Perbedaan Printer Inkjet & Laser

Di zaman modern seperti ini, kebutuhan akan printer di rumah bukan barang yang mewah. Printer sebagai salah satu alat yang sering digunakan untuk mencetak dokumen, gambar, foto, dan lain-lain dari output komputer atau laptop ke media kertas. Perkembangan teknologi saat ini membuat printer menjadi beberapa jenis yakni inkjet dan laserjet yang tentu cara kerjanya berbeda. Lalu, apakah perbedaan dari kedua printer tersebut?

Perbedaan Printer Inkjet & Laser

Secara harafiah, kedua printer ini tetaplah alat yang digunakan untuk mencetak tanpa bisa ditentukan kualitas cetakan dari perbedaan jenisnya. Perbedaan yang pertama yang bisa terlihat adalah perbedaan secara pengertian. Printer inkjet merupakan printer yang menggunakan tinta untuk mencetak dengan kualitas cetakan yang cukup bagus bergantung pada merek dan tipe printer. Sedangkan printer laserjet merupakan printer yang mencetak dokumen atau foto dengan menggunakan tinta serbuk atau toner. Melihat dari bahan baku yang digunakan untuk bisa menghasilkan cetakan, kedua printer tentu memiliki cara kerja yang berbeda.

Printer Inkjet
Cara kerja printer inkjet, seperti yang Anda ketahui, menggunakan tinta encer yang kemudian digoreskan mengikuti pola sesuai dengan taburan elektron mengikuti dokumen yang dicetak. Jenis tinta ataupun media kertas sangatlah banyak, oleh karena itulah printer jenis lebih disukai untuk digunakan mencetak. Printer jenis pertama ini memang menggunakan cara kerja yang tradisional untuk sebuah printer namun bisa memberikan kepuasan dalam mencetak. Printer inkjet dalam perkembangannya dihadirkan cukup variatif. Terdapat beberapa variasi model printer inkjet seperti printer modifikasi atau printer infus dan printer all-in-one. Dua jenis printer ini cukup populer saat ini.

Artikel menarik:  Pengertian Platform Android

Printer Laser
Untuk printer laserjet, karena memakai tinta serbuk, printer jenis ini memiliki kelebihan dalam hal kecepatan mencetak. Cara kerja yang hampir menyerupai mesin fotokopi, hasil cetakan yang dihasilkan cukup memuaskan karena tinta lebih cepat kering dan tidak mudah luntur setelah keluar dari output. Namun printer jenis ini masih tergolong mahal di pasaran gadget Indonesia, sehingga kurang diminati untuk dihadirkan di rumah atau untuk memenuhi keperluan pribadi.

Semoga bermanfaat!