Seputar Tekno

Perbedaan antara SEO & SMO

Pada kesempatan sebelumnya, kami telah menjelaskan apa itu pengertian dari SEO (Search Engine Optimization) dan SMO (Social Media Optimization), kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang perbedaan dari keduanya. Sebelum itu, mari kita mengingat pengertian dari SEO terlebih dahulu. SEO merupakan suatu teknik untuk mengoptimalkan suatu website agar lebih dikenal oleh search engine. Sedangkan SMO adalah penggunaan sejumlah media sosial untuk meningkatkan kepopuleran suatu website atau blog supaya lebih mendatangkan banyak pengunjung.

Perbedaan antara SEO & SMO

Bila ingin dibedakan antara SEO atau SMO dan mana yang lebih penting dari keduanya, itu menjadi sebuah pertanyaan yang sangat menarik untuk dijawab. Sebab baik itu SEO ataupun SMO memang sudah sangat sering digunakan oleh para blogger ataupun para pemilik website untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih maju. SEO sendiri lebih susah dibandingkan oleh SMO karena SEO membutuhkan proses yang cukup rumit dengan adanya kode-kode dan submit yang diproses dibanyak tempat. Sementara SMO, Anda hanya perlu menyebarluaskan dan meng-share konten website tersebut ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+ dan sebagainya.

Antara SEO dan SMO, kira-kira lebih penting yang mana? Jawabannya adalah keduanya sama-sama penting dan saling melengkapi satu sama lain. Jika kedua istilah tersebut digabungkan maka akan mendapatkan hasil yang luar biasa dengan cara SEO dan SMO itu sendiri. Teknik SEO mendapatkan pengunjung dari Search Engine seperti Google, Yahoo, Baidu dan lain-lain. Teknik SEO ini lebih dibutuhkan keterampilan analisis, kompetitis dan strategis. Dibutuhkan analisis sebab Anda perlu meneliti terlebih dahulu kata kunci yang akan ditargetkan oleh search engine supaya paling banyak dicari. Sedangkan Teknik SMO mendapatkan visitor dari Sosial Media. Jadi, bila SEO dan SMO digabung, maka jumlah pengunjung akan lebih banyak karena yang berdatangan dari search engine dan media sosial sekaligus.

Artikel menarik:  7 Headset Gaming Terbaik untuk Gamer Pro 2018

Kesimpulannya, untuk mendapatkan trafik atau lalu lintas pada blog maupun website yang lebih maksimal, sebaiknya Anda menggunakan kedua metode tersebut karena pada dasarnya metode SMO dan SEO sama-sama bertujuan untuk menaikkan penilanan sempurna terhadap keberadaan website, situs dan blog Anda.