Perbedaan Antara Notebook dan Netbook

Teknologi memang kerap menghadirkan terminologi-terminologi baru yang tak jarang membingungkan konsumen. Istilah yang pada awalnya hanya menjadi semacam merek dagang atau sebutan ringkas belaka dapat berubah menjadi trend yang diperbincangkan banyak kalangan. Seperti halnya yang terjadi pada dunia PC yang menghadirkan beragam istilah yang akrab di telinga kita : desktop komputer, laptop, UMPC, tablet, notebook, netbook dan lain sebagainya.

Dalam posting kali ini kita akan membahas secara khusus mengenai perbedaan antara notebook dan netbook yang masih banyak dibeli oleh pengguna komputer yang masih mengandalkan layar plus keyboard + komponen PC + Operating Sistem PC dalam satu perangkat. Sebab jika tidak, rata-rata konsumen lebih memilih tablet touchscreen berlayar 5 hingga 7 inci yang murah, ringkas dan trendy.

Kembali ke laptop (maksud saya benar-benar kembali ke laptop, hehe) yang sempat booming pada era 2007-2008, dimana penggunaannya dapat mensubstitusi PC rumahan yang besar dan tidak mobile. Laptop yang rata-rata memiliki ukuran layar yang lebar sekitar 14-17 inci merupakan PC yang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi lebih ringkas dan dapat dibawa berpergian. Pada laptop terdapat fungsi kerja dasar sebuah PC standar yang bisa bekerja multi tasking dan lengkap dengan optical drive dan berbagai slot peripheral layaknya CPU.

Era laptop pun tergantikan oleh keberadaan notebook yang sebetulnya laptop juga tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil, kira-kira sebesar buku (makanya dinamakan notebook). Notebook lebih tipis, ringan dan kecil dibandingkan laptop dengan kemampuan kerja yang setara atau bahkan melampaui laptop.

Artikel berhubungan:  9 Masalah Umum Komputer & Cara Mengatasinya

Netbook baru hadir beberapa tahun belakangan dengan ukuran yang lebih kecil lagi dibandingkan notebook, yaitu hanya sekitar 8-11 inci. Sesuai dengan namanya, netbook lebih khusus diperuntukkan untuk penggunaan sehari-hari yang biasa dilakukan oleh orang-orang seperti mengetik, browsing, mendengarkan musik dan menjalankan program yang ringan-ringan saja. Tak seperti notebook yang biasanya dibekali dengan komponen-komponen yang menyamai komponen PC, pada netbook bahkan prosesor yang dijejali pun tergolong lamban dan biasa seperti intel atom. Karena hal tersebut, rata-rata netbook pun memiliki harga jual yang lebih murah dibandingkan notebook.

Berikut perbedaan antara notebook dan netbook :

Notebook
– Fungsi menyerupai PC, multitasking.
– Ukuran antara 11-15 inci
– Harga jual lebih mahal dibandingkan netbook

Netbook
– Fungsi hanya untuk pekerjaan yang ringan sehari-hari
– Ukuran antara 9-13 inci
– Harga jual lebih murah dibandingkan notebook

Meski demikian, acuan ukuran diatas tidak bisa menjadi patokan dalam membedakan kedua istilah ini. Yang pasti adalah perbedaan dasar antara notebook dan netbook terletak pada fungsi, dimana notebook dapat menjalankan fungsi yang sama seperti PC dimana netbook hanya dapat dipergunakan untuk applikasi komputasi sehari-hari yang ringan saja.