Qualcomm Snapdragon 821 Resmi Diluncurkan

Sejak awal tahun 2016 ketika Qualcomm mengumumkan Snapdragon 820, perkembangan chipset tersebut di industri perangkat mobile demikian pesat. Setidaknya 115 smartphone, PC tablet, dan perangkat lainnya, menggunakan chipset buatan Amerika Serikat tersebut. Keunggulan yang dimilikinya antara lain dalam hal performa multitasking, konsumsi daya, pengolah grafis, dan koneksi internet 4G LTE. Tidak terbatas pada perangkat telekomunikasi, chipset Qualcomm Snapdragon 820 juga diaplikasikan pada sistem navigasi mobil dan teknologi virtual reality (VR).

Qualcomm Snapdragon 821 Resmi Diluncurkan

Inovasi tidak berhenti sampai di situ. Sebab awal pekan ini, Qualcomm secara resmi merilis chipset terbarunya yang diberi label Snapdragon 821. Sebagai penerus chipset pendahulunya, Snapdragon 821 dirancang untuk melengkapi Snapdragon 820. Perbedaan yang mencolok terletak pada kecepatan prosesor dan pengolah grafis. Kecepatan prosesornya 10 persen lebih cepat, yaitu dari 2.1 GHz menjadi 2.4 GHz, dengan Qualcomm Kryo Quad Core CPU.

Selanjutnya jika Snapdragon 820 dipadukan dengan GPU Adreno berkecepatan 624 MHz, maka pada sektor pengolah grafis, Snapdragon 821 dipasangkan dengan GPU Adreno yang berkecepatan 650 MHz. Selain itu, Snapdragon 821 juga didesain untuk memberikan kinerja aplikasi lebih besar dan konsumsi daya lebih hemat. Chipset teranyar ini diperuntukkan bagi smartphone flagship, drone, dan perangkat VR.

Artikel menarik:  GoPro Hero 6 & Drone Karma Masuk ke Indonesia, Harganya?

Sejumlah fitur teknologi yang digunakan tampak mengadopsi Snapdragon 820. Dalam hal koneksi internet 4G LTE, Snapdragon 821 menawarkan kecepatan download mencapai 600 Mbps. Sementara kecepatan upload menggunakan fitur Snapdragon Upload+ dengan akses tiga kali lebih cepat dari smartphone 4G lainnya. Kualitas panggilan suara pun semakin jernih dengan fitur Ultra HD Voice. Hanya saja, belum diketahui perangkat apa saja yang akan menggunakannya.

Hingga saat ini, baru Asus ZenFone 3 Deluxe yang diperkirakan menjadi smartphone tercepat di dunia karena dikabarkan akan menggunakan Snapdragon 821. Kabar lain yang beredar, Nexus Marlin dan Galaxy Note 7 juga akan menggunakannya. Seperti diketahui, Snapdragon 820 sendiri telah digunakan pada Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge, Xiaomi Mi5, LG G5, HTC 10, LeEco LeMax Pro, dan Sony Xperia X Performance.