Seputar Tekno

Perbedaan Wireless Range Extender & Repeater

Di dalam dunia jaringan komputer wireless, selain access point dan router ada juga yang disebut dengan wireless range extender dan repeater. Menurut pengertian secara harfiah, repeat berarti mengulangi dan range extend yang berarti memperluas jangkauan. Lalu, apakah kedua perangkat tersebut memiliki fungsi yang sama? Jawabannya iya sama, karena setelah berhasil mengulang sinyal wireless Access Point tentunya juga akan memperluas jangkauan dari wireless tersebut. Perangkat repeater atau range extender berguna sebagai pengulang atau memperluas jangkauan sinyal Wireless Router supaya klien yang letaknya terpisah oleh jarak berjauhan.

Perbedaan Wireless Range Extender & Repeater

Wireless repeater merupakan sebuah perangkat jaringan yang berguna untuk memperkuat sinyal yang keluar dari router atau access point. Jadi bila sinyal yang keluar dari router kurang kuat pada suatu area tertentu, baik itu dirumah atau gendung kantor, dikarenakan jaraknya yang terlalu jauh atau banyaknya hal-hal yang menganggu kualitas sinyal, Anda dapat menggunakan wireless repeater ini untuk memperkuat sinyalnya. Selain itu, fungsi repeater lainnya sebagai berikut:
· Memperluas sinyal dari server
· Menjangkau daerah-daerah yang lemah sinyal
· Mempermudah akses sinyal WiFi dari server
· Mempermudah pengiriman data dan informasi
· Meneruskan dan memperkuat sinyal
· Tidak perlu membangun jaringan kabel yang sangat panjang

Artikel menarik:  Apa itu Sina Weibo?

Lalu sekarang apa bedanya dengan wireless range extender? Meski fungsinya sama-sama untuk memperkuat sinyal, namun perangkat ini mempunyai kekurangan dibandingkan wireless repater sebab sinyal yang dipancarkannya akan ditampilkan dengan nama network yang berbeda. Jadi, jika Anda sedang berada diluar jangkauan dari sinyal asli yang keluar dari access point atau router, maka Anda harus koneksi lagi ke jaringan dengan nama network yang berbeda.

Dengan fungsi tersebut, wireless repeater atau wireless extender memang sangat dibutuhkan. Kedua perangkat tersebut berperan penting dalam koneksi jaringan internet. Perbedaan yang paling signifikan terlihat pada penyajian nama jaringan yang berbeda saat memilih menggunakan wireless extender. Pilihlah perangkat antara wireless repeater dan range extender yang tepat sehingga Anda akan mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil.