Seputar Tekno

Perbedaan IMAP & SMTP

Pada bahasan sebelumnya, kami telah menjelaskan secara rinci perbedaan antara POP3 dan IMAP. Kali ini kami juga akan memberikan informasi lengkap perbedaan antara server email IMAP dan SMTP. Sebelum mengetahui perbedaan antar keduanya, alangkah baiknya Anda mengetahui arti dari IMAP dan SMTP terlebih dahulu.

Perbedaan IMAP & SMTP

IMAP singkatan dari Internet Message Access Protocol merupakan protokol standar untuk mengakses serta mengambil email dari server. IMAP memudahkan pengguna untuk memilih pesan email yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari email tertentu bahkan pengguna juga bisa menghapus pesan email yang ada. Kemampuan ini terlihat jauh lebih baik daripada POP3 yang hanya memperbolehkan pengguna email untuk mendownload semua pesan tanpa terkecuali.

Sedangkan SMTP ialah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol yang merupakan salah satu protokol umum digunakan dalam pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini bertujuan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim email ke server email penerima. Protokol ini di desain seperti sistem kantor pos. Ketika Anda mengirim sebuah email, komputer/laptop Anda akan mengarahkan email tersebut ke SMTP Server untuk diteruskan ke mail server tujuan. Hal itu di analogikan sebagai kotak PO BOX di kantor pos. Email-email yang terkirim akan terus menempati tempat itu hingga si penerima yang mengambilnya sendiri.

SMTP ialah protokol yang cukup sederhana dengan berbasis teks dimana SMTP dapat menerima lebih dari satu email untuk kemudian di verifikasi. Jika penerima email valid, maka email akan langsung dikirim. SMTP biasanya menggunakan port 25 yang dapat dihubungi melalui program telnet. Bila Anda ingin menggunakan SMTP server lewat nama domain, Anda harus merecord DNS pada bagian Mail Exchange digunakan. Berikut ini kelebihan dari SMTP adalah:
– Proses pengiriman email dapat dilakukan dengan sangat cepat ke seluruh dunia sehingga dapat menghemat waktu dan uang.
– Lebih simpel dan tidak ribet.

Artikel menarik:  Mengulik Software Edit Photo Meitu

Berbeda pula saat Anda memakai IMAP, Anda hanya bisa melihat isi dari email yang ada pada mailbox/kotak masuk email secara online dan tidak bisa di download ke local disk Anda. Apa yang Anda lihat di inbox email kamu, maka itu pula yang Anda lihat di email client. Jika Anda menggunakan banyak device untuk mengakses email, IMAP merupakan piligan terbail. Beberapa di antaranya keuntungan jika Anda memakai IMAP yaitu:
– Pengguna dapat membuat, mengubah, atau menghapus folder email yang ada pada server.
– Email baru bisa di download dari server jika pengguna ingin membacanya, sehingga email dapat di akses dari tempat lain.
– Menghemat kapasitas penyimpanan komputer/laptop.
– Koneksi internet dibutuhkan saat mengakses email.
– Waktu reload email lebih cepat dan sinkronisasi antar email server dengan komputer/PC akan selalu terjadi secara otomatis.