Pertolongan Pertama HP Kena Air …

Tidak ada satu orang pun yang menginginkan hape kesayangan terkena air karena komponen elektronik yang berada dalam hape akan rusak sehingga mengakibatkan gangguan atau bahkan hape mati total. Meski begitu, faktanya ada banyak sekali dari aktivitas kita sehari-hari yang berhubungan dengan air. Ketika meleng atau sedang berkurang kehati-hatiannya, hp tercinta pun basah terkena air.

hape kena air

Meski memiliki kemungkinan kurang dari 50%, tak semua hp yang terkena air otomatis akan rusak. Dengan penanganan khusus, sebagian dapat diselamatkan sehingga dapat digunakan kembali dengan baik. Tentu saja hal ini sangat bergantung kepada skala dan jenis air yang mengenai hape tersebut.

Untuk mengatasi hape yang terkena air, ada beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan. Berikut beberapa informasinya :

1. Angkat dan jauhkan hape secepat mungkin dari area basah. Periksa kondisi hape. Jika mati biarkan. Jika masih hidup, segera matikan.
2. Lepas baterai dan letakkan hape diatas sebuah kain kering. Semaksimal mungkin lap seluruh bagian hape yang dapat dijangkau menjadi bersih. Jika perlu, Anda dapat mengoncangkan baterai agar air keluar dari bagian dalam.
3. Keringkan lagi menggunakan hairdryer. Pilihlah hembusan angin yang netral (tidak panas atau terlalu panas). Arahkan hairdryer dari jarak yang tidak terlalu dekat atau terlampau jauh.
4. Pastikan bahwa hape benar-benar kering. Jika belum pasti, Anda dapat mendiamkannya semalaman diatas kain yang kering dan mengulaingi proses (3) diatas.
5. Jika sudah yakin. Pasang kembali baterai dan cobalah hidupkan hape Anda. Jika kerusakan tidak parah, biasanya hape akan hidup dan normal kembali. Jika hape tidak hidup, kemungkinan kerusakan terjadi pada baterai.
6. Langkah terakhir adalah membawa hape ke service center terdekat. Perhatikan bahwa kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan pengguna tidak mendapatkan digaransi.

Artikel berhubungan:  Pengertian Defragment dan Cara Melakukannya

Biasanya, kerusakan tidak terjadi dan hape segera hidup kembali ketika kering apabila cairan yang membasahinya adalah air putih atau air yang bersih. Hal yang lebih buruk terjadi apabila air yang mengenai hp sedikit lebih ‘berat’ seperti teh manis, kopi, susu dan lain sebagainya.

Semoga langkah pertolongan diatas dapat membantu Anda.