Perbedaan Recovery Mode & DFU Mode Pada iPhone

Recovery & DFU Mode dikenal secara luas pada berbagai produk Apple, termasuk iPhone yang paling sering digunakan. Meski sekilas tampak mirip, ada perbedaan mendasar antara recovery mode dan DFU mode sehingga Anda harus memilih antara satu yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Dalam posting kali ini, kita akan membahas panjang lebar tentang kedua mode ini, membedakan sekaligus memberikan caranya.

perbedaan dfu dan recovery mode

Recovery Mode
Pada mode ini, device Apple pada prinsipnya masih meload OS dimana iTunes masih dapat berkomunikasi dengan device. Fungsi utama dari recovery mode adalah untuk melakukan restore perangkat Apple ketika permasalahan software maupun kesalahan app tidak dapat diselesaikan dengan cara biasa. Fungsi lain dari mode ini adalah upgrade OS/restore dari proses sebelumnya yang tidak sempurna.

Cara Masuk Recovery Mode :
1. Konek USB kabel ke komputer, tetapi jangan colok ke iPhone.
2. Matikan iPhone dengan menekan tombol power. Jika iPhone dalam keadaan error dimana mematikan tidak bisa melalui cara biasa, pencet dan tahan tombol power dan home bersamaan hingga screen mati.
3. Jika iPhone sudah mati, pencet tombol home sambil mencolokkan kabel data. iPhone akan hidup dan menampilkan logo Apple. Tetap memencet tombol home hingga logo iTunes atau gambar USB muncul.
4. Selesai. Anda sudah masuk ke recovery mode.

DFU Mode
DFU adalah singkatan dari Device Firmware Update. Pada mode ini, device Apple sama sekali tidak meload OS. Mode DFU digunakan apabila mode Recovery masih tidak menyelsaikan masalah restore secara sempurna karena interupsi OS. Pada DFU, OS yang tidak diload sama sekali tidak mengintrupsi proses restore.

Cara Masuk DFU Mode :
– Matikan perangkat ketika masih terhubung dengan PC melalui kabel data.
– Tekan tombol power dan home secara bersamaan selama 10 detik.
– Lepaskan tombol power dengan tetap menahan tombol home selama 10 detik lagi.
– Pada layar, Anda akan melihat iTunes memberitahukan device dalam keadaan recovery.
– Perhatikan layar iPhone Anda, jika tidak muncul gambar apa pun, maka Anda sudah masuk ke DFU mode.

Semoga mencerahkan.