Razer Phone Rilis, Smartphone Gaming RAM 8 GB!

Selama ini, brand Razer dikenal sebagai produsen hardware kelas atas yang telah mengakuisisi produsen smartphone Nexbit Robin di awal tahun 2017. Dengan bukti akuisisi tersebut beredar rumor bahwa Razer akan merilis smartphone besutannya sendiri. Benar saja karena baru-baru ini perusahaan asal Amerika telah menggelar sebuah acara di London untuk memperkenalkan smartphone pertama miliknya bertajuk Razer Phone.

Perangkat ini dibuat khusus untuk keperluan gaming, meskipun Razer sendiri tidak menyebutkan secara detail fitur gaming apa yang tersemat dalam Razer Phone sehingga perangkat ini bisa disebut sebagai gaming. Namun yang pasti, smartphone premium besutan Razer tersebut telah membekali kapasitas RAM jumbo yaitu sebesar 8 GB, sama seperti OnePlus 5. Perlu Sobat ketahui, smartphone dengan RAM 8 GB saat ini sangat jarang ditemui karena kebanyakan brand smartphone masih setia mengusung RAM 3 GB hingga RAM 6 GB.

Desain & Penampilan
Razer Phone terlihat begitu berkelas karena bahan yang digunakan pada bodinya adalah aluminium anodized dengan ketebalan 8 mm dan bobotnya sebesar 197 gram. Karena bagian frame perangkat ini rata, Razer Phone dapat berdiri dalam mode potrait atau landscape. Selain itu, menurut Eric Lin selaku Product Manager Razer, Anda tidak akan melihat layar yang jaggies atau tearing.

Termasuk brand hardware high-end, tentu saja Razer menyematkan spesifikasi papan atas pada smartphone besutan pertamanya. Razer Phone mengusung panel layar IGZO dari Sharp seluas 5,7 inch dengan dukungan resolusi Quad HD 2560 x 1440 pixel.

Layar ini diklaim mempunyai color gamut yang lebar dan sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 3. Razer Phone juga menjadi smartphone pertama yang mengusung layar dengan fresh rate 120 Hz. Vendor Razer menyebutnya sebagai Ultramotion Display yang menyerupai NVIDIA G-SYNC.

Hardware
Berbicara masalah dapur pacu, Razer Phone hampir sama dengan kebanyakan smartphone flagship lainnya yaitu chipset dari Qualcomm Snapdragon 835 yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori internal 64 GB yang masih dapat diperluas. Kemudian, Razer Phone dilengkapi dengan setup dual kamera yang terdiri dari lensa wide angle beresolusi 12 MP f/1.75 dan lensa telephoto 12 MP f/2.6 yang memberikan 2 x optical zoom. Sementara untuk kamera depannya, telah tersemat sensor 8 MP f/2.2.

Artikel menarik:  Spesifikasi Samsung Galaxy S9 Plus Muncul di Geekbench

Selain membekali hardware kelas atas, Razer Phone sudah didukung dengan baterai sebesar 4.000 mAh yang cukup besar. Bahkan, untuk mempercepat pengisian daya, sudah tersedia fitur Quick Charge 4.0+ yang berarti Anda bisa mengisi daya dari 0 sampai 85% dalam waktu 1 jam. Perangkat ini juga dilindungi oleh sensor sidik jari untuk memperketat keamanan.

Selain itu, Razer Phone turut menghadirkan pengalaman audio yang menggelegar dan mampu memberikan sensasi gaming yang lebih baik. Anda akan menemukan bagian speaker di bagian depan, yang mana lubang speaker menghiasi bezel bagian bawah dan atas. Tidak ketinggalan juga speaker smartphone ini sudah dilengkapi oleh fitur Dolby Atmos, amplifier dan sudah disertifikasi oleh THX. Kemudian, dari segi sistem operasi, Razer Phone menggunakan Android versi Nougat yang bisa diupgrade ke versi Oreo pada awal tahun 2018.

Razer Phone kabarnya akan mulai tersedia di pasar AS pada tanggal 17 November 2017 mendatang dengan harga sebesar 699 dollar AS atau setara dengan Rp 9,4 juta. Namun sayangnya, belum diketahui apakah perangkat ini akan dijual di Indonesia atau tidak. Kita tunggu saja.