Perbedaan iPhone 4 GSM dan CDMA

IDJabraPulse350x200 Perbedaan iPhone 4 GSM dan CDMA Perbedaan iPhone 4 GSM dan CDMA

Seperti yang kita semua tahu, ada hal prinsip yang membedakan antara iPhone 4 GSM dan CDMA. Jelas, dari namanya saja sudah beda, bukan? Dalam posting kali ini, kita akan membahas perbedaan antara iPhone 4 GSM dan CDMA secara mendalam.

Letak perbedaan paling mencolok antara iPhone 4 GSM dan CDMA secara fisik adalah terdapatnya slot micro-simcard yang mana hal in tidak ditemukan pada iPhone 4 CDMA. Sama seperti semua jenis hape yang berjalan pada network sesuai dengan spesifikasi pabrik pembuatnya, pada iPhone 4, ada 2 network yang dapat digunakan sesuai dengan tipenya. Tentu saja, iPhone bertipe GSM tidak dapat digunakan pada network CDMA dan sebaliknya.

Berbeda dengan tipe iPhone 4s CDMA yang dapat digunakan pada 2 network GSM dan CDMA (hidup salah satu) atau iPhone 5 CDMA yang sudah mengadopsi teknologi ruim card, pada iPhone 4 sistem CDMA yang digunakan adalah sistem injection nomor. Nomor CDMA yang hendak dipakai harus “dipair” dengan MEID iPhone ke dalam sistem agar dapat masuk ke dalam sebuah perangkat iPhone sehingga siap digunakan. Pada dasarnya, pihak yang dapat melakukan hal tersebut hanyalah petugas resmi operator CDMA.

Selain keberadaan slot simcard dan perbedaan network, pada dasarnya tidak ada perbedaan berarti lain dari iPhone 4 tipe GSM dan CDMA. Kedua jenis iPhone ini sama-sama dapat digunakan untuk berbagai operasi ponsel pintar. Kecepatan prosesor, memory, resolusi gambar, kamera dan sebagainya persis sama antara iPhone GSM dan CDMA untuk model yang setara. Hanya saja, jika pada iPhone 4 GSM kita bisa dengan bebas sesuka hati mengganti nomor kapan saja, maka pada iPhone CDMA hal tersebut tak bisa dilakukan dengan mudah.

Perlu diperhatikan bahwa iPhone 4 CDMA berlogo Verizon akan lebih mudah dipakai di Indonesia sebab proses inject dapat langsung dilakuan di gerai operator secara gratis. Beda halnya dengan iPhone 4 berlogo Sprint yang membutuhkan jailbreak dan perlakukan khusus ketika diinject nomor CDMA lokal. Dengan demikian, pada iPhone 4 Sprint sangat dilarang untuk melakukan upgrade ios secara sembarangan atau menghilangkan jailbreak. Sebab, dengan hilangnya jailbreak maka lepas pula nomor CDMA yang diinject di dalamnya.

Berikut rangkuman perbedaan iPhone 4 GSM dan CDMA :
iPhone 4 GSM – Network GSM – RUIM slot microsim – SU – FU – tipe populer : vendor dalam negri & at&t
iPhone 4 CDMA – Network CDMA – Tanpa slot RUIM – Sistem injection – Tidak ada istilah SU dan FU – tipe populer : verizon, sprint, ex USA

Ada banyak alasan orang menggunakan iPhone4  CDMA, yang paling adalah karena faktor hargaya yang lebih murah dibandingkan dengan iPhone GSM dengan tipe yang setara. Jadi, sekarang Anda sudah tahu kan Perbedaan iPhone 4 GSM dan CDMA?

Sudah tidak bingung lagi, kan?

dot Perbedaan iPhone 4 GSM dan CDMA
banneratas Perbedaan iPhone 4 GSM dan CDMA

Info Teknologi Terbaru:

iphone 4 cdma, iphone cdma, spesifikasi iphone 4 cdma, perbedaan iphone 4 cdma dan gsm, perbedaan iphone cdma dan gsm, perbedaan iphone gsm dan cdma, perbedaan iphone 4 gsm dan cdma, kekurangan iphone 4 cdma, kelemahan iphone 4 cdma, iphone 4s cdma