Perbedaan Antara ZIP dan RAR

Sobat Gaptex, pada posting kali ini kita akan mengulas 2 buah terminologi / extension / kompresi yang paling sering ditemui, yaitu ZIP dan RAR. Sejatinya, ZIP dan RAR merupakan file archive yang terkompresi dalam sebuah format baru dengan ukuran yang umumnya lebih kecil dari file asli yang tidak dikompresi. Dalam sebuah file ZIP atau RAR dapat terdapat satu hingga ratusan file.

Perbedaan Antara ZIP dan RAR

Kompresi & Ekstraksi
Sebelum membahas detail teknis mengenai RAR dan ZIP, ada baiknya kita juga memahami istilah kompresi dan ekstraksi terlebih dahulu.

Kompresi adalah aktivitas menjadikan sebuah file atau kumpulan file ke dalam satu format yang baru. Formatnya bisa macam-macam, mulai dari jar, msi, ace, iso, rar, zip, dsb. Kebetulan, dua format ZIP dan RAR merupakan yang paling pupuler

Extraksi merupakan kebalikan dari kompresi, yaitu sebuah aktivitas merubah file yang sudah dikompres menjadi file originalnya.

Untuk melakukan kedua aktivitas tersebut, diperlukan program khusus seperti winZIP, winRAR dan lain sebagainya.

ZIP & RAR
Perbedaan utama antara format zip dan rar adalah level kompresi yang dihasilkannya. Selebihnya, ZIP dan RAR merupakan sebuah ‘brand’ dari pembuatnya. ZIP dibuat oleh Phil Katz dengan nama PKARC yang kemudian dibuah menjadi ZIP. Algoritma yang digunakan adalah Algoritma Deflate.

Baca Juga :  Perbedaan Wireless Access Point dan Wireless Router

Sementara itu, RAR dibuat oleh Eugene Roshal dan disebut sebagai Roshal Archive yang menggunakan algoritma mirip dengan algoritma LZMA.

Kedua format, baik ZIP dan RAR merupakan yang paling populer digunakan. Keduanya bersaing di tingkat pemakai dan memiliki pecinta masing-masing. Bagi pengguna yang lebih mahir, format RAR lebih disukai karena menghasilkan tingkat kompresi yang lebih tinggi.

Format RAR juga kerap digunakan untuk berbagai file-file berukuran super besar seperti film, musik dan lain sebagainya. So, memiliki program ekstraksi RAR di komputer merupakan sesuatu yang cukup penting. WinRAR merupakan salah satu program yang paling populer.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part