Perbedaan Samsung Galaxy Note 7, Note 5, dan Galaxy S7

Samsung Galaxy Note 7 telah resmi diluncurkan di New York, Amerika Serikat. Seperti kita ketahui, tidak ada seri Galaxy Note 6. Samsung melompati seri smartphone ber-stylus pen dari Galaxy Note 5 ke Galaxy Note 7 untuk menyamakan Galaxy Note 7 dengan Galaxy S7 yang merupakan seri smartphone terbaru Samsung. Jika dilihat dari sisi desain dan spesifikasi antara Galaxy Note 7 dan Galaxy S7, keduanya memang hampir mirip satu sama lain.

Perbedaan Samsung Galaxy Note 7, Note 5, dan Galaxy S7

Berikut ini adalah perbedaan antara Samsung Galaxy Note 7, Galaxy Note 5, dan Galaxy S7 :

1. Layar
Jenis layar adalah perbedaan paling mencolok. Samsung Galaxy Note 7 dan Samsung Galaxy S7 sama-sama menggunakan layar lengkung, sedangkan Samsung Galaxy Note 5 masih menggunakan layar standar. Bentang layar ketiganya juga tidak sama. Meski sama-sama mengusung curved screen, Galaxy Note 7 tampil dengan layar 5.5 inch dan Galaxy S7 hadir dengan layar 5.1 inch. Sementara untuk Galaxy Note 5, layarnya berukuran 5.5 inch, mirip seperti Galaxy Note 7. Walau demikian, resolusi ketiganya sama-sama tinggi, yaitu 2560 x 1440 piksel.

Yang menarik, layar Galaxy Note 7 sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5 sebagai proteksi tercanggih saat ini yang tidak ditemukan pada Galaxy Note 5 dan Galaxy S7.

2. Kamera
Perbedaan selanjutnya dalam hal fotografi. Belum ditemukan alasan mengapa Galaxy Note 5 justru memiliki spesifikasi kamera paling tinggi dengan rear camera 16 MP dan front camera 5 MP. Sedangkan baik Galaxy Note 7 maupun Galaxy S7, keduanya memiliki rear camera 12 MP dan front camera. Selain kemampuan lensa, perbedaan juga bisa dijumpai pada bukaan lensa atau aperture dimana Galaxy Note 5 punya aperture f/1.9, sementara kedua smartphone premium lainnya ber-aperture f/1.7.

3. Sistem operasi
Sistem operasi semakin meyakinkan kita bahwa Galaxy Note 7 dan Galaxy S7 memang memiliki kemiripan satu sama lain. Sebab, keduanya dioperasikan dengan Android 6.0 Marshmallow yang disebut-sebut bisa diperbarui ke sistem operasi terbaru Android 7.0 Nougat. Sementara untuk Galaxy Note 5, sistem operasinya masih menggunakan versi pendahulu Android 5.1 Lollipop.

4. Fitur pemindai
Jika smartphone Galaxy Note 5 memiliki sensor sidik jari, maka Galaxy Note 7 selain punya sensor serupa juga ditambahkan sensor retina. Sensor tersebut tentu berperan dalam meningkatkan sistem pengamanan perangkat dimana iris mata bisa dipindai untuk mengunci atau membuka kunci layar. Sensor retina ini merupakan keunggulan tersendiri bagi Galaxy Note 7 dan peningkatan dari Galaxy Note 5. Bahkan, seri Galaxy S7 juga tidak memilikinya, namun juga punya sensor sidik jari.

5. Baterai dan Konektor
Samsung Galaxy Note 7 bakal tampil lebih bertenaga dengan baterai berkapasitas 3500 mAh yang didukung pula dengan fitur Fast Charging. Di sisi lain, Galaxy Note 5 dan Galaxy S7 baterainya sama-sama berkapasitas 3000 mAh dengan fitur serupa yang membuat proses charging lebih cepat. Selain baterai lebih powerful dan pemindai iris mata, Galaxy Note 7 dilengkapi konektor USB Type-C yang belum dimiliki Galaxy Note 5 dan Galaxy S7.

Berbicara tentang perbedaan harga, kita kembali menemukan kemiripan antara Galaxy Note 7 dan Galaxy S7 yang sama-sama dibanderol di kisaran harga Rp 10 Jutaan. Berbeda dengan Galaxy Note 5 yang lebih murah dengan harga Rp 8 Jutaan.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part