Berita

Prosesor Masa Depan Wajib Memakai OS Windows 10?

Setelah sukses dengan OS Windows 7 yang dirilis sekitar tujuh tahun lalu dan juga Windows 8.1 yang baru berumur sekitar dua tahun, Microsoft kembali menghasilkan sistem operasi terbarunya yaitu Windows 10 yang sebelumnya sempat dikabarkan akan bernama Windows 9. Sukses besar menembus pasar dunia selama lebih kurang setengah tahun, terbukti dari banyaknya perangkat komputer dan laptop yang sedikitnya berjumlah 200 juta perangkat yang menggunakan sistem operasi ini.

Prosesor Masa Depan Wajib Memakai OS Windows 10

Microsoft mengumumkan kebijakan untuk menjadikan OS Windows 10 sebagai platform tunggal yang didukung pada prosesor terbaru dari Intel, AMD dan Qualcomm. Artinya perangkat komputasi apapun yang akan menggunakan prosesor Intel Kaby Lake, AMD Bristol Ridge, dan Qualcomm 8996 hanya bisa menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasinya.

Khusus untuk prosesor Intel Skylake, akan diberi jeda hingga 17 Juli 2017 untuk mengupgrade ke Windows 10, dan setelah tanggal itu, Microsoft akan menghentikan dukungan umum Windows 7 dan Windows 8.1 yang masih berjalan pada prosesor itu. Terkecuali untuk masalah keamanan yang bersifat kritis.
Microsoft memprioritaskan transparansi khususnya bagi pengguna enterprise yang membutuhkan keandalan tingkat tinggi serta pengalaman Windows terbaik. Windows 10 dapat dipasang pada prosesor apa saja namun Windows 7 hanya diperuntukkan bagi prosesor level bawah alias generasi terdahulu. Ungkap Myerson, Executive VP, Windows and Devices Group, Microsoft.

Artikel menarik:  Titan V, GPU PC Terkencang dari Nvidia Seharga Rp 40 Juta

Myerson juga mengatakan bahwa Microsoft telah berkolaborasi erat dengan para pembuat silikon termasuk Intel, AMD, Nvidia, Qualcomm untuk meyakinkan Windows 10 mampu mengambil keuntungan penuh dari generasi prosesor terbaru. Komputasi modern didefinisikan dengan integrasi mendalam antara silikon, platform, dan hardware.

Salah satu bentuk integrasi itu adalah dengan dikombinasikannya Windows 10 dengan sistem Skylake yang mampu mencapai kinerja 30 kali lebih baik dan daya tahan baterai 3 kali lebih lama, jika dibandingkan dengan Skylake disandingkan dengan Windows 7. Amazing, bukan?

Lantas, sudah siapkah Anda beralih ke Windows 10?