Berita

Pokemon Go Resmi Mendarat di Jepang!

Setelah awal pekan ketiga Juli 2016 dihadirkan di 27 negara Eropa, hari ini (22/7/2016) Pokemon Go akhirnya secara resmi rilis di Jepang. Meski permainan ini diciptakan oleh Amerika Serikat, karakter Pokemon sendiri dilahirkan di Jepang. Rilis resmi permainan tersebut tentu disambut meriah oleh para gamer di Negeri Sakura. Seperti diberitakan sebelumnya, permainan berbasis augmented reality ini berkali-kali diisukan rilis di Jepang namun batal dilakukan karena masalah server.

Pokemon Go Resmi Mendarat di Jepang!

Pembatalan rilis resmi sempat membuat saham Nintendo anjlok hingga 10%, padahal laba yang diperoleh pembuatnya meningkat sampai dengan USD 17 Miliar. Niantic Labs telah berjanji untuk meluncurkan Pokemon Go secara resmi ke sekitar 200 negara, hanya saja dilakukan secara bertahap supaya server tidak down lantaran antusiasme para gamer yang begitu tinggi. Antusiasme tersebut membuat sejumlah developer terkendala masalah koneksi. Niantic Labs mengetahui masalah ini dan terus membenahi kapasitas server.

Dengan peluncuran di Jepang, negara tersebut menjadi negara pertama di Asia yang memiliki versi resmi Pokemon Go. Menurut informasi yang beredar, rilis resmi turut disponsori oleh Mc Donalds dengan rencana mengubah 3.000 outlet menjadi area berburu Pokemon. Kerja sama tersebut juga menunjukkan potensi bisnis lain yang dimiliki Pokemon Go. Meski belum ada prediksi lebih lanjut, rilis resmi di Jepang setidaknya menunjukkan bahwa Niantic Labs siap melakukan ekspansi ke wilayah Asia, termasuk Indonesia.

Artikel menarik:  U11 Eye, Smartphone HTC Pertama Usung Dual Kamera Selfie

Sementara itu, Pemerintah Jepang segera bereaksi menanggapi peluncuran Pokemon Go dengan mengeluarkan berbagai peringatan untuk para gamer. National Center for Incident Readiness and Strategy for Cyber Security (NISC) di Jepang telah memberikan 9 instruksi untuk membantu para gamer dalam mengutamakan keselamatan dirinya, antara lain tidak menggunakan nama asli saat bermain, menghindari daerah yang berbahaya, serta menjaga diri dari udara panas saat berburu Pokemon di ruang terbuka. NISC bahkan mengingatkan para gamer untuk sedia baterai cadangan supaya smartphone mampu bertahan lama.

Sejak rilis perdana tanggal 6 Juli 2016 di Australia dan Selandia Baru, popularitas Pokemon Go semakin meroket. Meski belum resmi rilis di Indonesia, para gamer dapat mengunduhnya dalam bentuk file APK. Sebelum diluncurkan di Jepang, kabarnya Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia yang dapat memainkan Pokemon Go. Di negara lain seperti China, Korea Selatan, dan Jepang, termasuk Singapura, permainan ini hanya bisa diunduh. Ketika dibuka, layar hanya menampilkan peta tanpa terlihat satupun Pokestops. Hal tersebut bisa saja dilakukan Niantic Labs untuk melakukan uji coba dengan menjadikan Indonesia sebagai tolak ukur kemampuan server.