Berita

Prosesor Terbaru ‘Pinecone’ Buatan Xiaomi Akan Dirilis Bulan Februari 2017

Memang banyak rumor beredar mengenai kehadiran smartphone teranyar dari Xiaomi yakni Xiaomi Mi5c. Bersamaan dengan kabar tersebut, ternyata Xiaomi masih menyimpan rahasia tentang ponsel terbaru mereka karena Mi5c memakai prosesor buatan sendiri yang diberi nama Pinecone. Laporan peluncuran prosesor Pinecone akan dilakukan bersamaan dengan peluncuran Xiaomi Mi5c pada bulan Februari ini.

Prosesor Terbaru ‘Pinecone’ Buatan Xiaomi Akan Dirilis Bulan Februari 2017

Pembuatan prosesor Pinecone dipercaya oleh Xiaomi ke perusahaan Leadcore yang kerja samanya di umumkan pada tahun 2015 silam. Sejak itulah, tersebar isu bahwa Xiaomi juga akan merambah bisnis semikonduktor. Chipset Pinecone sendiri bakal mengusung CPU Cortex A-53 dalam arsitektur delapan inti (Octa-core) atau dapat disebutkan sebagai pesaing Qualcomm Snapdragon 808.

Sebelumnya Xiaomi, perusahaan asal China tersebut selalu bergantung pada prosesor MediaTek dan Qualcomm. Namun apabila melihat eksistensi Xiaomi di pasar yang terus berkembang maka bisa jadi penggunaan prosesor buatan sendiri ini akan berdampak positif pada bisnis semikonduktornya. Bukan hanya itu, ponsel Xiaomi tentunya akan jauh lebih baik antara hardware dan software ponsel yang menjadikan ia sebagai produsen berbeda dibandingkan pabrikan lainnya asal China.

Menurut kabar, Xiaomi akan merilis dua versi prosesor Pinecone yaitu Pinecone model V670 dan Pinecone model 970. Hal itu menjadikan Xiaomi lebih fleksibel lagi dalam memilih dapur pacu bagi performa smartphone mereka. Untuk Xiaomi Mi5c yang nantinya akan rilis, ia digadang-gadang memakai Pinecone model V670. Pinecone model V670 dirumorkan akan mengusung CPU Cortex-A53 dengan empat core besar dan empat core kecil. Untuk masalah desain grafis, Xiaomi mengandalkan GPU Mali-T860 MP4 dengan clock 800 MHz. Model V70 ini juga akan menggunakan proses manufaktur 28 nm.

Artikel menarik:  Samsung Galaxy A8 & A8 Plus Masuk Indonesia

Sedangkan untuk Pinecone V970 yang lebih high-end dikabarkan baru datang saat kuartal empat tahun 2017. Chipset ini membekali dirinya dengan CPU Octa-Core dengan konfigurasi satu CPU Cortex-A73 dan satu CPU Cortex A-53 yang memiliki masing-masing empat core. Selain itu, CPU pada prosesor ini memiliki frekuensi clock hinga 2.0 GHz dengan kecepatan maksium mencapai 2,7 GHz. Selain itu, prosesor model V970 juga dilengkapi GPU yang lebih kompleks yaitu Mali G71, MP12 dengan kecapatan clock 900 MHz serta setara dengan proses manufaktur untuk Qualcomm Snapdragon 835 yakni 10 nm. Prosesor high end ini bakal disematkan dalam smartphone kelas atas Xiaomi seperti Mi 6s dan Mi Note 3.