Perbedaan Blackberry GSM dan CDMA

Jika kemarin kita sudah membahas tentang perbedaan iphone CDMA dan GSM, maka kali ini kita akan membahas perbedaan blackberry GSM dan CDMA. Seperti kita ketahui, kehadiran blackberry CDMA yang cukup ‘mentereng’ di Indonesia akhir-akhir ini cukup membingungkan para penggunanya. Blackberry CDMA, diatas kertas, memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan blackberry GSM seperti yang sudah kita kenal sebelumnya dengan spesifikasi yang sama.

Tentu saja, perbedaan aling penting antara bb gsm dan cdma terletak pada network yang dapat dijalankannya. Blackberry gsm dapat digunakan pada network gsm menggunakan simcard sementara blackberry cdma bekerja hanya pada network cdma tanpa simcard karena mengadopsi sistem injecksi nomor.

Jika blackberry CDMA dan GSM sudah tampak berbeda secara terang-benderang seperti ayam dan bebek, lain halnya dengan blackberry cdma-gsm yang tidak tampak seperti ayam maupun bebek, barangkali seperti ayam berbuntut bebek. Disinalah kerancuan dan kebingungan mulai menyelimuti pengguna bb tanah air.

Padahal, jumlah jenis blackberry cdma-gsm yang dapat berjalan pada kedua jenis network tersebut tidaklah banyak. Dari sekian yang ada, model-model yang paling populer adalah 8830 (huron), 9650 (essex), 9850 (montana) dan 9930 (dakota). Sementara sisanya yang lain nyaris adalah merupakan ayam dan bebek yang berbeda network antara satu dengan yang lainnya.

Berikut beberapa poin penting yang harus Anda ketahui tentang perbedaan blackberry gsm dan cdma :

1. Blackberry gsm bekerja hanya pada network gsm menggunakan sistem RUIM (simcard). Blackberry CDMA bekerja hanya pada network cdma menggunakan sistem inject.
2. Blackberry gsm-cdma dapat bekerja pada kedua network dengan sistem yang berbeda, ruim card hanya untuk jenis simcard gsm, sementara cdma menadopsi sistem inject nomor. Kdua jenis network tidak dapat hidup berasamaan seperti halnya handphone dualsim on, pengguna diharuskan memilih hanya satu network saja.
3. Unlock pada blackberry (apa pun jenisnya) yang membutuhkan unlock tidak akan pernah bisa merubah tipe network sebuah blackbery, misalnya bb gsm menjadi cdma dan sebaliknya. Unlock hanya dapat digunakan untuk membuka jaringan yang dikunci oleh operator aslinya. Setelah unlock, bb gsm akan tetap hanya dapat bekerja pada network gsm dan berlaku sama dengan jenis cdma.
4. Perbedaan fisik paling mencolok antara bb gsm dan cdma adalah keberadaan slot simcard dan model tipe. Pada bb cdma, slot simcard tidak dapat ditemukan dan biasanya model akan diakhiri dengan angka 30, seperti 8130, 9330, 8530 dan seterusnya.

Baca Juga :  Cara Menghapus Kontak di Blackberry Messenger (BBM) Z10

Masing-masing tipe bb dan network mobile, tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, dengan mengetahui perbedaan antara blackbery gsm dan cdma, Anda diharapkan dapat menggunakan blackberry milik Anda secara optimal tanpa harus mengalami kesalahan persepsi dan informasi.

Jadi, Anda suka yang mana : ayam, bebek atau ayam berbuntut bebek?

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part