Perbedaan Antara Windows x86 dan x64

Bagi pengguna PC berbasis sistem operasi windows, mengetahui perbedaan antara windows x86 dan x64 adalah hal yang cukup penting jika dihubungkan dengan instalasi driver, pemilihan program dan perangkat memory. Dengan mengenali nilai bit dalam sistem operasi, maka kita akan lebih mudah menentukan kinerja sebuah PC.

Jika Anda masih belum tahu dengan tipe sistem operasi Windows yang Anda gunakan, maka Anda dapat melakukan cek dengan cara : Pilih Start Menu > Run. ketik “msinfo32” tanpa tanda petik kemudian pilih OK. Sebuah jendela berisis sistem informasi PC Anda akan muncul. Anda dapat melihat pada bagian “system summary”. Disana akan tertera tipe windows, apakah x64 atau x86.

Perbedaan pokok antara x86 dan x64 adalah pada arsitektur yang ada pada prosesor yang berhubungan dengan kemampuan memproses. Oh iya, sebagai informasi tambahan, perlu ditegaskan bahwa tidak ada Windows x32. Yang ada saat ini hanyalah windows x86 dan x64. Windows x86 seringkali salah disebutkan menjadi win x32 sebab memang win 86 adalah sama dengan edisi 32 bit, semantara win x64 itu sama dengan 64 bit>

Windows x86 = 32 bit
Windows x64 = 64 bit

Pola arsitektur yang berbeda pada x86 dan x64 membuat pula perbedaan lebar jalur pemrosesan. Pada x64, jalur yang lebih lebar dapat membuat sistem ini menangani memory (RAM) lebih dari 2 GB, dimana hal ini tidak dapat dilakukan oleh win x86. Untuk menjalankan applikasi yang berat dan lebih baru, pilihan menggunakan x64 merupakan yang lebih baik dibandingkan dengan x86. Pada sistem operasi windows 7, sistem x86 hanya akan mendukung memory hingga 3 GB saja.

Jika Anda adalah pengguna PC yang biasa-biasa saja, maka menggunakan windows x86 (32 bit) sudah dirasa cukup. Berbagai applikasi pun sudah bisa berjalan baik pada PC Anda. Hanya saja perlu diingat bahwa setiap kali Anda mengunduh driver perangkat PC Anda melalui website resmi vendor komputer, pastikan Anda memilih tipe x86 dan bukan x64. Jangan pula bingung dengan mencari driver untuk win x32 sebab x32 tidak ada. Ingat bahwa x86 = 32 bit.

Sebaliknya, jika Anda menggunakan windows x64, maka Anda tentu saja harus memilih driver yang memiliki basis x64 agar dapat dijalankan pada perangkat PC kesayangan Anda.

Jadi, sudah tidak bingung lagi tentang perbedaan Antara Windows x86 dan x64, bukan?

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part