Perbedaan Mini, Micro & Nano Simcard

Istilah Mini, Micro dan Nano pada simcard mengacu pada ukuran seperti layaknya XL, L, M dan S pada pakaian. Dalam dunia teknologi mikro, semakin kecil ukuran komponen yang bisa dibuat, maka semakin besar pula sisa ruang yang dapat dimanfaatkan. Secara prinsip, ketiga ukuran SIM (Subscriber Identity Module) memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai media penyimpanan data yang disematkan dalam sebuah perangkat ponsel.

Perbedaan Mini, Micro & Nano Simcard

Nano Simcard sendiri merupakan generasi keempat dari ukuran SIM yang paling baru untuk saat ini. Ukurannya 15% lebih kecil jika dibandingkan dengan micro sim yang terlebih dahulu populer.

Diagram SIM card :

diagram simcard

Meski Mini Simcard merupakan generasi yang termasuk usang, faktanya penggunaan Mini Sim masih mendominasi hingga saat tulisan ini dibuat. Mayoritas smartphone dan tablet masih menggunakan mini sim sebagai standar sim card, demikian pula dengan provider seluler yang masih menjual paket perdana dalam bentuk mini sim.

Ukuran-Ukuran
Berikut perbedaan ukuran dalam milimeter (mm) antara ketiga jenis sim :
MINI : 25 x 15 x 0.76 mm
MICRO : 15 x 12 x 0.76 mm
NANO : 12.3 x 8.8 x 0.67 mm

Penggunaan
Berikut beberapa perangkat populer yang menggunakan masing-masing tipe sim :
MINI : Hampir seluruh smartphone dari versi jadul hingga yang terbaru.
MICRO : Samsung Galaxy Note 3, iPhone 4 & 4s, HTC Desire, dsb.
NANO : iPhone 5, 5s, Asus Padphone, Moto X

Fleksibilitas
Saat ini tersedia berbagai macam tools yang dapat merubah sim card menjadi berbagai tipe. Untuk mengecilkan (dari mini ke micro, mini ke nano atau micro ke nano) terdapat alat potong yang dijual dengan bebas. Anda juga dapat memotongnya melalui konter hape terdekat. Sementara itu, untuk membesarkan ukuran sim (dari nano ke micro, nano ke mini atau micro ke mini) Anda dapat menggunakan adapter SIM.

Hampir seluruh provider seluler juga menyediakan paket penjualan dalam bentuk Mini, Micro maupun Nano yang dapat Anda beli di gerai resmi.

So, sudah tidak gaptex lagi, kan?

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part