anda akan melihat tampilan program SpinRite seperti gambar berikut ketika PC dihidupkan:

Reparasi Hardisk Bad Sector Dengan SpinRite 1

7. Silahkan pilih metode perbaikan hardisk yang Anda inginkan. Dari 5 pilihan yang ditawarkan, pada umunya pilihan no 2 dan 4 adalah yang terbaik. Pastikan drive hardisk yang ingin direparasi sudah Anda pilih dengan tepat.

Reparasi Hardisk Bad Sector Dengan SpinRite 3
8. Proses reparasi berlangsung cukup lama tergantung kondisi hardisk. Pada umumnya, waktu yang dibutuhkan bisa berjam-jam bahkan 1 harian. Jadi ada baiknya Anda melakukan perbaikan hardisk pada waktu yang sudah direncanakan sebelumnya.

Reparasi Hardisk Bad Sector Dengan SpinRite 5
9. Jika sudah selesai, silahkan copot flashdisk dan setting booting pada BIOS kepada settingan awal kembali.

Kesimpulan
Diantara berbagai software sejenis, SpinRite memiliki tingkat keberhasilan yang paling baik. Hanya saja perlu diingat bahwa tidak semua bad sector bisa diperbaiki. Jika bad sector sudah mencapai tingkat yang parah dengan kerusakan hardware yang permanen, maka software apapun tidak akan pernah bisa memperbaikinya.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part