Pilih Mana, Android atau Blackberry?

Ketenaran blackbery sejak beberapa tahun silan sudah mulai ‘redup’ sejak kehadiran deretan smartphone android yang semakin membanjiri tanah air. Hampir seluruh merek besar maupun kecil penjual ponsel menghadirkan smartphone bersistem operasi android, dari yang kelas premium sampai ecek-ecek. Tak diragukan lagi, blackberry mulai banyak ditinggalkan oleh para penggunanya. Tapi, apakah memang seperti itu seharusnya?

Kenyataannya, tak seperti yang terjadi di negri paman sam atau sebagaian besar eropa dimana penjualan bb turun drastis, di tanah air penjualan blackberry masih mencatat angka yang tinggi. Penikmat dan peminat blackberry masyarakat Indonesia masih sangat banyak. Bahkan blackberry premium kelas z10 dan q10 yang dibandrol amat mahal pun laris manis bak kacang goreng.

Pertanyaannya kemudian, jika diharuskan memilih, Anda akan memilih yang mana, android atau blackberry?

Jawabannya tentu saja akan sangat tergantung dari kebutuhan Anda akan sebuah perangkat smartphone. Bagi pengguna yang membutuhkan ‘hiburan’ lebih seperti main game atau mendengarkan musik sekaligus menggunakan berbagai jenis applikasi tambahan (maps, membaca, browsing), ponsel android yang pada umumnya mengusung layar lebar sentuh bisa jadi adalah pilihan yang bijak. Tetapi jika kebutuhan Anda lebih ke urusan pekerjaan dan komunikasi seperti telpon, sms, IM (instant messaging seperti ym, gtalk, whatsapp, line, dsb), email dan browsing secukupnya, maka blackberry bisa menjadi pilihan yang lebih menarik. Terlebih jika Anda agak ribet jika harus menggunakan layar sentuh yang membuat kerap salah memencet tombol.

Blackberry memang sudah lama terkenal dengan tombol qwerty yang membuat pekerjaan menjadi cepat dan ringkas. Bahan yang membangunnya pun cukup baik sehingga awet dan tahan lama. Satu lagi, fitur bbm (blackberry messenger) yang sangat ngetop itu hingga saat tulisan ini dibuat pun hanya bisa dipergunakan secara ekslusif di ponsel blackberry saja. Belakangan, bb mulai merambah kepada ponsel jenis full touch screen dalam rangka bersaing dengan ponsel andoid atau iphone yang identik dengan hal tersebut.

Sementara itu, android yang tak lain dan tak bukan dikembangkan dan dimiliki oleh raksasa Google terus melebarkan sayap dengan perkembangan versi yang semakin canggih dari tahun ke tahun. Belum lagi fakta bahwa hampir semua vendor yang mengerjakan konten dan applikasi ramai-ramai tumpah ruah di pasar app android yang bernama Google Play. Ada banyak sekali applikasi gratis menarik dan game yang bisa diuncul ke dalam ponsel android. Hal ini menjadi nilai plus para pengguna android yang rata-rata berasal dari segmen usia muda.

Artikel berhubungan:  Apa Itu VRAM?

Berikut beberapa infirmasi mengenai blackberry dan android yang harus Anda ketahui sebelum menentukan pilihan :

1. Android dikeluarkan oleh banyak merek ponsel sehingga pembeli harus jeli dalam memilih. Untuk tipe premium seperti yang dikeluarkan oleh pabrikan ngetop (samsung, htc, lg, dsb) haraga jual setiap unit akan sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan ponsel android yang dikeluarkan oleh merek-merek baru yang tidak terlalu sering terdengar. Beda harga tentu beda kualitas.
2. Sementara Blackberry hanya diproduksi oleh blackberry saja yang selama bertahun-tahun sudah terjamin kualitas dan mutunya. Hanya perlu diingat bahwa untuk sedapat mungkin menghindari jenis yang illegal, bm dan lain sebagainya yang kerap dijejali dengan parts dan komponen aspal yang tidak awet ketika digunakan.
3. Populasi pengguna blackberry sangatlah besar di tanah air, tak heran jika ragam aksesoris, suku cadang dan orang yang bisa menangani permasalahan blackberry lebih banyak. Berbagai permasalahan blackberry pun dapat dengan mudah diatasi dari sharing yang bisa dengan mudah ditermukan di internet.
4. Ponsel android meupakan jenis yang cocok untuk pengguna yang membutuhkan hiburan dan fleksibilitas yang lebih tak hanya sekedar yang standar.
5. BBM hanya dapat digunakan di Blackberry saja (hingga tulisan ini dibuat). Sementara itu, berbagai applikasi terbaru dan menarik hanya dapat ditemukan di Google Play store saja (pasar applikasi andorid) dan tidak terdapat di bb app world yang mulai sepi.

So apa pun pilihan Anda, pastikan Anda selalu menyesuaikan dengan kebutuhan Anda terlebih dahulu.
Android atau blackberry? Your choice!