Perbedaan HTC 10 dan Samsung Galaxy S7

Hingga pertengahan tahun 2016, HTC 10 dan Samsung Galaxy S7 disebut-sebut sebagai smartphone terbaik tahun ini. Sebagai smartphone menengah ke atas dengan harga di atas Rp 10 Juta, keduanya tampil elegan baik dari segi tampilan fisik maupun spesifikasi. Keduanya tampak seperti kompetisi teknologi antara Taiwan dan Korea Selatan, vendor masing-masing ponsel pintar tersebut. Meski tidak terlalu kelihatan, keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Perbedaan HTC 10 dan Samsung Galaxy S7

Desain
Dari segi ukuran fisik, boleh dikatakan bahwa Samsung Galaxy S7 berukuran lebih tipis daripada HTC 10. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy S7 memiliki dimensi 142 x 70 x 7.9 mm, sedangkan HTC 10 memiliki dimensi 146 x 72 x 9 mm. Hal ini berpengaruh pada Samsung Galaxy S7 yang lebih ringan daripada HTC 10 dengan bobot 152 gram dan 161 gram. Dari material penyusun, keduanya sama-sama dirancang dari bahan logam aluminium. Hanya saja terdapat perpaduan logam kaca pada Galaxy S7.

Beralih ke ukuran layar, Samsung Galaxy S7 tampil dengan bentang layar 5.1 inch dengan kerapatan 577 ppi dan screen-to-body ratio sebesar 72.1%. Sementara itu, HTC 10 hadir sedikit lebih luas dengan bentang layar 5.2 inch dengan kerapatan 565 ppi dan screen-to-body ratio sebesar 71.1%. Keduanya membawa resolusi tinggi 2560 x 1440 piksel dan diproteksi Corning Gorilla Glass 4. Hal tersebut menunjukkan, meski ukuran layar HTC 10 lebih lebar daripada Samsung Galaxy S7, namun kualitas visual Samsung Galaxy S7 sedikit lebih tajam daripada HTC 10. Terlebih lagi, Galaxy S7 sudah menggunakan jenis layar Super AMOLED.

Spesifikasi
Performa kedua smartphone flagship ini didukung oleh chipset keluaran Qualcomm, yaitu Snapdragon 820 MSM8996 yang dijalankan dengan teknologi Quad Core 64-bit. Kecepatan prosesor yang dihasilkan sekitar 2.2 GHz. Namun menurut informasi, tidak semua Samsung Galaxy S7 menggunakan chipset Qualcomm. Beberapa produk yang dijual selain di Cina, Jepang, dan Amerika Serikat, menggunakan chipset buatan Samsung, yaitu Exynos 8990. Walau demikian, keduanya menggunakan GPU Adreno 530 sebagai pengolah grafis.

Baca Juga :  Review Apple Macbook Pro Retina MJLQ2 : Performa Super!

Pada sektor penyimpanan data, baik HTC 10 maupun Samsung Galaxy S7 sama-sama mengusung RAM 4 GB dan ROM 32/64 GB. Sistem operasinya juga memakai Android 6.0 Marshmallow, namun dengan user interface berbeda yang merupakan hak prerogatif vendor dalam menjadikan desain antarmuka sebagai ciri khas. Pada sektor fotografi, keduanya memiliki kamera belakang dan kamera depan yang berkekuatan 12 MP dan 5 MP. Sedikit berbeda di sini, sebab bukaan diafragma atau aperture HTC 10 lebih sempit daripada Samsung Galaxy S7 dengan angka f/1.8 berbanding f/1.7. Meski demikian, tidak ada perbedaan yang mencolok pada kualitas foto dan video.

Baterai
Tidak ada perbedaan jenis dan kapasitas baterai di antara HTC 10 dan Samsung Galaxy S7. Selain menggunakan jenis non-removable, daya baterainya sama-sama 3000 mAh. Akan tetapi, HTC 10 unggul tipis dengan fitur Fast Charging 3.0, sedangkan Samsung Galaxy S7 masih mengandalkan Fast Charging 2.0. Namun faktanya, tidak banyak perbedaan yang dirasakan. Proses charging tetap cepat, baterai terisi penuh dalam waktu kurang dari 2 jam.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part