Review

Pilih Samsung Galaxy S4 atau Apple iPhone 5?

Meski rumor kehadiran iPhone 5s yang akan rilis pada penghujung tahun 2013 dan Samsung Galaxy S5 yang rencananya akan dilaunching pada awal-medio 2014 kencang dihembuskan, membicarakan duo rival yang saat ini bersaing ketat di market premium smartphone : Samsung Galaxy S4 dan iPhone 5 tetaplah menjadi hal yang menarik. Kesimpulan yang diambil dalam hal memilih S4 atau iPhone 5 dapat mengindikasikan pilihan masa depan akan generasi S5 dan iPhone 5s yang sesuai dengan keinginan kita.

Pada post kali ini, kita akan membahas tuntas seluruh sisi perbandingan antara Samsung Galaxy S4 dan iPhone 5 sehingga pembaca dapat mendapatkan informasi yang cukup sebelum mengambil pilihan.

Design
Tampilan iPhone 5 yang elegan bahkan tetap menjadi simbol status penggunanya setelah berbulan-bulan iPhone 5 diluncurkan. Dengan material kaca dan aluminium yang ringan tetapi padat membuat iPhone 5 tampil sempurna. iPhone 5 mudah digunakan dalam satu genggaman tangan, sementara Galaxy S4 membutuhkan 2 tangan agar lebih nyaman ketika digunakan.

Design-3a

Galaxy S4 lebih berkesan plastik ketika digunakan, meski secara umum mengalami peningkatan yang cukup jauh dibandingkan generasi sebelumnya yaitu Galaxy S3. Kelebihan dari S4 adalah dimungkinkannya penutup belakang untuk dilepas ketika hendak mengganti baterai atau microSD, hal ini tidak dapat dilakukan pada iPhone 5.

Pemenang design : meski Galaxy S4 cukup ringan untuk kategori smartphone berlayar 5 inci dengan fleksibilitas penutup belakang yang dapat dibuka-tutup, nyatanya iPhone 5 lebih unggul dari sisi design. Tampilannya yang sangat elegan dan bersahabat membuat iPhone 5 dapat menjadi pilihan menarik jika ditinjau dari sisi design.

Display
Dalam hal resolusi, Galaxy S4 lebih unggul dibandingkan iPhone 5 karena dimensi layar yang lebih besar. Galaxy S4 memiliki resolusi 1920 x 1080 pixels or 441 pixels per inch, sementara iPhone 5 hanya memiliki resolusi 1136 x 640 pixels. S4 unggul dengan 326 ppi dibandingkan iPhone 5.

Display1

Dengan layar yang lebih besar pula, Galaxy S4 akan lebih sempurna menampilkan text, gambar dan video yang sedang diputar. Untuk aktivitas browsing, hal yang sama juga berlaku.

Pemenang display : meski iPhone 5 memiliki layar yang lebih mudah dilihat di luar ruangan (outdoor), Galaxy S4 lebih unggul karena ukuran dan kelebihan resolusi yang dimiliki. Galaxy S4 pun memiliki warna yang lebih tajam khas Samsung dibandingkan dengan iPhone 5.

Spesifikasi & Performance
Samsung S4 dilengkapi dengan prosessor Quad-core terbaru Qualcomm 1,9-Ghz Snapdragon 600 dan 2GB RAM, sementara iPhone 5 mengusung Apple 1,3-Ghz prosessor dengan 1 GB RAM.

Artikel menarik:  Review Nokia 3: Budget Smartphone dengan Kualitas Premium

Untuk melakukan test, kami menggunakan Geekbench 2 yang mengukur prosessor dan kecepatan memory. Hasilnya, score untuk iPhone 5 adalah 1,660 sementara Galaxy S4 3,177 atau hampir 2 kali lipat lebih cepat.

Meski demikian, untuk pengunaan sehari-hari, iPhone 5 menawarkan kecepatan yang cukup mumpuni. iPhone 5 lebih cepat ketika dipakai untuk foto, applikasi atau email. Sementara Galaxy S4 memiliki respon yang lebih lamban ketika menampilkan keyboard. Dalam hal kembali ke home screen, kedua smartphone ini memiliki kecepatan yang relatif sama.

Pemenang : dengan spesifikasi masing-masing, kami harus memberikan score DRAW untuk perbandingan ini.

Apps & Konten
iPhone selalu ekslusive dengan iTunes-nya dalam hal apps dan konten sejak beberapa tahun lalu hingga saat ini. Meski Google Play berkembang pesat, pada kenyataannya konten dan apps yang tersedia dalam iTunes tetap belum bisa ditandingin dari segi kualitas dan kelengkapannya.

Dengan dukungan dari developer yang berkualitas pada market iTunes yang sudah ‘matang’, ada banyak applikasi yang hanya tersedia pada itunes yang tidak bisa didapatkan di Google Play pada sistem operasi android.

Pemenang : produk Apple selalu unggul jika berhubungan dengan ketersediaan apps dan konten berkualitas yang amat beragam. Kesan ekslusif akan selalu bisa didapatkan oleh setiap pengguna Apple, termasuk iPhone 5.

Baterai
Kekuatan baterai dapat dilihat pada tabel dibawah.

battery_life_sf

Untungnya baterai pada Galaxy S4 dapat diganti sehingga memudahkan penggunanya mendapatkan baterai dengan kapasitas yang lebih besar.

Video Perbandingan

Overall

pemenang

Kesimpulan
Dengan spesikasi yang lebih unggul, tentu saja Galaxy S4 akan memenangkan pertarungan dengan iPhone 5. Meski demikian, iPhone 5 tetap saja bisa menjadi pilihan yang layak bagi pengguna Apple atau calon pengguna Apple yang mengedepankan kualitas, ekslusivitas dan tampilan elegan ala Apple.

Keputusan untuk memilih salah satu jenis smartphone ini sangat tergantung kepada kebutuhan masing-masing individu. Berbagai pertimbangan yang penting meliputi ukuran, kecepatan, flesibilitas, apps, tampilan dan kebiasaan penggunanya.

Belanja Online
Dapatkan Samsung Galaxy s4 harga terbaik disini
Dapatkan iPhone 5 harga terbaik disini
Extra diskon voucher belanja silakan simak caranya disini.

Semoga bermanfaat!