Berita

Pokemon Go Sudah Resmi Mendarat di Indonesia

Masyarakat gamer di Indonesia kini tidak perlu lagi mengunduh file APK di Play Store atau mengubah region App Store untuk bermain Pokemon Go. Pasalnya setelah satu bulan diluncurkan secara global, game ciptaan John Hanke di bawah bendera Niantic Labs ini telah resmi mendarat di tanah air. Hal tersebut sebagaimana diumumkan langsung oleh akun resmi Pokemon Go di Facebook pada hari Jum’at lalu (05/08/2016) pukul 17.59 waktu setempat.

Pokemon Go Sudah Resmi Mendarat di Indonesia

Selain Indonesia, terdapat 14 negara lain di kawasan Asia dan Asia Pasifik yang akhirnya bisa menikmati Pokemon Go versi resmi. Untuk wilayah Asia, negara-negara tersebut adalah Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Taiwan. Sementara di Asia Pasifik, kelompok negara yang dimaksud adalah Papua Nugini, Fiji, Kepulauan Solomon, Federasi Mikronesia, dan Palau. Seperti diketahui, setelah Jepang, permainan berbasis augmented reality ini terlebih dulu menyapa Brasil sebelum ke Indonesia.

Pokemon Go bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store untuk perangkat Android dan Apple App Store untuk perangkat iOS. Aplikasi tersebut hadir dalam versi 0.31.0 dengan kapasitas 60 MB di Google Play Store. Untuk pengguna Android, smartphone yang bisa mengoperasikannya harus memiliki sistem operasi Android 4.4 KitKat atau yang lebih baru. Sedangkan di Apple App Store, aplikasi tersebut hadir dalam versi 1.1.1 dengan kapasitas 155 MB dan bisa dijalankan di iOS 8.0 atau yang lebih baru.

Artikel menarik:  Lenovo & Google Berkolaborasi Buat Touchscreen Makin Pintar

Dengan demikian, para Pokemon Trainer (istilah untuk pemain Pokemon Go) bisa lebih tenang berburu monster-monster, terlepas dari isu keamanan perangkat seperti serangan malware dan virus karena menggunakan link dari pihak ketiga.

Peluncuran resmi ini bisa dikatakan sangat terlambat karena memang para gamer di Indonesia sudah memainkannya jauh-jauh hari. Akan tetapi, pihak developer tentu memiliki pertimbangan lain mengapa baru menghadirkannya di Indonesia saat ini, sekalipun kabarnya Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia yang dapat memainkan Pokemon Go sebelum diluncurkan di Jepang.

Sementara itu di sisi lain, Iran menjadi negara pertama di dunia yang melarang warganya untuk bermain Pokemon Go. Hal tersebut sebagaimana diputuskan oleh High Council of Virtual Spaces, sebuah lembaga yang bertugas mengawasi aktivitas online warga di Iran. Tidak dijelaskan alasan spesifik terkait keputusan itu, hanya saja teknologi pemetaan yang dimiliki Pokemon Go menimbulkan kekhawatiran tersendiri soal isu keamanan nasional. Isu serupa sempat melanda Indonesia, namun pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika telah menyatakan bahwa Pokemon Go sebenarnya tidak berbahaya.