PCSeputar Tekno

Processor : Pengertian & Fungsinya

Sobat Gaptex, pada posting kali ini kita akan menyelami lebih dalam mengenai processor, pengertian dan fungsinya lebih jauh dalam penggunaan PC dan smartphone. Sebagai ‘otak’ dari sebuah sistem komputasi, processor merupakan sesuatu yang sangat vital, fundamental dan penting sehingga menjadi salah satu yang dipertimbangkan secara matang. Tak heran apabila spesifikasi processor kerap ditampilkan sebagai yang utama dalam informasi sebuah produk.

Pengertian & Fungsi processor

Pengertian Processor
Pada dasarnya, Processor atau microprocessor adalah chip berukuran kecil yang ada di sistem komputer dan perangkat elektronik lainnya yang bertugas untuk menerima perintah, melakukan proses dan mengeluarkan output yang diinginkan. Processor modern mampu melakukan pemrosesan hingga triliunan perintah dalam waktu satu detik.

Pada sistem komputer, secara spesifik processor juga disebut sebagai CPU (central processing unit) yang menerima perintah dari input keyboard, mouse dan menjalankan beragam aplikasi. Seiring perkembangan teknologi, processor modern dikemas dalam sistem core, dimana lebih dari 1 processor dikemas dalam satu paket seperti dual-core atau quad-core.

Fungsi Processor
Seperti yang telah disebutkan, fungsi utama processor adalah untuk bertindak sebagai otak dari komputer. Processor yang hanya dapat mengenali bahasa biner (angka 0 dan 1) akan menjalankan berbagai fungsi matematis dari sebuah komputer (penambahan, pembagian, perkalian dan pengurangan). Processor juga akan mengeluarkan hasil pekerjaannya ke dalam memory.

Artikel menarik:  Pengertian Bahasa Pemrograman

Diatas kertas, semakin tinggi kecepatan sebuah processor, maka semakin cepat pula pemrosesan yang akan berjalan. Meski demikian, kecepatan processor juga dipengaruhi oleh komponen lain yang bekerjasama dengannya seperti RAM dan chipset.

Macam Provider Processor
Dua merek paling ternama mengisi persaingan processor PC, yaitu intel dan AMD. Sementara itu, pada smartphone ada beberapa merek processor yang belakangan mulai akrab di telinga masyarakat, meliputi :
– Qualcom Snapdragon
– nVidia Tegra
– Mediatek (MTK)
– Exynos
– dll

Secara lengkap, Anda dapat menyimak bagian-bagian komputer pada posting lain di website ini.

Semoga bermanfaat!